Biaya Kuliah Semakin Mahal? Berikut Cara Agar Lebih Ringan

Pendidikan merupakan sebuah kebutuhan bagi setiap orang sebagai upaya untuk mempersiapkan masa depan. Tetapi seiring berjalannya waktu, biaya pendidikan justru kian melambung tinggi dan menjadi sebuah kendala tersendiri terutama untuk jenjang Perguruan tinggi. Biasanya sesudah menyelesaikan jenjang SMA maka siswa akan melanjutkan pendidikan dengan berkuliah di kampus dan jurusan yang diinginkan. Tetapi hal tersebut sering terkendala oleh biaya kuliah yang cukup mahal. Lalu bagaimana supaya biaya tersebut lebih ringan? Berikut akan diberikan informasinya.

Cara Agar Biaya Kuliah Lebih Ringan

Selama ini banyak orang tua yang merasa keberatan ketika anak-anaknya melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. Salah satu alasannya karena terkendala biaya perkuliahan yang lebih mahal dari biaya sekolah menengah. Terlebih tidak semua orang tua memiliki pekerjaan dengan gaji yang besar. Bila sudah demikian maka akan ada banyak anak yang harus rela mengubur impiannya untuk berkuliah karena terkendala biaya. Namun tak perlu khawatir karena masih ada banyak solusi agar biaya kuliah tersebut semakin ringan. Berikut ini akan dijelaskan cara agar biaya untuk kuliah lebih ringan yang bisa anda terapkan.

  1. Beasiswa

    Bila anda adalah siswa yang berprestasi di sekolah maka ada banyak peluang beasiswa yang sedang menanti anda. Untuk memperoleh kesempatan beasiswa tersebut dibutuhkan informasi yang lengkap mengenai program dan persyaratan pengajuan beasiswa. Selain itu persiapkan juga diri anda untuk mengikuti tes seleksi beasiswa tersebut. Dengan mengikuti program beasiswa maka anda bisa berkesempatan memperoleh pendidikan secara gratis atau biaya kuliah ringan dan perguruan tinggi bisa memperoleh mahasiswa yang berprestasi.

  2. Tabungan Pendidikan dan Asuransi

    Tabungan pendidikan merupakan produk perbankan yang mempunyai ketentuan jumlah dana dan bunga yang sudah ditetapkan. Tabungan jenis ini memang sangat terjamin sebab sudah mengikuti peraturan dari Lembaga Penjamin Simpanan. Dalam merencanakan tabungan pendidikan ini anda harus menabung dengan jangka menengah maupun panjang. Jangka tabungan pendidikan berkisar 2-10 tahun atau sesuai pilihan anda. Bahkan durasinya juga bisa diperpanjang sesuai persetujuan. Selain itu tabungan pendidikan juga tidak mempunyai suku bunga tinggi. Sedangkan asuransi pendidikan mempunyai sistem yang sama dengan tabungan pendidikan. Dimana anda harus menabung dalam jumlah tertentu namun untuk asuransi ini produk keuangannya berupa unit link.

  3. Program Cicilan

    Kini sudah banyak universitas yang menerapkan sistem pembayaran biaya pendidikan dengan cara mencicil. Cara ini bertujuan untuk meringankan pembayaran setiap bulannya dan membantu mahasiswa yang masih belum mempunyai uang yang cukup untuk membayar kuliah.

  4. Dana Pendidikan Universitas

    Untuk mendapatkan biaya kuliah yang lebih murah di perguruan tinggi maka anda bisa mencari informasi bantuan dana pendidikan yang diberikan oleh universitas tersebut. Biasanya fasilitas tersebut diberikan untuk membantu kondisi keuangan bagi mahasiswa yang berasal dari taraf keluarga yang kurang mampu. Tetapi bantuan tersebut biasanya bersifat ikatan dinas sehingga mahasiswa yang memperoleh bantuan tersebut akan ditempatkan di lokasi perusahaan sponsor tersebut.

  5. Bekerja

    Supaya anda bisa membiayai kuliah maka anda bisa kuliah sambil bekerja. Saat ini banyak perusahaan yang membuka lowongan bagi mahasiswa yang masih magang atau mencari kerja part time. Dengan gaji yang tidak sebesar pegawai tetap tentu masih cukup untuk membantu membayar kuliah.

Itulah tadi penjelasan mengenai cara memperoleh biaya kuliah agar semakin ringan yang bisa menambah wawasan anda. Bagi yang ingin mendaftar kuliah dengan biaya yang lebih ringan maka silakan terapkan cara-cara di atas. Dengan begitu impian anda kuliah di jurusan yang anda inginkan bisa terwujud untuk masa depan karier yang lebih bagus.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *