Mengenal Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0

Semakin berkembangnya Negara Kesatuan Republik Indonesia, kualitas dan mutu dalam bidang edukasi turut di maksimalkan. Hal ini dibuktikan dengan adanya, sebuah sistem Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0. Tidak lain berguna agar bisa melampaui segala jenis persaingan yang ada.

Sejarah Singkat Kemunculan Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0

Tidakkah Anda sadar bahwa seiring berputarnya bumi, akal manusia juga turut mengembangkan berbagai ide?

Dahulu, segala hal dapat dilakukan oleh tangan dan kaki manusia tanpa mengandalkan bantuan alat apapun. Baik berinteraksi, jual beli, bahkan dalam bidang pendidikan. Maka kemudian, fenomena tersebut masih dikatakan pada tahap revolusi 1.0.

Beranjak pada beberapa tahun berikutnya, muncul kembali sebuah ide dari dasar pengembangan pemikiran, yakni berupa alat bantu sederhana berupa peraga pembelajaran, seperti telepon buatan, bahkan sistem jual beli menggunakan uang. Hal ini disebut sebagai tahap revolusi industri 2.0.

Lebih jauh lagi tahap revolusi 3.0 merebak seperti adanya pembelajaran uji coba menggunakan objek 3D dan dibantu oleh alat-alat semi modern. Hingga saat ini, industri 4.0 merajalela dengan kecanggihan teknologi seperti smartphone dan berbagai media untuk menunjang pendidikan.

Beberapa Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Menghadapi Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0

Tahun 2018 lalu sejarah perkembangan revolusi 3.0 telah usai dan kini mulai marak penyebaran industri 4.0. Guna memperlancar dan memaksimalkannya, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan, terutama bagi para tenaga di bidang pendidikan. Berikut di antaranya:

Perbaikan Sumber Daya Manusia (SDM)

Salah satu hal utama yang perlu dilakukan bagi Negara yang ingin maju, terutama dalam bidang pendidikan era revolusi industri 4.0 ialah, mendongkrak perubahan pada pola pikir Sumber Daya Manusianya (SDM). Agar terhindar dari keprimitifan, sehingga mampu memaksimalkan kinerja.

Adanya Dukungan dari Peran Pemerintah dalam Mengubah Metode Pembelajaran Pendidikan

Tanpa adanya dukungan dari peran Pemerintah setempat, maka revolusi industri 4.0 tidak akan pernah terjadi. Maka kemudian, diperlukan beberapa upaya seperti, fasilitas yang mumpuni, perubahan makna tradisional KKN menjadi Kolaborasi, Komunikasi dan Networking serta masih banyak lagi.

Mengusung Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 dengan Maksimal

Setelah melakukan upaya seperti yang telah disebutkan pada poin 1 dan 2, hal selanjutnya ialah dengan mengusung pendidikan era 4.0 menjadi lebih maksimal. Salah satu usahanya seperti, pemberlakuan sistem otomatisasi pembelajaran melalui komputer.

Memanfaatkan Teknologi Komunikasi dan Informasi untuk Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0

Metode hafalan memang sering diunggulkan dalam perjalanan pendidikan. Akan tetapi, seiring munculnya revolusi industri 4.0, ada baiknya jika Anda sebagai tenaga pendidik mampu memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi. Guna membentuk generasi yang kreatif, inovatif dan kompetitif.

Adanya Dukungan dari Kecerdasan Buatan

Perawatan kesehatan, kontrol iklim, hasil panen dan aplikasi penilaian dalam bidang pendidikan merupakan salah satu bentuk upaya dari adanya kecerdasan buatan. Hal tersebut dinamakan sebagai

Baca Juga:

Artificial Intelligence (AI). Sehingga, akan membuat pola pikir individu semakin berkembang pesat.

Menjunjung Tinggi Rasa Tanggung Jawab

Seorang yang Artificial Intelligence (AI), harus memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Apapun karya dari teknologi dari hasil ciptannya, perlu diperhatikan dengan maksimal dan tidak asal dihadirkan kepada kalangan luas saja.

Setelah mengetahui sejarah dan berbagai upaya pengembangannya, ada baiknya jika Anda mempercepat proses pemaksimalan pendidikan era revolusi industri 4.0. Hal tersebut perlu dilakukan agar peserta didik mampu bersaing secara kompetitif, kreatif dan inovatif.

Comments