Aplikasi Pendidikan untuk Guru yang Menunjang Proses Pembelajaran

Perkembangan teknologi kini banyak dimanfaatkan untuk bidang pendidikan. Hal ini misalnya dibuktikan dengan aplikasi pendidikan untuk guru. Selain meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami pelajaran, media semacam ini juga memudahkan guru dalam berbagai hal.

Daftar Aplikasi Pendidikan untuk Guru Terbaik 2020

Ada beragam aplikasi pendidikan untuk guru dapat dijadikan pilihan. Anda bisa memilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut beberapa di antaranya:

Aplikasi Storyboard That

Storyboard That merupakan aplikasi khusus yang kontennya berkaitan dengan sejarah atau kebahasaan. Sangat tepat untuk digunakan guru sejarah dan bahasa. Dimana siswa dituntut untuk memakai pendekatan kreatif dan visual untuk membangun alur cerita tersendiri.

Dari aplikasi ini, siswa akan dapat menghidupkan peristiwa sejarah yang lebih nyata secara visual. Adapun hasil dari rangkaian cerita, nantinya akan dapat disimpan. Baik dalam bentuk cels, power point hingga PDF doc.

Aplikasi Edmodo

Tidak hanya guru, keberhasilan proses pendidikan juga ditentukan oleh siswa dan orang tua. Untuk memaksimalkan peran tersebut, aplikasi Edmodo hadir sebagai sebuah media sosial berbasis online. Aplikasi ini sangat efektif digunakan di dalam kelas.

Dengan aplikasi ini, guru akan diminta untuk membuat akun. Kemudian mengajak wali murid beserta siswanya untuk terhubung bersama-sama. Fungsi dari Edmodo yaitu, untuk media pengumuman hingga diskusi dan sebagainya. Sehingga, akan tercipta suatu lingkungan kolaboratif di antara ketiganya.

Aplikasi Plickers untuk Data Penilaian Formatif

Aplikasi pendidikan untuk guru berikutnya adalah Plickers untuk Data Penilaian Formatif. Berfungsi untuk memudahkan proses penilaian guru terhadap siswa menggunakan kode. Tidak hanya itu, dengan aplikasi ini Anda juga dapat memberikan model soal pilihan ganda kepada murid.

Plickers dapat ditemukan dengan mudah pada toko aplikasi. Pertanyaan-pertanyaan di dalaamnya dapat dijawab masing-masing. Dengan cepat, tabulasi jawaban siswa dapat terekam pada smartphone guru. Hal ini sangat penting untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa akan materi yang ada.

Aplikasi Keizena

Aplikasi ini sangat tepat untuk memberikan penilaian kepada siswa secara real time. Feedback dari guru atas tugas siswa yang telah dimuat dalam website Keizena tersebut dapat diberikan hanya melalui pesan  suara.

Dengan demikian, tanpa harus menunggu koreksi atas tugas yang diberikan, siswa dapat mengetahui nilai dari pekerjaannya. Bahkan, guru dapat memberikan masukan sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa. Hal ini akan memudahkan mereka untuk untuk meningkatkan kemampuan belajarnya.

Aplikasi Aurasma

Proses belajar mengajar yang hidup adalah hal utama yang perlu diperhatikan saat ini. Sehingga, guru dituntut untuk lebih inovatif dalam menciptakan suasana belajar. Aplikasi Aurasma hadir untuk menunjang suasana belajar yang berbeda dari metode konvensional.

Aurasma memungkinkan seorang guru untuk membuat gambar-gambar tertentu yang akan memudahkan siswa dalam memahami pelajaran. Mengingat pengalaman visual terbukti dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa yang lebih cepat dan efektif.

Aplikasi WriteAbout

Menulis adalah skill yang harus dimiliki oleh siswa sejak usia sekolah dasar. Namun, kemampuan belajar menulis siswa harus diimbangi dengan minat baca yang tinggi. Untuk itu, guru dapat memanfaatkan aplikasi WriteAbout.

Aplikasi ini memungkinkan siswa untuk menceritakan hal yang ia sukai dan menarik dalam sebuah platform. Dengan aplikasi tersebut, guru juga dapat memberikan umpan balik bahkan mempublikasi hasil karya murid tersebut.

Beberapa aplikasi pendidikan untuk guru di atas dapat dimanfaatkan secara maksimal agar proses belajar mengajar kian efektif dan tentunya tidak membosankan. 

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.

Leave A Reply

Your email address will not be published.