Lulusan SMA Ingin Kuliah? Kenali Jenis Pendidikan Perkuliahan Ini Dulu!

Setelah lulus SMA dan SMK, beberapa anak ada yang memilih untuk kuliah, bekerja, dan kuliah sambil bekerja. Maka dari itulah, untuk mereka yang ingin kuliah, sebaiknya kenali dulu macam-macam pendidikan perkuliahan saat ini. Karena saat ini jurusannya semakin banyak, sehingga penting untuk mengenali dulu jenis pendidikan perkuliahan itu. Sehingga, Anda bisa memilih jenis perkuliahan yang tepat sasaran.

Karena banyak sekali mahasiswa yang pada akhirnya menyesal setelah menentukan jurusan mereka. Hal ini dikarenakan mereka tidak begitu mengenal tentang macam-macamnya. Sehingga, saat sudah masuk, mereka sendiri yang kerepotan untuk mengikuti mata kuliahnya. Maka dari itulah, sebaiknya pilih kuliah yang sesuai bakat dan minat. Agar Anda bisa lulus tepat waktu.

Macam-macam Perguruan Tinggi di Indonesia

Menentukan perguruan tinggi itu jangan asal! Meskipun semua orang pasti ingin masuk ke universitas terkemuka, namun tetap perhatikan minat dan bakat Anda dulu. Karena, jika yang diperhatikan hanya asal diterima saja, pastinya ini akan membuat Anda menyesal dikemudian hari. Karena Anda merasa sedang menempuh pendidikan yang salah jurusan.  Maka dari itulah, sebaiknya perhatikan jenis pendidikan berikut ini agar Anda tahu manakah yang cocok untuk Anda!

Jenis Pendidikan berdasarkan Penyelenggara

Berdasarkan penyelenggaranya, jenis pendidikan itu dibagi menjadi 3 bagian. Yaitu, perguruan tinggi negeri, swasta, dan perguruan tinggi kedinasan. Untuk Perguruan Tinggi Negeri ini adalah jenis perguruan milik pemerintah. Sedangkan swasta adalah milik swasta, lembaga, dan yayasan. Sementara untuk kedinasan itu dimiliki lembaga pemerintah dan swasta. Untuk kedinasan ini,setiap mahasiswanya yang lulus akan langsung bekerja dan mengabdi di lembaga tersebut.

Jenis Pendidikan berdasarkan Bentuknya

Universitas – Ini adalah salah satu jenis perguruan tinggi yang punya banyak program studi. Biasanya program studinya lebih lengkap. Bisa dari ilmu sosial, saintek, dan kesenian. Sedangkan untuk jenjang pendidikan yang ditawarkan terbilang lebih lengkap. Ada Diploma hingga S3. Dibandingkan pendidikan lainnya, pendidikan perkuliahan di Universitas ini dikenal ahli dalam mencetak lulusan yang ahli dan expert.

Institut – Ini adalah salah satu jenis perguruan tinggi yang lebih fokus terhadap  program studi yang sejenis saja. Jadi, saat memasuki institut, maka Anda tidak akan melihat berbagai macam program studi dan jurusan. Jadi, misalnya saja Anda masuk ke institut khusus SAINTEK, mmaka Anda tidak akan menemukan program studi kedokteran ataupun humaniora.

Sekolah Tinggi dan Akademi – Sekolah Tinggi adalah jenis pendidikan yang hanya menawarkan 1 program studi saja. Misalnya saja, seperti STIE dan STIM. Sedangkan, Akademi itu bentuk perguruan tinggi yang lebih fokus terhadap ketrampilan mahasiswanya, dibandingkan teorinya. Jadi, jangka pendidikannya tidak lama. Bahkan hanya dari 1 tahun hingga 3 tahun saja untuk menyelesaikan program pendidikan.

Lulusan akademi ini umumnya memang dipersiapkan dari awal supaya mahasiswanya siap untuk terjun langsung ke dunia kerja. Jadi, disini tidak ada gelar yang akan diberikan. Kecuali, jika Anda mengambil D3 dengan gelar ahli madya didalamnya. Sedangkan yang terakhir ada Politeknik. Untuk pendidikan perkualiahan ini sebenarnya tidak jauh beda dari akademi.

Karena untuk Politeknik ini lebih menekankan ketrampilan. Hanya saja, untuk pendidikan perkuliahan Politeknik lebih fokus ke bidang Teknik. Setiap lulusan politeknik umumnya diharapkan supaya mereka bisa beradaptasi dengan dunia kerja dibidang industri. Maka dari itulah, untuk mereka yang tidak ingin kuliah lama-lama dan ingin segera bekerja, maka Politeknik bisa menjadi salah satu pilihan pendidikan perkuliahan terbaik untuk Anda!

Leave A Reply

Your email address will not be published.