Mengenal Pendidikan Perkuliahan dari S1 sampai S3 Lebih Jauh

Beberapa lulusan sarjana yang ada di Indonesia umumnya langsung mencari kerja saat mereka baru saja lulus S1. Hal ini dilakukannya supaya mereka bisa mendapatkan penghasilan sendiri. Namun, ada juga beberapa diantara dari mereka yang berpikir untuk melanjutkan pendidikannya agar lebih ahli di satu bidang pendidikan tertentu. Misalnya saja dengan cara mengambil program pendidikan pasca sarjana hingga dokter. Lebih lengkapnya akan kami kupas serba-serbi dari pendidikan tinggi yang bisa ditempuh setelah lulus SMA.

 

Pengertian Pendidikan Tinggi Lanjutan

Pendidikan tinggi lanjutan merupakan pendidikan yang dilakukan sesudah lulus SMA atau SMK. Pendidikan ini bukanlah pendidikan untuk mendapatkan gelar sarjana ataupun pasca sarjana. Bisa dibilang, ini lebih mengarah ke dalam sebuah kursus pendidikan lanjutan. Misalnya saja, seperti kursus menjahit, kursus memasak, kursus reparasi mesin, kursus desain grafis, kursus programmer, dll dalam waktu yang cukup singkat. Sehingga, ini cocok untuk Anda yang ingin segera membuka lapangan kerja.

Baca Juga: Mana yang Lebih Cerah Prospeknya? Kuliah Dibidang IPS atau IPA?

Pengertian Pendidikan Tinggi

Pendidikan tinggi merupakan pendidikan yang ditempuh di perguruan tinggi atau universitas. Pendidikan ini terbuka untuk semua orang. Dimana pendidikan tinggi ini terbagi menjadi 3 kategori. Yaitu, pendidikan tinggi sarjana, pendidikan tinggi pasca sarjana, dan pendidikan tinggi dokter atau S3. Lebih lengkapnya akan kami jelaskan selengkapnya di bawah ini:

Pendidikan Tinggi Sarjana

Pendidikan tinggi sarjana ini memakan waktu dari 3 tahun hingga 4 tahun. Didalamnya mengajarkan kepada para mahasiswanya berdasarkan jurusan yang dipilih. Ada banyak jurusan yang bisa dipilih untuk mereka yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi Sarjana. Misalnya saja, seperti jurusan pendidikan bahasa Indonesia, jurusan pendidikan bahasa Inggris, jurusan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Informatika, dll.

Pendidikan Tinggi Pasca Sarjana

Pendidikan Tinggi Pasca Sarjana ini merupakan pendidikan lanjutan setelah mahasiswa memiliki gelar Sarjana. Pendidikan ini terdiri dari gelar master dan diploma pasca sarjana. Untuk mereka yang mengambil gelar master disini adalah untuk mereka yang ingin melakukan penelitian bidang pendidikan yang diambil lebih dalam. Jadi, dalam praktiknya, proses pendidikan ini lebih banyak belajar mandiri dan diskusi. Gelar pendidikan ini membutuhkan waktu dari 2 tahun hingga 4 tahun.

Sedangkan untuk pendidikan Diploma Pasca Sarjana ini adalah pendidikan yang berada 1 tingkat dibawah dari gelar Master. Jadi, bila Anda tidak ingin mencari gelar Master penuh, maka Anda bisa memilih gelar ini dengan kualifikasi yang lebih pendek. Namun, sayangnya pendidikan Diploma Pasca Sarjana ini umumnya hanya ada di lembaga pendidikan yang ada di luar negeri saja.

Pendidikan Tinggi Doktor (PhD)

Doktor adalah salah satu tingkat akademis yang paling tinggi di dunia pendidikan. Disinilah para mahasiswa harus memiliki inisiatif sendiri untuk membuat sebuah penelitian secara mandiri. Beberapa universitas umumnya juga memberikan kuliah kelas. Dibutuhkan waktu hingga bertahun-tahun agar mendapatkan gelar Doktor ini. Biasanya pendidikan ini memakan waktu dari 4 tahun hingga 7 tahun.

Pengertian Pendidikan Profesi

Pendidikan profesi ini dilakukan untuk membuat para peserta didik lebih ahli dengan profesi yang dikerjakannya. Umumnya, pendidikan ini diberikan oleh Kementerian Riset Teknologi & Pendidikan Tinggi. Setelah lulus dari pendidikan profesi, maka lulusan nya akan mendapat gelar tambahan pada belakang namanya.  Umumnya yang menempuh pendidikan ini akan memiliki sertifikasi kerja melalui uji kompetensi berdasarkan standar kompetensi kerja nasional dan internasional. Jadi, seperti itulah pendidikan tinggi yang ada di Indonesia.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *