Artikel

Published on December 3rd, 2017 | by Saiful Riza

Kehidupan Setelah Lulus Kuliah

Seputarkuliah.com – Euphoria wisuda telah usai. Ketika nama bertambah panjang dengan gelar akademik, tiba saatnya untuk menghadapi dunia nyata. Perjalanan masih panjang, ketika ada proses yang berakhir, akan muncul sebuah awal baru. Keputusan untuk terjun ke dunia kerja, melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi ataupun berwirausaha menjadi pilihan masing-masing. Pastinya semua keputusan itu mengandung konsekuensi. Pada tulisan ini akan menceritakan mengenai beberapa jalan yang paling umum dipilih setelah lulus kuliah, yaitu bekerja atau lanjut ke jenjang pendidikan yang lebih tingi atau berwirausaha.

Mayoritas mereka yang baru saja lulus kuliah bertransformasi menjadi job seeker, malahan sebelum di wisuda sudah banyak yang melamar kerja. Lowongan kerja yang mencantumkan tulisan “fresh graduate dipersilakan” penuh sesak oleh pelamar. Fenomena ini umum, mengingat setiap periode wisuda ada ribuan mahasiswa yang memakai toga dan salaman dengan rektor.

Persaingan kerja sungguh ketat, kecuali mereka yang jeli melihat peluang dan memanfaatkannya maka beda lagi ceritanya. Intinya, untuk fresh graduate, jangan terlalu pemilih ketika mencari kerja. Pahami potensi dan skill yang kalian kuasai, kalau perlu tingkatkan dengan kursus. Hal tersebut akan menjadi poin plus ketika melamar kerja.

Mungkin ada sebagian yang menyesal karena banyak space kosong di CV. Dikarenakan minim aktivitas maupun ikut serta organisasi di kampus. Perlu diingat bahwa kehidupan kuliah tidak bisa kamu ulangi lagi. Namun jangan berkecil hati, masih banyak kursus dan pelatihan yang bisa kamu ikuti untuk mengisi space yang kosong tadi. Dimana ada kemauan disitu ada jalan.

Lihat cara mendesain CV yang baik agar meningkatkan peluang diterima kerja disini

Informasi mengenai lowongan kerja sangat banyak, melalui berbagai situs pencari kerja salah satunya. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya tentang mereka yang jeli melihat dan memanfaatkan peluang, hal ini bisa dimaksimalkan. Selain itu jangan sepelekan relasi dari teman seangkatan, kakak senior bahkan dosen. Siapa tahu dari mereka kalian mendapatkan pekerjaan. Jadi tetap jalin komunikasi yang baik walaupun sudah lulus.

Jalan kedua yaitu lanjut ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. D3 bisa ekstensi ke S1 ataupun yang dari S1 bisa lanjut S2 dan seterusnya. Alasannya pun macam-macam dari mulai profesi yang menuntut jenjang pendidikan tertentu, orang tua, hingga bingung setelah lulus mau apa dan akhirnya lanjut kuliah lagi.

Sebenarnya sah-sah saja, kalau ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Karena banyak beasiswa yang ditawarkan baik dari pemerintah indonesia ataupun luar negeri. Tentu saja ada tahapan yang mesti dilalui untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Penyedia beasiswa mencari kandidat potensial melalui seleksi. Tidak perlu khawatir, asalkan ada usaha, kerja keras dan doa, mendapatkan beasiswa bukanlah mustahil. Tidak hanya di Indonesia, banyak beasiswa ke luar negeri yang bisa kamu ambil, misalnya beasiswa Fullbright Amerika Serikat, beasiswa dari University of Adelaide, Monash University dan lain-lain.

Info beasiswa S2 dan S3 Ilmu Pertahanan bisa dilihat disini 

Jalan ketiga yaitu berwirausaha, porsinya memang kalah banyak dengan yang mencari kerja, namun sejatinya pilihan ini merupakan pilihan yang mulia. Kenapa? Karena disaat yang lain bekerja untuk orang lain, menjadi wirausaha berarti mempekerjakan orang lain. Dalam arti menciptakan lapangan kerja. Memang butuh proses dan tidak bisa instan. Butuk kerja sama tim yang kompak dan saling mendukung. Saat ini banyak startup yang sedang berkembang dengan segudang ide-ide segar yang siap memberikan solusi dalam masyarakat. Hal tersebut bisa kalian jadikan inspirasi sekaligus motivasi untuk berwirausaha.

Apapun jalan yang kalian pilih setelah lulus kuliah, pahamilah konsekuensinya. Jangan sampai menyesal atas pilihan tersebut. Jalan hidup yang kalian lalui masih panjang wahai para fresh graduate. Tetap berusaha, berdoa dan pandai memanfaatkan peluang demi masa depan yang sukses.

Teruskan informasi ini agar lebih bermanfaat, Bagikan ke media sosial favoritmu di bawah ini:

Tags: , , ,


About the Author



Back to Top ↑

error: Content is protected !!