3 Jurusan Perkuliahan di Bidang Pendidikan Anti Nganggur

Tujuan utama menempuh pendidikan perkuliahan di bidang pendidikan adalah supaya bisa menjadi seorang tenaga pendidik dan pengajar yang berkualitas. Namun, lebih dari itu, jurusan pendidikan ini juga bisa meliputi peran pendekatan dan manajemen psikologi dan komunikasi. Jadi, kenapa memilih jurusan pendidikan? Salah satu alasannya adalah karena Indonesia butuh anak muda yang kreatif di bidang pendidikan.

Sehingga, sistem pendidikan yang digunakan lebih efisien, lebih efektif, dan bisa mendaptkan solusi terhadap segala permasalahan di tingkat pendidikan dari berbagai daerah yang notabene kurang merata. Dari sinilah kami sebutkan 3 jurusan pendidikan perkuliahan yang menjamin Anda bisa memberikan prospek cerah untuk masa depan Anda. Jurusan itu adalah sebagai berikut ini:

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Jurusan ini sering disebut dengan jurusan PGSD. Jurusan ini sangat populer sekali di kalangan siswa SMA yang ingin masuk ke dalam dunia pendidikan. Disinilah Anda akan belajar semua materi pelajaran SD. Misalnya saja, seperti pelajaran bahasa Inggris, Matematika, Pkn, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Kesenian, dll. Bahkan, tidak hanya pemahaman akademis saja, Anda juga dituntut untuk lebih memahami pengembangan karakter dan kepribadian yang lebih baik.

Jadi, jurusan ini menekankan kepada Anda supaya bisa lebih santun, pintar, disiplin, dan juga berjiwa sosial. Untuk prospek karirnya seperti namanya. Yaitu, bisa menjadi guru SD. Profesi ini jangan dianggap remeh. Karena justru guru SD inilah yang nantinya akan memberikan pondasi ilmu untuk siswanya agar lebih siap menempuh pendidikan yang selanjutnya dan bisa lebih bertanggung jawab sejak dini. Selain itu, lulusan jurusan ini juga bisa menjadi seorang tutor.

Jurusan PAUD

Jurusan ini mempersiapkan mahasiswanya supaya bisa menjadi seorang pendidik dan pembimbing anak yang masuk di usia dini dan pra sekolah. Jadi, setiap mahasiswa yang ingin menjadi guru PAUD ini nanti diharuskan untuk memahami profil perkembangan psikologis dan fisik anak usia dini yang cukup lengkap. Mereka juga diminta untuk mempelajari strategi, metode, dan model pembelajaran konsep playing and learning untuk anak usia dini.

Pendidikan PAUD ini bisa mempengaruhi pembentukan sikap dan karakter anak. Jadi, pendidikan ini bisa dijadikan sebagai pondasi anak ke tahapan kedewasaan. Dengan jumlah penduduk yang semakin banyak, hal ini membuat populasi anak yang berada di usia dini semakin meningkat. Maka dari itulah, jurusan ini cocok sekali untuk Anda yang ingin ikut andil dalam membentuk generasi anak di masa depan yang lebih berkualitas. Untuk prospek karirnya bisa menjadi guru PAUD, guru Tk, dan seorang tutor.

Jurusan Pendidikan Bimbingan Konseling

Jurusan ini mengajak mahasiswanya untuk mempelajari apa saja yang berhubungan dengan metode pembelajaran yang dipakai untuk dasar pendidikan. Umumnya, materi perkuliahan yang diberikan berkaitan dengan ilmu psikologi. Karena jurusan ini sebenarnya cabang dari ilmu psikologi. Jadi, ilmu yang diajarkan untuk jurusan ini nanti bisa meliputi ilmu perilaku manusia, pemahaman kepribadian, teori psikologi, dll.

Jika Anda berminat dengan dunia psikologi, khususnya dibidang pendidikan dan anak muda, maka Anda cocok sekali masuk di jurusan ini. Namun, tentu saja Anda harus senang bersosialisasi dulu jika mengambil jurusan ini. Sehingga, Anda bisa memberikan solusi terhadap setiap permasalahan yang ada. Bahkan, tidak hanya untuk mempelajari dunia pendidikan saja. Karena jurusan BK ini juga bisa memberikan peluang kerja menjadi seorang psikolog konseling dan guru BK untuk Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.