Jurusan Kuliah untuk Anak IPS yang Paling Cepat Mendapatkan Pekerjaan

 

Bagi siswa SMA yang sudah memasuki kelas XII pasti mulai memikirkan akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Mana. Bila anda masih bingung memikirkan jurusan yang akan anda pilih hal tersebut memanglah wajar. Untuk anda yang saat ini mengambil jurusan IPS di SMA mungkin anda tidak begitu bingung memilih jurusan kuliah. Sebab biasanya anak IPS memang hanya bisa masuk pada jurusan kuliah sosial humaniora maupun semacamnya. Namun bagi anak IPS memang tidak boleh asal memilih jurusan kuliah untuk anak ips. Jangan sampai salah memilih jurusan karena akan berpengaruh pada masa depan anda.

Referensi Jurusan Kuliah yang Tepat untuk Anak IPS

Ketika anda akan memilih jurusan kuliah maka pasti akan berkaitan dengan urusan mencari kerja. Jangan sampai anda terjebak pada realita dunia kerja akibat anda terlalu kukuh dengan pendirian serta idealisme saat memilih jurusan kuliah. Padahal jurusan tersebut nyatanya memang lebih sulit memperoleh pekerjaan. Bagi anda yang saat ini mengambil jurusan IPS di jenjang SMA maka berikut ini akan diberikan referensi jurusan kuliah untuk anak ips yang paling cepat mendapatkan kerja.

  1. Ekonomi

    Tak bisa dipungkiri jurusan Ekonomi memang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja karena jurusan ini bisa bekerja dalam berbagai bidang. Bila sejak awal anda sudah berniat ingin berkuliah lalu memperoleh kerja yang baik dan cepat maka silakan pilih jurusan ekonomi saja. Sebab jurusan ini memiliki peluang kerja yang luas dan juga terkenal lulusnya lebih cepat memperoleh kerja.

  2. Psikologi

    Ternyata berkuliah di jurusan Psikologi bukan berarti anda hanya bisa menjadi psikolog atau psikiater saja. Sebab saat anda berkuliah di jurusan Psikologi nantinya akan ada banyak peluang kerja seperti HRD, pengajar atau dosen, konselor, staf ahli dan lain sebagainya. Selain itu jurusan Psikologi ini juga mempunyai peminat yang lebih spesifik sehingga karier anda bisa semakin terarah.

  3. Ilmu Hukum

    Jurusan kuliah untuk anak ips yang bisa cepat dapat kerja yaitu jurusan ilmu hukum. Saat ini banyak lowongan pekerjaan yang membutuhkan lulusan sarjana ilmu hukum. Nantinya lulusan jurusan ilmu hukum tersebut sangat dibutuhkan sebagai diplomat, jaksa, pengacara, notaris dan hakim.

  4. Komunikasi

    Bagi anak ips yang ingin cepat diterima kerja maka bisa memilih jurusan kuliah Komunikasi. Jurusan kuliah untuk anak ips ini memiliki peluang kerja yang bagus karena para lulusannya begitu banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan. Terlebih jurusan komunikasi ini mempunyai konsentrasi yang memungkinkan anak IPS bisa diterima lebih cepat dalam berbagai bidang pekerjaan. Misalnya saja bidang kerja jurnalisme ataupun komunikasi strategis.

  5. Sastra dan Bahasa Inggris

    Jurusan yang satu ini juga memiliki peluang kerja yang luas di zaman yang semakin modern seperti sekarang dan di masa yang akan datang. Jurusan ini nantinya bisa bekerja sebagai guru les, pengajar, penulis, translator, editor, reporter dan lain sebagainya.

  6. Ilmu Pendidikan

    Dari waktu ke waktu jurusan pendidikan memang semakin banyak dibutuhkan dan tersedia berbagai lowongan pekerjaan. Contoh pekerjaan untuk jurusan ilmu pendidikan yaitu trainer, guru, dosen dan lain sebagainya. Meskipun saingannya memang banyak tetapi dengan berusaha maka anda bisa memperoleh pekerjaan lebih cepat.

  7. Administrasi Negara

    Jurusan yang satu ini memang kurang begitu diminati calon mahasiswa tetapi ternyata jurusan ini banyak dicari pada bursa kerja. Sebab lulusan jurusan ini bisa bekerja di instansi pemerintah maupun swasta, LSM, anggota partai, anggota dewan, administrator, analis, manajer dan lain sebagainya.

  8. Hubungan Internasional

    Jurusan ini memang begitu bergengsi karena prestasi dari jurusan ini yang tidak bisa dipandang sebelah mata serta kebanyakan cepat mendapatkan kerja. Lulusan HI bisa menjadi konsultan internasional, diplomat, politis, akademisi, dan duta besar.

Itulah tadi penjelasan mengenai referensi jurusan kuliah untuk anak ips yang menambah wawasan anda. Informasi di atas tentu bisa membantu anda supaya bisa memilih jurusan kuliah anak ips secara tepat, prospek kerja menjanjikan dan sesuai minat maupun potensi yang anda miliki.

 

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *