Jurusan Kuliah untuk Anak Ipa yang Paling Berpeluang di Dunia Kerja

Bagi siswa SMA yang sudah memasuki kelas XII tentu sudah mulai memikirkan pendidikan lanjutan sesudah lulus SMA nantinya. Seperti yang telah diketahui bahwa di jenjang SMA terdapat beberapa jurusan salah satunya jurusan IPA. Ketika akan memasuki perguruan tinggi maka salah satu hal yang penting dipertimbangkan adalah memilih jurusan kuliah. Pemilihan sebuah jurusan kuliah ternyata juga perlu mempertimbangkan ketertarikan anda terhadap sebuah ilmu. Seperti misalnya bagi anda yang suka matematika maka sebaiknya pilih jurusan yang berkaitan dengan hitung-hitungan. Lalu jurusan kuliah untuk anak ipa apa saja yang prospeknya bagus di dunia kerja? Berikut akan diberikan ulasannya.

Referensi Jurusan Kuliah yang Tepat untuk Anak IPA

Ketika akan memilih jurusan kuliah maka selain mempertimbangkan ketertarikan, sebaiknya pertimbangkan juga cita-cita anda. Untuk anda yang saat ini mengambil jurusan IPA di SMA maka sebaiknya pilih juga jurusan di kuliah yang masih berkaitan dengan IPA. Jurusan kuliah untuk anak ipa memang cukup banyak tapi pastikan juga jurusan tersebut anda sukai dan memiliki prospek karier yang banyak dicari dalam dunia kerja.

Dari tahun ke tahun dunia kerja terus mengikuti kebutuhan masyarakat sehingga tak heran jika kini semakin menjamur berbagai jenis pekerjaan yang mungkin beberapa tahun sebelumnya belum anda. Tetapi kini anda bisa memprediksi bidang mana yang akan terus berkembang di masa depan. Dengan begitu anda bisa mengisi peluang di bidang tersebut dengan memilih jurusan kuliah yang sesuai bakat dan bidang ilmu ketika SMA. Berikut ini akan dijelaskan referensi jurusan kuliah yang cocok untuk anak ipa yang bisa menjadi bahan pertimbangan anda.

  1. Cyber Security

    Jurusan kuliah yang satu ini ternyata sangat diperlukan di masa mendatang. Sebab saat ini dunia maya semakin luas jangkauannya sehingga dibutuhkan ahli yang bisa memproteksi informasi di dunia maya. Jurusan ini memang dirancang bisa membekali mahasiswa melalui pengetahuan maupun keahlian dalam pengujian, perancangan maupun implementasi pertahanan di dunia maya.

  2. Ilmu Gizi

    Ilmu gizi merupakan jurusan kuliah untuk anak ipa yang berpeluang besar di masa depan. Sebab jurusan ini berhubungan dengan gizi dan kesehatan, pertumbuhan, manusia dan produktivitasnya. Selain itu dalam jurusan ilmu gizi ini juga akan mempelajari langkah persiapan perencanaan perbaikan gizi untuk masyarakat yang ingin melakukan diet sehat. Terlebih saat ini banyak masyarakat yang semakin sadar pentingnya menjaga pola makan sehat dan gizi seimbang.

  3. Matematika

    Kini semakin banyak perusahaan yang begitu menghargai sarjana matematika. Jurusan Matematika merupakan jurusan kuliah untuk anak ipa yang paling cocok karena lulusan jurusan ini anda bisa memasuki berbagai industri kerja seperti lembaga keuangan, bank, penjualan, pemasaran dan administratif. Dalam mata kuliah matematika nantinya mencakup ilmu matematika murni dan aplikasi. Melalui jurusan ini mahasiswa diharapkan dapat mempelajari mata kuliah lebih mendalam sehingga bisa menunjukkan prinsip matematika yang beragam serta bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

  4. Teknologi Informasi
    Tak bisa dipungkiri dunia maya memang terus mengalami perkembangan yang menuntut kebutuhan para sarjana informasi. Lulusan jurusan teknologi informasi bisa mempunyai beberapa kesempatan dalam dunia kerja antara lain sistem analis, Programmer, Web Designer, SEO, Arsitektur IT dan lain sebagainya.

Demikianlah penjelasan mengenai referensi jurusan kuliah untuk anak IPA yang bisa menambah wawasan anda. Penjelasan di atas setidaknya bisa membantu siswa jurusan IPA yang saat ini bingung memilih jurusan kuliah yang berprospek kerja menjanjikan. Dengan memilih jurusan secara tepat maka masa depan karier akan semakin cerah namun pastikan jurusan tersebut juga sesuai dengan minat dan potensi anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.