Kuliah Jurusan Pendidikan Keguruan Itu Ngapain Saja? Ini Jawabannya!

Setelah lulus SMA atau SMK, beberapa calon mahasiswa umumnya akan kebingungan saat diminta untuk memilih jurusan pendidikan perkuliahan di universitas yang dipilihnya. Bahkan, tak jarang pula bila ada beberapa calon mahasiswa juga bingung dengan jurusan keguruan. Meskipun jumlah peminatnya banyak, namun ternyata tidak semua orang paham dengan apa saja yang akan diajarkan dalam jurusan ini.

Misalnya saja, seperti jurusan pendidikan Bahasa Inggris. Sebenarnya yang dilakukan oleh para mahasiswa jurusan ini sama saja seperti yang lainnya. Yaitu, Anda hanya diajak untuk mempelajari bahasa Inggris. Hanya saja, didalam perkuliahannya nanti Anda juga akan diajarkan bagaimana cara mengajar dengan benar. Karena jurusan keguruan ini memang dibuat untuk mencetak calon guru.

Jadi, setelah Anda lulus dari pendidikan Bahasa Inggris, Anda bisa menjadi guru Bahasa Inggris. Selain itu, masih ada banyak profesi lainnya setelah lulus dari keguruan ini. Lebih lengkapnya akan kami kupas tentang seluk beluk dari jurusan pendidikan perkuliahan ini. Baik itu untuk kegiatan apa saja yang dilakukan di jurusan keguruan dan juga peluang kerjanya. Sehingga, Anda bisa yakin bahwa Anda telah memilih jurusan yang tepat!

Kegiatan Perkuliahan Jurusan Pendidikan

Salah satu kegiatan perkuliahan untuk jurusan pendidikan dalam 4 semester pertama, setiap mahasiswa keguruan ini akan diajarkan ilmu dasar mengajar dan materi tentang pengembangan skill dalam menjadi seorang pengajar. Sedangkan, untuk 4 semester sisanya, setiap mahasiswa jurusan ini harus mempraktekkan ilmu mengajar yang sudah dipelajari sebelumnya.

Jadi, di 4 semester sisanya ini nanti mahasiswanya akan diminta untuk melakukan simulasi mengajar. Ketika melakukan simulasi mengajar, setiap mahasiswa keguruan ini nanti tidak langsung melakukan kegiatan mengajar di depan murid sungguhan. Namun, meerka akan diminta untuk melakukan praktek di depan teman-temannya dulu di kelas. Beruntungnya saat melakukan kegiatan ini didepan teman-teman sekelas, Anda tidak akan malu saat membuat kesalahan ketika mengajar.

Di semester 4 ke atas, setiap mahasiswa keguruan nanti tidak hanya harus melakukan kegiatan simulasi mengajar saja di depan kelas. Namun, mereka juga diminta untuk melakukan kegiatan yang lainnya juga. Misalnya saja, seperti dimiinta untuk melakukan wawancara terhadap tokoh yang sukses, kemudian mempresentasikan profil orang tersebut di kelas.

Peluang Kerja Jurusan Pendidikan

Peluang kerja dari jurusan keguruan ini ada banyak. Salah satunya adalah bisa menjadi seorang guru. Apalagi lowongan kerja menjadi seorang guru kini ada banyak. Lowongan ini tidak hanya berlaku untuk sekolah swasta dan sekolah negeri konvensional saja. Namun, lowongan ini juga berlaku untuk sekolah nsional dan sekolah internasional yang ada di area ekspatriat Jakarta Selatan.

Namun, jika Anda tidak suka tampil langsung mengajar di depan kelas, Anda bisa menjadi seorang guru private. Akan tetapi, lulus dari mahasiswa keguruan ini sebenarnya tidak harus menjadi seorang guru saja. Lulusan keguruan ini juga bisa menjadi seorang penerjemah. Ini berlaku bila Anda mengambil jurusan keguruan bahasa asing. Kemudian, lulusan ini juga bisa menjadi seorang sekretaris, konselor pendidikan, perancang kurikulum, dan PNS dalam Kemendiknas.

Jadi, jangan takut untuk masuk ke dalam jurusan keguruan saat kuliah. Untuk Anda yang tidak suka menjadi guru, peluang kerja jurusan ini masih ada banyak untuk Anda. Bahkan, tak jarang pula lulusan jurusan pendidikan yang kemudian terjun menjadi seorang wiraswasta. Misalnya saja, menjadi seorang wiraswasta yang membuka lembaga bimbingan belajar bahasa asing, dll.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *