Mengenal Jalur Masuk PTN Lebih Jauh dan Alasan Memilihnya

Jalur masuk PTN adalah proses seleksi yang harus kita lewati jika ingin kuliah di perguruan tinggi negeri. Pertanyaannya adalah setelah selesai menyelesaikan pendidikan di bangku SMA, apakah anda sudah memutuskan ingin masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) atau perguruan tinggi swasta (PTS)? Apabila belum, maka sekarang saatnya untuk menentukan ingin kuliah dimana serta jurusan apa yang ingin diambil. Agar nanti tidak ada penyesalan. Sebab kita tahu bahwa biaya kuliah sangat mahal.

Keuntungan Masuk PTN

Bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi adalah keinginan semua orang,. Mengingat banyak perusahaan mulai memperhatikan latar belakang pendidikan kita sebelum direkrut menjadi staff. Sehingga, melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi sekarang ini sudah menjadi kebutuhan tersendiri. Terlebih ketika kita berhasil memperoleh nilai terbaik di kampus PTN ternama, maka itu akan menjadi nilai tambah untuk perusahaan yang mau merekrut kita.

Maka dari itulah, sekarang ini tidak sedikit orang mulai berlomba masuk ke PTN dengan berbagai macam cara. Meskipun mempunyai banyak kelebihan dan kekurangan yang masih menjadi pro dan kontra di setiap kampus, namun PTN masih tetap menjadi universitas yang dikejar oleh banyak orang. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa orang ingin masuk PTN, antara lain:

  1. Biaya terjangkau. Ini adalah keuntungan bagi yang kuliah di PTN. Biayanya sangat terjangkau sehingga tidak menjadi beban bagi mahasiswa.
  2. Terakreditasi. Akreditasi sangat penting ketika memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Karena hal ini bisa mempengaruhi kemudahan dalam mencari pekerjaan setelah lulus kuliah. Dan hampir semua PTN sudah memiliki pengajuan dari BAN PT.
  3. Karir lebih baik. Para lulusan PTN sudah tidak diragukan ketika berkarir, sebab hampir semua perusahaan menuntut para calon staffnya harus berasal dari lulusan PTN. Ini adalah salah satu manfaat ketika berkuliah di PTN
  4. Ada tawaran beasiswa. PTN menyediakan beasiswa yang bermacam-macam. Misalnya saja, seperti beasiswa yang diberikan untuk mahasiswa yang tidak mampu, berprestasi dan sebagainya.
  5. Mendapat Subsidi. Subsidi yang dimaksud adalah mendapat banyak bantuan dari pemerintah. Sehingga, fasilitas lebih lengkap.

Macam-Macam Jalur Masuk PTN 

Jika di atas adalah beberapa keuntungan untuk para calon mahasiswa PTN. Maka berikut ini adalah beberapa jalur yang bisa dipilih untuk bisa masuk ke PTN, antara lain:

SNMPTN

Seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri adalah salah satu jalur yang bisa anda ikuti apabila ingin kuliah di PTN. Ada banyak orang yang mengikuti jalur ini karena sistemnya adalah dengan melihat nilai rapot akademik. Bagi anda yang ingin mengikuti jalur ini pastikan bahwa anda sudah memiliki nomor pokok sekolah nasional (NPSN), serta anda sudah mengisi dengan tepat pangkalan data siswa sekolah ( PDSS). Jadi intinya adalah jalur ini tidak memiliki ujian tertulis. Oleh sebab itu anda harus berusaha untuk mendapatkan nilai terbaik selama berada di SMA.

SBMPTN

Jalur kedua yang bisa anda ikuti adalah SBMPTN. Untuk jalur ini akan ada seleksi yang dinilai dari hasil ujian tertulis atau ujian dengan komputer serta seleksi ujian dalam bidang ketrampilan masing-masing calon, dimana tahap-tahap ini harus di lalui terlebih dahulu.

Mandiri PTN

Untuk jalur masuk PTN juga bisa melalui bagian ini. Seleksi ini diadakan langsung oleh bagian perguruan tinggi negeri dimana biasanya seleksi ini dilakukan sebelum SBMPTN dilakukan. Oleh sebab itu jika ingin ikut jalur uni harus sering-sering mencari informasi di internet.

Untuk informasi lebih detail tentang jalur masuk PTN di atas, Anda harus giat membuka internet. Selain itu, Anda juga harus lebih rajin serta berusaha keras. Supaya jadwal dan segala informasi untuk bisa masuk PTN tidak sampai terlewatkan.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *