Deretan Universitas Terbaik di Mesir yang Patut Anda Coba

MESIR, Seputarkuliah.com Udaranya yang cukup panas dan wilayahnya yang bergurun merupakan ciri khas dari Mesir. Selain itu, apa yang terlintas dalam benak anda sobat seputarkuliah.com ketika mendengar kata Mesir? Apakah karena penduduknya yang mayoritas beragama islam? atau mungkin lantaran Sungai Nil (sungai terpanjang di dunia), sepanjang 40.000 km2 yang mengalir di Mesir? Atau mungkin juga tentang piramidanya yang terbilang kokoh dan sangat kuat? Banyak fakta menarik seputar mesir yang memang menjadi daya tarik tersendiri, karena memang Mesir merupakan negara tertua di Dunia.

Tahukah kamu, selain menjadi negara tertua di dunia yang kaya akan nilai-nilai historisnya, mesir juga patut anda kunjungi dan sekaligus mencobanya untuk menimba ilmu. Berikut ini seputarkuliah.com akan sedikit memberikan referensi kampus-kampus terbaik yang ada di mesir untuk kamu yang memang tertarik menimba ilmu disana. Penasaran kampus mana saja? yuk, cari tahu jawabannya dibawah ini!

The American University in Cairo

Pada awal mula berdiri sekitar tahun 1919, The American University in Cairo atau biasa disebut dengan AUC hanya diperuntukkan bagi kaum adam (laki-laki). Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, sekitar tahun 1928 AUC membuka kelas untuk para kaum hawa/ wanita. AUC adalah universitas yang menyediakan program sarjana dan pascasarjana, dengan bahasa dasar Inggris sebagai pengantarnya.

Bagi anda yang tertarik untuk berkuliah di AUC, banyak pilihan fakultas yang ditawarkan, antara lain yakni, Fakultas Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Fakultas Kebijakan Publik dan Urusan Global, Fakultas Ilmu Teknik, Fakultas Pendidikan Lanjutan serta Pasca Sarjana bidang Pendidikan.

Sebelumnya perlu anda ketahui juga jika Pada tahun 2013, QS World University Rankings menempatkan AUC pada urutan ke – 348 di dunia dan universitas terbaik pertama di Mesir. Pada tahun itu juga, AUC dinobatkan sebagai universitas terbaik kedua di Afrika dari sekolah bisnisnya, dan masuk ke dalam 200 universitas dengan sekolah bisnis terbaik di dunia.

Cairo University

Cairo University merupakan salah satu universitas terbaik yang ada di mesir. Berdiri sejak tahun 1908, universitas yang satu ini terletak di kota Giza, Mesir. Bahasa pengantar yang digunakan pun pada umumnya disesuaikan dengan matakuliah yang ada. Misalnya bahasa Arab untuk mata kuliah agama Islam. Begitupun dengan bahasa pengantar lainnya, semisal bahasa Prancis dan bahasa Inggris yang tersedia di cairo university.

Bagi anda yang tertarik berkuliah di cairo university, banyak pilihan yang bisa ambil di kampus ini. Ada sekitar 17 fakultas yang masih lagi terbagi menjadi banyak sekali program studi, antara lain; Fakultas Sains, Fakultas Pertanian, Fakultas Arkeologi, Fakultas Seni, Fakultas Perdagangan, Fakultas Komputer dan Ilmu Informasi, Fakultas Dar El-Ulum, Fakultas Kedokteran Gigi dan Mulut, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Politik, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Komunikasi Massa, Fakultas Kedokteran, Fakultas Farmakologi, Fakultas Fisioterapi, Fakultas Regional dan Perencanaan Perkotaan, serta Fakultas Kedokteran Hewan.

Baca juga : Beasiswa Gelar S1 dan S2 di Monash University 2017

Sebelumnya perlu anda ketahui, jika cairo university ini merupakan universitas sekuler pertama yang ada di Mesir. Pada awal mulanya, cairo university ini bernama Egyptian University atau Universitas Mesir, namun seiring berjalannya waktu berganti nama menjadi Universitas Fuad setelah wafatnya Sultan Fuad I, yang merupakan salah satu pendiri Universitas Kairo dari pihak kerajaan dulu. Bagaimana sobat seputarkuliah.com, apakah tertarik berkuliah disini?

Ain Shams University

Ain Shams University merupakan universitas terbaik ketiga di Mesir dan juga menjadi universitas terbaik ke – 15 dalam ranah Afrika. Universitas ini berdiri sejak tahun 1950, tepatnya terletak di Kairo, Mesir. Program yang ditawarkannya yaitu program sarjana dan pasca sarjana.

Bagi anda yang tertarik melanjutkan studi di salah satu universitas terbaik di mesir ini, ada banyak fakultas yang ditawarkan yakni; Fakultas Pertanian, Fakultas Seni, Fakultas Perdagangan, Fakultas Komputer dan Ilmu Informasi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Bahasa, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran Umum, Fakultas Ilmu keperawatan, Fakultas Farmasi, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu, dan Fakultas Pendidikan Khusus.

Al-Azhar University

Al Azhar adalah universitas tertua di dunia yang berada di ibu kota Mesir yaitu Kairo. Al–Azhar University sangat erat kaitannya dengan hal pengkajian Islam. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, universitas yang dibangun oleh Bani Fatimiyah ini membuka berbagai macam keilmuan umum dan juga terapan. Nah, kerennya lagi, universitas ini juga memiliki masjid megah yang dibangun sejak tahun 970 Masehi, yaitu masjid Al – Azhar. Jadi secara tidak langsung, anda bisa fokus belajar dan beribadah di salah satu universitas terbaik di mesir ini.

Bagi anda yang tertarik menuntut ilmu di Al-Azhar University ini, proses pembelajaran antara kelas laki-laki dan perempuan dilaksanakan secara terpisah. Hal ini lantaran disesuaikan dengan afiliasi keagamaan yang tentunya menjadi mayoritas didalamnya, yaitu agama Islam. Walau terpisah, banyak pilihan fakultas yang disediakan baik itu untuk laki-laki maupun perempuan.

Nah, fakultas yang disediakan untuk laki-laki diantaranya yaitu; Fakultas Bahasa Arab, Fakultas Dirasat Islamiyah, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik Pertanian, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Sains dan Matematika, Fakultas Perdagangan, Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Hukum, Fakultas Ushluhuddin, Fakultas Kejuruan Al – Azhar, Fakultas Media Informasi, Fakultas Pendidikan, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, serta Fakultas Dakwah. Sementara itu, adapun fakultas yang disediakan untuk kaum perempuan, yakni antara lain; Fakultas Ekonomi, Fakultas Psikologi, Fakultas Farmasi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Dirasat Islamiyah, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Sains dan Matematika, dan Fakultas Teknik. Bagaimana sobat seputarkuliah.com, apakah anda tertarik belajar disini?

Alexandria University

Alexandria University didirikan pada tahun 1938. Universitas ini dalam bahasa Arab disebut dengan Jami’ah Al-Iskandariyah, yang letaknya berada di wilayah Iskandariah, Mesir. Bisa dibilang Alexandiria University ini berhasil menjadi salah satu universitas terbesar kedua dan berhasil menjadi salah satu universitas terbaik yang ada di mesir.

Banyak pilihan fakultas yang tersedia di Alexandria University ini, diantaranya Fakultas Petanian, Fakultas Sastra, Fakultas Kedojkteran, Fakultas Perdagangan, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Sains, Fakultas Pendidikan Olharaga, Fakultas Ilmu Keperawatan, Fakultas Farmasi, Institut Kesehatan Publik.

Selain itu, tersedia pula pilihan Fakultas Pendidikan, Fakultas Kedokteran Gigii, Institut Riset Kedokteran, Fakultas Kedokteran Hewan, Institut Pascasarjana dan Riset, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan, Fakultas Seni Rupa, Fakultas Pendidikan Khusus dan Fakultas Pendidikan Anak-Anak. Menarik bukan?

Baca juga : Beasiswa S2 International Fashion Academy, Paris

Nah, itulah deretan universitas terbaik yang ada di mesir. Apakah anda sudah punya pilihan dan tertarik untuk melanjutkan studi disana? Selamat mencoba!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *