Daftar Universitas Negeri di Jakarta Terbaik

 

Sebagai ibukota negara Indonesia, Jakarta merupakan pusat pemerintahan dan industri. Di bidang pendidikan, Jakarta memiliki beberapa sarana universitas, baik universitas negeri maupun swasta. Dalam artikel kali ini akan dibahas universitas negeri di Jakarta yang dapat Anda jadikan referensi. Karena  Jakarta memiliki beberapa universitas ternama dan sudah terkenal hingga luar negeri.

Sejumlah kampus di Jakarta menjadi favorit bagi para calon mahasiswa, terutama yang sudah berstatus sebagai universitas negeri. Beberapa nama universitas yang ada di Jakarta sudah terkenal di seluruh Indonesia dan sudah tersebar luas di berbagai penjuru Kota Jakarta.  Bagi Anda yang sedang mencari info universitas yang sudah berstatus negeri di Jakarta, berikut ini informasinya.

Daftar Universitas Negeri di Jakarta

Terdapat 8 universitas yang sudah berstatus negeri di Jakarta saat ini, ada beberapa kampus di Jakarta yang berada di perbatasan dengan kota lain seperti Tangerang Selatan, Bogor dan Depok. Salah satunya yaitu Universitas Indonesia (UI) yang berada di perbatasan Jakarta Selatan dan Kota Depok. Berikut ini daftar universitas negeri yang ada di Jakarta.

Baca Juga:
  1. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Jakarta yang cukup favorit di Indonesia. Kampus utamanya terletak di bagian Utara Kota Depok, Jawa Barat dan berbatasan dengan wilayah kota Jakarta Selatan. Selain itu, juga memiliki kampus utama yang berada di daerah Salemba, Jakarta Pusat.

Universitas Indonesia merupakan kampus modern yang koprehensif, multi budaya, terbuka dan humanis yang mencangkup disiplin ilmu dan telah mencetuskan lebih dari 400.000 alumni.  Cikal bakal dari Universitas Indonesia didirikan pada tahun 1489. Universitas ini merupakan salah satu representasi insititut pendidikan yang paling tua di Asia.

Secara geografis, Kampus UI ini berada di dua area yaitu Depok dan Salemba. Namun, mayoritas fakultas ada di Depok karena memiliki area yang lebih luas dengan lahan mencapai 320 hektar. Karena hanya 25 % saja lahan yang digunakan sebagai sarana akademik, maka kampus ini terlihat sangat asri dengan tanaman hijau yang dijadikan sebagai hutan kota.

  1. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Universitgas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta merupakan salah satu perguruan Islam negeri terbesar yang ada di Indonesia dengan mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia dan juga luar negeri. UIN Jakarta menjadi pusat kajian dan riset para dosen dan peneliti. Hal itu menjadi keunggulan akademik Islam di Indonesua dan masyarakat di dunia. UIN Jakarta juga merupakan universitas riset secara berkelanjutan dalam melakukan eksperimen integrasi dalam aspek keilmuan, keislaman, kemodernan, kemanusiaan dan ke Indonesiaan serta selalu menjembatani dalam aspek ilmu-ilmu keislaman dan umum.

UIN Jakarta memiliki visi untuk menjadikan universitas kelas dunia yang memiliki integritas dalam bidang keilmuan, keislaman dan juga keindonesiaan.

  1. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPN Veteran Jakarta) merupakan salah satu universitas negeri di Indonesia yang terletak di Jakarta. Kampus ini didirikan pada tanggal 21 Februari 1967.

UPN Veteran Jakarta dulunya yaitu Perguruan Tinggi Swasta yang belum lama menjadi Perguruan Tinggi Negeri. Kualitas kampus yang semakin meningkat dan memiliki mahasiswa yang cukup banyak, hal itu yang membuat pemerintah melirik UPN Veteran Jakarta untuk diangkat menjadi Perguruan Tinggi Negeri.

Dalam konfrensi pers pada tanggal 6 september 2014 yang diadakan di kantor Kemendikbud, menteri Kementerian dan Kebudayaan M.Nuh menyatakank bahwa UPN Veteran Jakarta telah memenuhi semua kriteria yang harus dimiliki oleh Perguruan Tinggi Negeri.

  1. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) merupakan salah satu pendidikan pelayaran yang berada di bawah naungan BadanDiklat Perhubungan Republik Indonesia. STIP berdiri sejak tahun 1953, Akademi pelayaran ini menyelenggarakan Program Studi DIII (Setara dengan BSc) dan memiliki 2 macam jurusan yaitu Nautika dan Teknika dengan masa tempuh pendidikan 3 sampai 4 tahun.

Pada tanggal 27 Februari 1957, Sekolah Tinggi ini diresmikan oleh Presiden Pertama RI yaitu Ir. Soekarno. STIP menjadi salah satu Akademi Pelayaran pertama di Indonesia. Kampus ini terletak di Jl. Gunung Sahari Mangga Dua Ancol, Jakarta Utara.

  1. Politeknik Negeri Jakarta

Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) yaitu salah satu Perguruan Tinggi Negeri vokasi yang memiliki tujuh jurusan, 34 program studi dengan jenjang Sarjana Terapan (S.Tr.) dan Diploma (A.Md.). Politeknik Negeri Jakarta merupakan suatu lembaga pendidikan tinggi Diploma III yang telah memenuhi kebutuhan SDM yang professional dalam bidang industry.

Sistem pembelajaran di PNJ mengaplikasikan Kurikulum Nasional (Kurnas), pendidikan prefesional yang secara bertanggung jawab telah didukung oleh dosen-dosen yang sudah professional dan berpengalaman.

  1. Universitas Negeri Jakarta

Selain Institut Pertanian Bogor dan Universitas Indonesia, ada juga Universitas Negeri Jakarta yang berada di satu wilayah. UNJ berdiri pada tahun 1964 tepatnya di Rawamangun, Jakarta Timur. Meskipun pamornya belum setara dengan Universitas Indonesia (UI) dan Institut Teknologi Bandung (ITB), namun kualitas pengajaran di UNJ tidak perlu diragukan lagi.

Sedikit sejarah mengenai UNJ, setelah kemerdekaan bangsa Indonesia, maka pemerintah Indonesia merasakan kurangnya tenaga dalam bidang kependidikan pada semua jenjang dan juga lembaga pendidikan lainnya. Untuk mengatasi masalah tersebu, maka pemerintah mendirikan berbagai kursus tentang pendidikan guru.

Dalam usaha untuk meningkatkan jumlah guru dan mutu pendidikan maka terus dilakukan dengan pendirian Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) oleh pemerintah yang dilakukan di empat kota antara lain, Batusangkar, Bandung, Malang dan Manado.

Hari jadi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) telah ditetapkan bersamaan dengan hari jadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta yang kemudian menjadi cikal bakal Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada tanggal 16 Mei 1964.

  1. Universitas Pertahanan Indonesia

Universitas Pertahanan Indonesia atau disingkat UNHAN merupakan salah satu kampus di Indonesia Strata S2 yang menawarkan beasiswa pendidikan. Selain itu, kampus ini juga memberikan biaya hidup kepada mahasiswa yang mendapat beasiswa selama menjalani proses pendidikan.

Universitas Pertahanan Indonesia merupakan kampus Bela Negara yang dibuka untuk masyarakat umum/POLRI/TNI/. Kampus ini berada di Jl. Salemba Raya, Jakarta. Sedangkan untuk kampus barunya terletak di Kawasan IPSC, Sentul, Bogor.

  1. Sekolah Tinggi Manajemen Industri Jakarta

Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI) merupakan salah satu lembaga Pendidikan Tinggi di Indonesia milik Pemerintah yang berada di bawah naungan Kementrian Perindustrian Republik Indonesia.

Pada awal berdirinya, STMI bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk mengembangkan kurikulum yang ada dan program studinya. Salah satu bentuk kerjasamanya yaitu dalam penyususnan kurikulum dengan berbasis kompetensi (KBK). Proses Adaptasi menggunakan KBK sudah berlangsung di STMI.

Sesuai dengan kurikulumnya yang berbasis kompetensi, STMI bertujuan untuk menghasilkan lulusan-lulusan terbaik yang mampu mengisi kebutuhan akan manajer di dalam sektor Industri khususnya dalam sektor formal, yang bisa diaplikasikan dengan sektor industry menengah dan industry kecil pada umumnya.

Beberapa daftar Perguruan Tinggi Negeri di Jakarta beserta profilnya, semoga dapat menambah wawasan Anda yang sedang mencari informasi mengenai Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Jakarta. Sehingga Anda dapat memilih salah satu dari Perguruan Tinggi Negeri di atas untuk melanjutkan studinya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.