Daftar Universitas Negeri di Yogyakarta

 

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang sering dijadikan sebagai destinasi untuk menuntut ilmu di jenjang Perguruan Tinggi. Sehingga Kota Yogyakarta sering disebut juga dengan kota pelajar, karena banyaknya kampus yang berdiri di kota tersebut. Dalam artikel kali ini akan dibahas daftar Universitas Negeri di Yogyakarta beserta profile univertasnya.

Di Yogyakarta terdapat kurang lebih 136 kampus yang tersebar di seluruh penjuru Kota Yogyakarta. Namun hanya terdapat 11 Perguruan Tinggi yang sudah berstatus negeri dan kampus lainnya masih menyandang sebagai Perguruan Tinggi Swasta.

Daftar Universitas Negeri di Yogyakarta

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan universitas favorit yang ada di Kota Yogyakarta. Karena selain sebagai kampus negeri juga memiliki ratusan program studi di dalamnya. UGM didirikan oleh Pemerintah Indonesia pada tanggal 19 Desember 1949, tepatnya di Bulaksumur, Caturtunggal, Kecamatan. Depok, Kabupaten Sleman, DIY.

Kampus UGM merupakan salah satu universitas pertama yang didirikan di Yogyakarta setelah Indonesia merdeka. Pada awal berdiri, kampus ini hanya memiliki 6 Fakultas dan sekarang sudah berkembang menjadi 18 Fakultas dan dua sekolah yaitu Sekolah Pascasarjana (dahulu namanya Program Pascasarjana) Sekolah Vokasi.

Selain itu,kampus UGM memiliki lebih dari 100 Program Studi S2, S3 dan spesialis. Sebagian besar fakultas yang berada di lingkungan UGM terdiri dari beberapa jurusan atau program studi. Kegiatan kampus dituangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi dan terdiri dari atas pengajaran, penelitian dan pengabdian terhadap masyarakat.

  1. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dahulu namanya IKIP Yogyakarta, karena pada waktu itu masih fokus pendidikan pada keguruan dan ilmu pendidikan. Pada tahun 1990 an terdapat wacana untuk mengembangkan IKIP Yogyakarta menjadi sebuah Universitas. UNY didirikan pada tangal 21 Mei 1964.

Kemudian pada tanggal 14 Agustus 1999 IKIP Yogyakarta telah diresmikan menjadi Universitas Negeri Yogyakarta atau disingkat UNY. Saat ini UNY menaungi 7 Fakultas antara lain, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA), Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Teknik dan Keolahragaan.

Selain itu, Universitas Negeri Yogyakarta juga memiliki Program Pascasarjana. Dengan banyaknya program studi yang ditawarkan, maka kampus ini memiliki jumlah mahasiswa yang cukup banyak.

  1. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Sunan Kalijaga)

Universitas Sunan Negeri Sunan Kalijaga merupakan salah satu Perguruan Tinggi Agama Islam pertama yang ada di Indonesia. Nama Kalijaga diambil dari salah satu penyebar Agama Islam di Jawa yang merupakan Walisongo yaitu Sunan Kalijaga.

Kampus UIN Sunan Kalijaga terletak di perbatasan antara Kota Yogyakarta dengan Kabupaten Sleman, tepatnya di Jalan Marsda Adisucipto No. 1. UIN Sunan Kalijaga memiliki 8 fakultas diantaranya adalah Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Adab dan Budaya.

Selain itu, kampus ini juga memiliki Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Fakultas Ushuluddindan Pemikiran Islam. Dengan banyaknya Fakultas dan program studi, maka kampus ini memiliki mahasiswa yang cukup banyak dari berbagai kota.

  1. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPN Yogyakarta)

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPN Yogyakarta) atau sering disingkat UPN “Veteran” Yogyakarta didirikan pada tanggal 2 Oktober 1958 dan dahulu status pendidikannya yaitu Akademi Pembagunan Nasional (APN) “Veteran”. Pada awalnya merupakan Perguruan Tinggi kedinasan.

Kemudian pada tanggal 1 April 1995 mengalami perubahan dari dari status kedinasan menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri Swasta. Status PTS disandang kampus ini hingga awal Oktober 2014 dan pada tanggal 6 Oktober 2014, Universitas ini akhirnya mendapat status kedinasan menjadi sebuah Perguruan Tinggi Negeri di Yogyakarta.

UPN “Veteran” memiliki 5 Fakultas diantaranya adalah Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknologi Mineral, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknologi Industri dan Program Pascasarjana.

  1. Sekolah Tinggi Pertahanan Nasional Yogyakarta (STPN Yogyakarta)

STPN YogyakartaKemudia yaitu Perguruan Tinggi Negeri di Yogyakarta yang sudah berdiri sejak tahun 1963. Pada awalnya STPN memiliki nama Akademi Agraria di Yogyakarta yang memiliki Jurusan Agraria. Kemudian pada 1987, Jurusan Akademi Agraria berubah namanya yaitu menjadi Akademi Pertanahan Nasional.

Pada tahun 1993, Perguruan Tinggi Negeriini meluaskan sayapnya dengan merubah namanya menjadi Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional. STPN Yogyakarta ini berlokasi di Jl. Tata Bhumi, No. 5, Banyuraden, Kecamatan. Gamping, Kabupaten. Sleman, Yogyakarta.

Program Studi yang ditawarkan oleh STPN Yogyakarta yaitu Program Strata 1 (S1) Pertanahan dan Program Diploma 1 Pengukuran dan Pemetaan Kadastral (PPK).

  1. Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI Yogyakarta)

Kampus ISI Yogyakarta didirikan pada tanggal 23 Juli 1984 dangan keputusan Presiden RI No.39/1984. Pada tanggal 30 Mei 1984 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Prof. Dr. Nugroho Notosusanto.

Kampus ISI Yogyakarta merupakan penggabungan antara tiga kampus yaitu Kampus Akademik Seni Tari Indonesia (ASTI), Akademik Seni Rupa Indonesia (ASRI) dan Akademik Musik Indonesia (AMI). ISI Yogyakarta terdiri dari tiga Fakultas antara lain, Fakultas Seni Rupa, Fakultas Seni Rekam, Fakultas Pertunjukan dan Program Pascasarjana.

  1. Politeknik ATK Yogyakarta

Politeknik  ATK Yogyakarta berdiri pada tanggal 1September 1958 dan dulunya merupakan Lembaga PendidikanTinggi dalam bidang Teknologi Kulit. Sesuai dengan keputusan Menteri Perindustrian Rakyat No.489/TU pada tanggal 15 Januari 1959

Politeknik ATK Yogyakarta memiliki tiga Program Studi diantaranya adalah Program Studi Teknologi Pengolahan Karet dan Plastik (TPKP), Program Studi Teknologi Pengolahan Kulit (TPK) dan Program Studi Teknologi Pengolahan Produk Kulit (TPPK).

  1. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta

Poltekkes Kemenkes Yogyakarta didirikan pada tahun 2001 dengan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial Republik Indonesia dengan NO.298/Menkes-Kessos/SK/1V/2001.

Di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta terdapat 6 Akademi Kesehatan Departemen Kesehatan RI diantaranya adalah Akademi Analisis Kesehatan Yogyakarta (AKK), Akademi Kebidanan Yogyakarta (AKBID), Akademi Gizi Yogyakarta (AKZI), Akademi Kesehatan Lingkungan (AKL) dan Akademi Kesehatan Gigi Yogyakarta (AKG).

  1. Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta (MMTC)

MMTC Yogyakarta yaitu salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Yogyakarta dan berada di lingkungan Kementrain Komunikasi dan Informatika. Kampus ini diresmikan pada tanggal 31 Juli 1985 oleh Presiden Soeharto dibawah Departemen Penerangan.

Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta memiliki Program Strata 1 (S1) dan Diploma dengan tiga jurusan yaitu Manajemen Produksi Pemberitaan (Manarita), Manajemen Teknik Studio Produk (Matekstosi) dan Manjemen Produksi Siaran (Manaprodsi).

  1. Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir Yogyakarta (STTN Yogyakarta)

Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir Yogyakarta (STTN Yogyakarta) diresmikan pada tanggal 3 Agustus 1985 yang dibuka oleh Direktur Jendral BATAN dan Ir. Djali Ahimsa. Dengan nama pelaksanaanya yaitu kegiatan Pendidikan Ahli Teknik Nuklir (PATN) di Yogyakarta.

STTN BATAN Yogyakarta memiliki dua jurusan yaitu Teknofisika Nuklir dengan Program Studi Elektro Instrumentasi dan Elektromekanik, dan jurusan Teknokimia Nuklir dengan Program Studi Teknokimia.

  1. Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta

AAU Yogyakarta yaitu Sekolah Pendidikan TNI Angkatan Udara yang ada di Yogyakarta. AAU Yogyakarta mencetak perwira TNI Angkatan Udara. Sejarah berdirinya AAU Yogyakarta yaitu didirikan pada tahun 1945 didirikan sebuah Lembaga Pendidikan Pertama Perwira TNI AU tepatnya di Maguwo Yogyakarta.

Program Studi yang ditawarkan AAU Yogyakarta yaitu Program Studi Teknik Elektronika, Teknik Manajemen Industri dan Teknik Aeronautika.

Dari daftar 11 Perguruan Tinggi Negeri di Yogyakarta beserta profilnya, semoga dapat di jadikan tambahan informasi untuk Anda yang sedang mencari Perguruan Tinggi untuk melanjutkan studinya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.