Daftar Universitas Negeri di Malang

Kota Malang merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Timur. Kota Malang memiliki sejumlah universitas yang sudah terkenal. Tidak heran, jika banyak calon mahasiswa mencari tempat kuliah di kota tersebut, baik negeri maupun swasta. Dalam artikel ini akan daftar Universitas Negeri di Malang.

Selain Surabaya, Kota Malang juga menjadi salah satu alternatif pilihan untuk meneruskan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Beberapa kampus favorit di Kota Malang, khususnya Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Sarana pendidikan tersebut berada menyebar di Kota Malang.

Universitas Negeri di Malang

Terdapat 4 Universitas Negeri yang ada di Kota Malang. Salah saunya yaitu Universitas Brawijaya (UB) yang merupakan Perguruan Tinggi terbaik dan menjadi favorit calon mahasiswa untuk menjatuhkan pilihannya dalam melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi.

Contoh Universitas terkenal lainnya di Malang yaitu UIN Malang, UM dan Polinema. Untuk lebih lengkapnya, berikut informasi dan detail mengenai Perguruan Tinggi di malang.

  1. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya atau disingkat UB merupakan salah satu universitas ternama yang ada di Kota Malang, Indonesia. Kampus ini berlokasi di Jalan Veteran Malang, sekitar 85 km dari Kota Surabaya.   Kampus ini di bangun di atas bidang tanah seluas 1.813.664m2 dan terdiri dari beberapa fakultas di dalamnya.

Saat ini Universitas Brawijaya menampung lebih dari 30.000 mahasiswa dari berbagai kota di Indonesia, baik dari program Diploma, Sarjana, Magister, Spesialis maupun Doktor yang tersebar di 12 Fakultas dan 2 program pendidikan.

Dari tahun 1994 hingga saat ini Uiversitas Brawijaya (UB) telah berhasil menjalin kerjasama kurang lebih dengan 135 lembaga baik dari Pemerintah maupun Instusi Pendidikan, Institut dan Perusahaan. Hubungan kerjasama tersebut terdiri dari 37 kerjasama dengan lembaga pihak di luar negeri dan 98 yaitu menjalin hubungan kerjasama dalam negeri.

Karena memiliki kualitas dan mutu pendidikan yang unggul, maka Universitas Brawijaya memiliki nilai plus tersendiri dan membuat kampus ini menjadi incaran para lulusan SMA/SMK/MA atau sejenisnya dari berbagai kota di Indonesia untuk mendaftarkan kuliah di kampus tersebut

  1. Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang atau disingkat UM merupakan salah satu Perguruan Tinggi IKIP di Kota Malang yang tertua. Sebelum namanya berubah menjadi IKIP Malang yang diresmikan pada tanggal 18 Oktober 1954, nama Perguruan Tinggi tersebut yaitu PTPG Malang.

PTPG Malang yaitu singkatan dari Peruguruan Tinggi Pendidikan Guru Malang. Pada waktu itu kampus diresmikan oleh Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan RI yaitu Prof. Mr. Mohammad Yamin dengan berdasarkan Surat Keputusan SK.No.38742/Kab tanggal 1 September 1954.

Perubahan nama IKIP menjadi Universitas Negeri Malang diresmikan pada tahun 1999. Namun pada waktu itu Universitas Negeri Malang merasa namanya terlalu panjang, sehingga berdasarkan rapat Senat pada tanggal 28 April 2011 Universitas Negeri Malang disingkat menjadi UM dan hingga saat ini nama kampus UM menjadi sangat terkenal.

  1. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang atau disingkat UIN Malang merupakan salah satu Perguruan Tinggi Islam yang berada di Malang, Jawa Timur. Tepatnya di Jl. Gajayana nomor 50, Kecamatan Dinoyo, Kota Malang.

Kampus ini memiliki luas hingga 14 hektar dengan bangunan yang sudah termoderenisasi seperti gedung rektorat, kantor administrasi, fakultas, laboratorium, perkuliahan, kemahasiswaan, bussines center, olah raga, masjid, ma’had dan juga poliklinik.

Bangunan kampus ini terlihat sangat mencolok dan cukup megah dengan dominan berwana hijau sehingga dikenal dengan kampus hijau di Kota Malang. Ciri- ciri tersebut sudah menjadi ciri khusus dari UIN Malang. Selain itu, kampus ini juga memiliki letak yang cukup strategis dengan wilayah kota dan dekat dengan Kota Batu Malang.

UIN Malang memiliki nilai rangking terbaik tingkat nasional maupun internasional. Hal itu sangat prestisius bagi para citivas akademika, hal tersebut berhubungan dengan telah diakuinya menjadi kampus yang baik secara akademik, administrative dan sudah dikenal oleh masyarakat luas.

Pada bulan Juli 2016 lalu, UIN Malang sudah masuk ke dalam jajaran 100 universitas terbaik tingkat nasional dan berada di uruatan no 54 dari jumlah keseluruhan 474 universitas yang ada di Indonesia baik Universitas Negeri maupun Universitas Swasta.

  1. Politeknik Negeri Malang

Politeknik Negeri Malang atau disingkat POLTEKOM merupakan salah satu perguruan tinggi milik pemerintah yang ada di Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia. Politeknik menjadi salah satu Universitas Negeri di Malang yang cukup favorit dan memiliki mahasiwa dengan jumlah yang cukup banyak dan terdiri dari berbagai kota di Indonesia.

Politeknik Negeri Malang didirikan pada tahun 2008 berdasarkan Surat Keputusan Perguruan Tinggi No.104/DO/2008 bersamaan dengan Politeknik lainnya dan diresmikan secara serentak sebagai wujud peningkatan perguruan tinggi dalam pendidikan vokasi di negara Indonesia.

Politeknik Negeri Malang menekankan pendidikan pada sistem teknologi terapan (applied technology) terutama dalam bidang teknik (engineering). Kampus ini pada awalnya dibangun pada bidang tanah seluas 3 hektar dan dibuka untuk 3 bidang studi yaitu Teknik Telekomunikasi, Teknik Informatika dan Teknik Mekatronika.

Dalam kurun waktu 4 tahun, Politeknik Negeri Malang mengembangkan sayapnya dengan menambah jurusan yaitu Manajemen Informatika dan Teknik Alat Berat. Politeknik ini juga menjalin hubungan kerjasama dengan beberapa industry sebagai stakeholder untuk program magang (internship) mahasiswa yang terdapat dalam kurikulum akademiknya.

Politeknik Negeri Malang dahulu namanya yaitu Politeknik Universitas Brawijaya dan merupakan salah dari 6 Politeknik perintis. Perubahan nama Politeknik Universitas Brawijaya menjadi Politeknik Negeri Malang (POLINEMA) yaitu berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor.147/0/2004 pada tanggal 22 November 2004.

Pada awal berdiri, Poleteknik ini memiliki empat jurusan diantaranya adalah Jurusan Teknik Listrik, Jurusan Teknik Elektronika, Jurusan Teknik Sipil danJurusan Teknik Mesin. Seiring berkembangnya industry dan pembangunan nasional di Indonesia.

Sehingga pada tahun 1986 maka kampus ini menambah jurusannya yaitu Jurusan Akutansi, Jurusan Kesekretariatan, dan Jurusan Telekomunikasi. Setelah setahun kemudian, kampus ini juga menambah jurusannya lagi yaitu Jurusan Teknik Kimia yang dibuka pada tahun 1987.

Polikteknik Negeri Malang memiliki sederet prestasi yang cukup membanggakan bagi kampus tersebut dan juga bangsa Indonesia. POLINEMA mendapatkan kejuaraan no 1 Kategori Website untuk kelompok Politeknik dalam acara Anugrah Humas PTN dan Kopertis 2017.

Mahasiswa POLENIMA juga mendapatkan Silver Medal dalam kompetisi Internasional Invention and Inovation Competition (INIIC) Series I/2017 dan masih banyak lagi prestasi-prestasi lain yang diperoleh Politeknik Negeri Malang baik kelas nasional maupun internasional.

Beberapa ulasan mengenai daftar Perguruan Tinggi Negeri di Malang beserta profil kampusnya, semoga dapat menambah wawasan dan informasi untuk Anda yang sedang mencari universitas yang sudah berstatus negeri yang ada di Kota Malang. Daftar diatas menampilkan nama Perguruan Tinggi Negeri di Kota Malang, baik Malang Raya atau Wilayah Kabupaten

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *