Beasiswa LPDP Bisa Lolos dengan Rahasia Berikut Ini

Bagi anda yang memiliki cita-cita tinggi ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi namun terbentur oleh biaya sebaiknya tak perlu berputus asa. Sebab kini banyak beasiswa yang diberikan untuk jenjang sarjana maupun magister. Salah satu beasiswa yang sangat populer di tanah air dan diberikan oleh pemerintah yaitu beasiswa LPDP. Dimana beasiswa ini merupakan beasiswa terbesar dengan jumlah peminat yang juga membludak. Meskipun begitu kesempatan memperoleh beasiswa ini juga semakin besar terlebih jika anda mengetahui beberapa rahasia supaya lolos beasiswa yang satu ini.

Rahasia Agar Lolos Beasiswa LPDP

LPDP merupakan salah satu beasiswa yang banyak diincar karena beasiswa ini merupakan Beasiswa Pendidikan Indonesia dengan program reguler. Beasiswa ini tidak hanya ditujukan untuk mahasiswa yang berkuliah di dalam negeri tetapi juga di luar negeri. Untuk memperoleh informasi yang lebih lengkap seputar beasiswa ini maka anda bisa mengunjungi situs resmi LPDP. Tentu besar harapan anda ingin lolos dan bisa berkuliah di kampus yang anda idamkan tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Untuk itulah berikut akan dijelaskan rahasia supaya lolos LPDP yang perlu anda ketahui.

  1. Tanamkan Bahwa Anda Akan Mengabdi untuk Indonesia

    Supaya bisa lolos dan mendapatkan beasiswa LPDP maka anda perlu memiliki rasa nasionalisme yang tinggi. Sebab jika anda kuliah hanya untuk diri anda sendiri maka anda perlu berpikir ulang saat akan mengajukan LPDP. Tujuan dari LPDP yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam berbagai bidang serta menunjang percepatan pembangunan di Indonesia. Caranya dilakukan melalui tangan calon pemimpin dan profesional. Mereka akan mencari orang-orang terbaik yang bersedia mewujudkan tujuan tersebut.

  2. Fokus Pada Tujuan Utama LPDP

    Hadirnya LPDP bertujuan untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia dalam bidang pertanian, teknik, ekonomi, hukum, kedokteran, sosial-budaya, agama dan keuangan. Sehingga anda perlu melihat pilihan jurusan yang sesuai dengan potensi maupun minat yang memang sesuai prioritas LPDP. Kini LPDP juga telah menetapkan jurusan maupun universitas yang bisa anda pilih secara rinci sehingga peluang anda diterima juga semakin besar.

  3. Anda Adalah Aktivis untuk Masyarakat

    Selain memiliki rencana studi, rahasia lolos beasiswa LPDP yaitu anda akan diminta untuk menulis esai sebanyak 1000 kata yang menjelaskan tentang kontribusi yang sudah, sedang dan akan anda lakukan bagi masyarakat, lembaga, instansi, profesi dan komunitas. Bila sebelumnya anda sudah memiliki kontribusi tersebut maka peluang anda lolos juga semakin besar. Tetapi jika belum anda harus memastikan bahwa rencana tersebut masuk akal dan dapat diterapkan.

  4. Lengkapi Berkasnya

    Ketika akan mengikuti seleksi LPDP maka yang harus anda persiapkan terlebih dahulu adalah persyaratan berkas-berkasnya. Berkas tersebut akan sangat menentukan anda di tahap seleksi administrasi. Selain itu pastikan anda mengisi data secara akurat dan benar serta jangan sampai memalsukannya. Sebab bila anda memalsukan data maka anda bisa masuk daftar hitam dan tidak akan memiliki peluang lagi. Hindari juga kesalahan mengisi data sebelum anda menyerahkan pada pihak panitia.

  5. Letter of Acceptance

    Ketika anda akan mengajukan LPDP maka perhatikan letter of acceptance karena hal ini merupakan tiket emas masuk universitas. Namun LPDP tidak mewajibkan anda harus mempunyai LoA ketika mendaftar LPDP. Tetapi pihak LPDP akan memberikan kesempatan 1 tahun setelah diterima beasiswa untuk mencari LoA. Tetapi jika anda sudah memilikinya maka bisa menjadi bahan pertimbangan bagi pihak LPDP.

Demikianlah penjelasan mengenai rahasia lolos beasiswa LPDP yang bisa menambah wawasan anda. Bila anda sudah yakin ingin mendaftar LPDP maka segera persiapkan diri dan semua persyaratannya. Dengan begitu kesempatan anda untuk lolos juga semakin besar dan membantu mewujudkan impian anda.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *