Artikel

Published on November 21st, 2017 | by Admin Seputar Kuliah

1

5 Hal ini Perlu Kamu Lakukan di Usia 19 tahun Agar Hidup semakin Berkembang

Seputarkuliah.com Ada banyak hal yang sebenarnya bisa kamu lakukan di usia 19an, agar hidup semakin berkembang. Mulailah dari kegiatan keseharian sampai kegiatan ektrakulikuler yang dapat menambah pengetahuan dan kemampuan kamu. Usia 19an terbilang usia dimana kita sebagai anak muda sangat aktif melakukan suatu aktivitas, oleh karenanya kamu jangan sampai coba-coba salah langkah dalam melakukan sesuatu.

Nah, berikut ini adalah 5 hal yang bisa kamu lakukan agar hidup tidak salah langkah dan bisa menjadi semakin berkembang di Usia 19an:

1. Mulailah Belajar berorganisasi

Perlu kamu ketahui soal organisasi, bahwasannya oraganisasi itu sangat penting. Adapun kesempatan untuk belajar organisasi juga tidak hanya milik mereka yang berkuliah saja, akan tetapi kamu juga yang tidak kuliah bisa belajar oragnisasi dengan suatu gerakan/ komunitas diluar sana yang tentunya ada sekitar kamu.

Tak perlu malu untuk menjalaninya, karena apapun bidang komuunitas kamu, disana tentunya kamu bisa belajar banyak hal, mulai dari kepemimpinan, manajemen orang, waktu, uang, dan hal bermanfaat lainnya. Jadi, untuk mengasah kemampuanmu dalam hal kepemimpinan dan berkerjasama, kamu sangat butuh hal-hal semacam ini.

2. Pelajari bagaimana cara Memanajemen waktu

Usia 19an yang bisa kamu pelajari selanjutnya adalah bagaimana cara untuk memanagement waktu, hal ini tentunya sangat penting untuk kamu lakukan, bahkan ada baiknya sebelum kamu menginjak usia 19an. Mengapa? karena sebuah kabiasaan baik dilakukan semuda mungkin, tentu akan berdampak dan terbawa sampai kamu berkarir nantinya. Nah, itulah kenapa sangat penting diusia tersebut untuk belajar memanajemen waktu.

Baca juga: 7 kebiasaan manusia yang sangat tidak efektif.

Adapun untuk kegiatan manajemen waktu yang bisa kamu lakukan ini contohnya adalah aktivitas sehari-hari yang bersifat daily sehingga kamu dapat melakukannya secara intens dan tentunya berkelanjutan. Mulailah untuk menghargai waktu.

3. Mencoba untuk mengenal banyak orang

Tentu jika banyak aktivitas sosial seperti yang ditulis diatas, kamu dapat bisa mengenali banyak karakter orang diluar sana. Kamu juga bisa lebih tahu orang model A, model B, atau bahkan model C sekalipun. Oleh karena itu, mengenal banyak orang disini sangat penting untuk mengasah skil komunikasi dalam penyampaian pesan terhadap orang lain, karena tiap orang memiliki karakter beda dan tentu dapat menyimpulkan suatu hal yang beda juga, bukan?

4. Kunjungilah banyak tempat

Keluarlah dari rumah dan kunjungi tempat-tempat diluar sana, pasti kamu akan menemukan banyak hal dan dapat belajar dari sana, mulai dari Ilmu pengetahuan, budaya, dan adat. Cobalah untuk melakukan hal ini di usia 19an agar kamu semakin berkembang dan mengetahui banyak hal. Kamu bisa mengunjungi banyak tempat bersama para sahabatmu.

5. Mulailah untuk belajar mendapatkan uang walau sedikit

Bicara uang memang sangat sensitif, pasalnya anak SD, mahasiswa, atau bahkan sekelas pejabat pun masih doyan dengan barang yang satu ini. Bahkan baru-baru ini juga sedang ramai diberitakan jika seorang pejabat sampai terjerat kasus lantaran uang (Baca: E-KTP). Jadi, belajar mendapatkan uang itu memang penting dan bisa kamu lakukan di banyak bidang, termasuk salah satunya dari hobi kamu. Contoh kecilnya jika kamu suka menulis, cobalah untuk mengirimkan tulisan/ karya kamu ke media-media cetak yang relevan dengan tulisan kamu. Disana, selain kamu mendapatkan uang dari karya kamu itu, nama kamu juga akan dikenal oleh para pembaca, redaktur ataupun editor sehingga jika mereka melihat potensi kamu disitu, maka itu akan menjadi salah satu jalan kesuksesan kamu. Tapi ingat ya, jangan sampai kamu menjadi yang terjerat lantaran uang yang kamu hasilkan itu dari jalan yang tidak sehat.

Nah, itulah 5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan di Usia 19an. Bukan zamannya lagi diusia tersebut kamu sibuk main-main, foya-foya, atau bahkan melakukan hal-hal tidak baik semacam mengkonsumsi obat-obatan terlarang.

Tags: ,


About the Author



One Response to 5 Hal ini Perlu Kamu Lakukan di Usia 19 tahun Agar Hidup semakin Berkembang

  1. Pingback: 3 Manfaat Buat Kamu yang Ingin Pergi Merantau untuk Kuliah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

error: Content is protected !!