Artikel

Published on December 1st, 2017 | by Admin Seputar Kuliah

3 Manfaat Buat Kamu yang Ingin Pergi Merantau untuk Kuliah

Seputarkuliah.com Saat kamu masih berstatus sebagai siswa SMA, mungkin kamu belum terpikirkan untuk dapat pergi jauh-jauh merantau dari kedua orangtua, keluarga, sahabat, bahkan rumah. Akan tetapi, ketika kamu lulus dan kamu ingin kuliah, mungkin keinginan untuk pergi merantau itu ada, apalagi jika kamu menginginkan sebuah kampus favorit yang terletak diluar daerah yang kamu tinggali.

Bicara soal merantau, jangan coba-coba terbesit dalam benakmu soal kebebasan. Bebas ini, bebas itu, tak ada larangan ini itu ataupun teguran dari orangtua seperti yang dulu kamu terima sewaktu berada dirumah. Tapi mulailah berpikirlah untuk sebuah kepercayaan, amanah dan tanggung jawab yang diberikan kedua orantuamu itu harus kau jaga sebaik mungkin.

Sebagai anak rantau, kamu juga perlu tahu jika level suatu masalah yang dihadapi anak rantau itu jauh semakin besar. Diantara masalah-masalah tersebut contoh yang paling mendasar adalah; kamu harus terbiasa melakukan semuanya sendiri, mulai dari membersihkan pakaian dan juga mencari makan. Karena pada dasarnya tak ada lagi peran orang tua yang biasa mengurusmu seperti yang kamu terima saat berada dirumah. Tapi walau begitu, percayalah jika kamu menjalani sesuai kemauanmu untuk sukses, hidup merantau jauh lebih banyak memberi pelajaran hidup untuk kamu. Tidak percaya? Berikut dibawah ini 3 manfaat yang akan kamu terima:

1. Hidup mandiri (kemandirian)

Kamu harus tahu, hidup mandiri itu sulit loh, apalagi jika sebelumnya kamu selalu bergantung pada orang lain. Oleh karenanya, saat kamu memutuskan untuk hidup merantau, disanalah kamu mulai belajar arti dari kemandirian itu.

Anak rantau jauh lebih mandiri ketimbang para pejabat yang sering korupsi. Ahaa 🙂

Baca juga: Agar semakin berkembang, lakukan 5 hal ini di usia 19an.

2. Tanggung jawab (bertanggung jawab)

Ketika kamu memutuskan untuk pergi merantau, disanalah terselip satu buah tanggung jawab yang harus kamu jaga, ya, kepercayaan orangtuamu itu yang harus kamu jaga salah satunya. Mereka sangat mempercayaimu untuk pergi merantau jauh darinya. Dalam hal ini, hanya orang perantau lah yang tahu bagaimana cara menjaga kepercayaan tersebut.

Buat kamu para wanita single, carilah anak rantau. Karena boleh jadi, dia lebih bisa menjaga kepercayaan dan perasaan kamu. Iya! kamu. Ahaa..

Simak juga: Tips masuk perguruan tinggi negeri idaman.

3. Berani mengambil sebuah resiko ( melangkah maju)

Ketika kamu memutuskan untuk jadi anak rantau, otomatis kamu berada di lingkungan baru dan tentu mempertemukanmu dengan berbagai macam orang baru pula, bahkan disana halangan dan rintangan pun kerap datang menghampiri sesuka hati, kaya mantan yang ingin balikan looh. Bisa jadi hanya teman dan tetangga lah yang bisa kamu andalkan untuk dimintai pertolongan disana. Itulah resiko anak rantau. Oleh karena itu, di saat orang-orang mengambil keputusan dengan segala keraguan dan terlalu banyak pertimbangan, bisa jadi kamu (anak rantau) akan memiliki satu karakter yang lebih berani dalam memutuskan sesuatu. Karena selama di perantauan lah kamu sudah terbiasa dan belajar banyak hal tentang semua itu.

Tapi, jangan kaya pejabat yang korupsi itu ya, berani mengambil resiko tapi tak bertanggung jawab.Hehehe

Itulah 3 Manfaat buat Kamu yang ingin pergi Merantau. Jadi bergegaslah untuk menjalani kehidupan di tanah rantau, pasti banyak hal yang berjalan tidak sesuai dengan yang kamu harapkan. Namun percayalah, disana juga yang akan menjadikanmu seorang manajer terbaik untuk dirimu sendiri. Salam anak rantau 🙂

Teruskan informasi ini agar lebih bermanfaat, Bagikan ke media sosial favoritmu di bawah ini:

Tags: , , , ,


About the Author



Back to Top ↑

error: Content is protected !!