Tri Dharma Perguruan Tinggi, Mahasiswa Harus Tahu Maknanya

Bagi anda yang berencana ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi ataupun ingin menjadi dosen di sebuah perguruan tinggi maka harus tahu tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dimana istilah tersebut mungkin selama ini sudah tidak asing di telinga anda dan sering anda dengarkan namun anda belum sepenuhnya memahami makna dari istilah tersebut. Baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta memanglah wajib memasang poin-poin istilah tersebut terutama di lokasi yang strategis. Sehingga seluruh warga kampus bisa dengan mudah melihat poin-poin tersebut.

Mengenal Definisi Tri Dharma Perguruan Tinggi

Meskipun sebagian dari anda sudah tidak asing dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan sudah memahami maknanya tapi mungkin juga masih banyak dari anda yang belum memahami istilah tersebut secara mendalam. Bahkan mungkin ada yang belum pernah sama sekali mendengar istilah tersebut. Sebelum anda tahu lebih jauh mengenai istilah tersebut maka pahami terlebih dahulu definisinya. Sebab jika dijabarkan dalam bahasa sansekerta maka dapat diartikan satu persatu. Kata Tri artinya tiga dan Dharma artinya kewajiban. Bila dijabarkan secara istilah maka artinya sebuah asa yang dipegang oleh setiap perguruan tinggi baik itu negeri atau swasta di Indonesia.

Masing-masing mahasiswa wajib bertanggung jawab untuk mewujudkan tri dharma tersebut. Selain mahasiswa, para dosen yang mengajar di kampus tersebut juga wajib untuk menjalankannya. Tri Dharma tersebut tidak hanya terinternalisasi pada jiwa seluruh civitas akademika sehingga Tri Dharma tersebut bukan sekedar slogan ataupun jargon belaka. Tetapi istilah ini menjadi budaya yang disadari oleh semuanya sehingga cita-cita Tri Dharma tersebut dapat terwujud dan diimplementasikan dengan baik.

Isi Tri Dharma Perguruan Tinggi

Sesudah memahami tentang defisini Tri Dharma ini selanjutnya anda juga harus memahami isi dari Tri Dharma tersebut supaya anda bisa lebih memahaminya. Sesuai dengan namanya, Tri Dharma ini mempunyai tiga isi diantaranya sebagai berikut.

  1. Pendidikan dan Pengajaran

    Selama seorang mahasiswa belajar di Perguruan Tinggi maka mahasiswa tersebut berhak memperoleh berbagai macam ilmu. Dimana ilmu yang didapat tersebut berasal dari sumber berbeda mulai dari dosen maupun yang berdasarkan pengalaman masing-masing mahasiswa. Namun dalam kehidupan sosial harus ada proses give and take sehingga mahasiswa yang sudah menjalankan masa studinya di perguruan tinggi harus mentransfer ilmunya pada masyarakat.

  2. Penelitian dan Pengembangan

    Satu artikel tidak akan menjadi sebuah artikel yang utuh bila hanya dikarang saja tanpa menuliskannya dalam bentuk kalimat. Hal tersebut berlaku juga pada ilmu dimana sebuah ilmu tidak terpakai jika tak diaplikasikan dalam wujud yang nyata. Bagi mahasiswa yang sudah mengembangkan serta menerapkannya dan berharap akan berguna untuk masyarakat di masa mendatang.

  3. Pengabdian Pada Masyarakat

    Poin ketiga ini mengandung makna bahwa pengabdian kepada masyarakat merupakan aktivitas-aktivitas yang dilakukan untuk masyarakat serta langsung bisa dirasakan manfaatnya. Oleh karena itu mahasiswa lulusan dari perguruan tinggi memang sengaja dipersiapkan agar mampu mengabdi pada masyarakat serta dibekali ilmu yang cukup. Hal tersebut dilakukan supaya ada kontribusi antara perguruan tinggi dan masyarakat. Sehingga diharapkan masyarakat bisa memberikan imbalan untuk perguruan tinggi yang bisa membantu mengembangkan dunia pendidikan maupun teknologi di perguruan tinggi.

Itulah tadi penjelasan mengenai makna Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bisa menambah wawasan anda. Dengan memahami Tri Dharma dalam kehidupan Perguruan Tinggi maka anda bisa menjadi civitas akademika yang seutuhnya dan membantu anda menjadi orang yang sukses di masyarakat melalui ilmu yang sudah anda peroleh.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *