Jurnal Internasional : Pengertian, Syarat, Struktur, Cara Membuat, Keuntungan & Situs Terlengkap

Jurnal internasional adalah salah satu jenis jurnal yang diterbitkan dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Umumnya jurnal ini banyak dicari sebagai salah satu referensi untuk penelitian yang berkaitan dengan jurnal tersebut. Anda yang sedang melakukan penelitian skripsi, thesis atau disertasi pasti pernah menggunakan jurnal satu ini.

Thesis dan disertasi yang paling sering menggunakan jurnal ini karena memang membutuhkan sumber terpercaya yang tepat. Namun banyak juga penelitian lain yang menggunakan internasional jurnal sebagai referensi penelitian lanjutan. Jadi jurnal ini sangat penting untuk mendukung penelitian lanjutan yang lebih baik lagi.

Pengertian Internasional Jurnal

Internasional jurnal merupakan tulisan ilmiah yang dibuat menggunakan ketentuan dan kaidah bahasa yang telah ditetapkan. Untuk syarat dan ketentuan jurnal satu ini akan dibahas pada subab selanjutnya di bawah. Perlu diketahui bahwa jurnal satu ini berbeda dengan jurnal ilmiah namun isi jurnal sudah pasti ilmiah karena mampu dipertanggungjawabkan.

Tidak sembarang orang bisa menulis internasional jurnal karena penulis jurnal satu ini harus kompeten. Seorang ahli juga belum tentu bisa menerbitkan internasional jurnal jika tidak memenuhi kriteria yang sudah ditetapkan. Jurnal yang dibuat akan berkelas internasional melalui sistem pemilihan yang ketat dan terbaru dengan banyak jurnal lain dari berbagai negara.

Pengertian Menurut Tiga Ahli Berbeda

1. Samir Raouf (2012)

Pertama dari seorang ahli yang berasal dari negara Irak yaitu Samir Raouf pada tahun 2012. Beliau memberikan pengertian internasional jurnal sebagai tulisan yang terkait dengan penulis, pembaca, anggota dewan, bahasa serta memiliki nomor ISSN. Selain itu juga apakan tulisan termasuk dalam layanan abstrak ilmiah.

2. Rathinasabapathy (2018)

Ahli yang berasal dari Universitas Kedokteran Hewan dan Ilmu Kedokteran Tamil Nadu ini juga memberikan pengertian dari internasional jurnal. Namun tidak didefinisikan secara khusus karena hanya merupakan 4 kriteria yang sesuai dan relevan. Pertama jurnal ini harus mempunyai Dewan Editorial Internasional karena berkelas internasional.

Kedua jurnal harus memiliki ISSN atau e-ISSN, ketiga harus diindeks oleh setidaknya satu Database Internasional. Dan yang terakhir harus diterbitkan dalam beberapa makalah dimana setiap volume ditulis oleh penulis asing atau di luar negara yang menerbitkan jurnal.

3. Dr. Fahimuddin Shaik (2017)

Ahli yang berasal dari Annamacharya Institute of Technology & Sciences ini juga memberikan kriteria yang harus dipenuhi sebagai syarat internasional jurnal. Pertama 25% dewan editorial harus berasal dari luar negeri penerbit atau lebih dari 33% dari makalah yang diterbitkan. Atau malah 50% jumlah langganan harus berasal dari lembaga dan individu dari luar negara penerbitnya.

web jurnal internasional scopus

Kedua signifikasi pekerjaan penelitian untuk penerimaan harus lebih luas dan kutipan. Ketiga jurnal harus terindeks dari database seperti WOS, PubMed, DBLP, Scopus dan Crossref. Keempat berasal dari penerbit ternama seperti IEE, ELSEVIER, ACM, SPRINGER, TAYLOR & FRANCIS dan penerbit besar lainnya.

web jurnal internasional elsevier

Kelima jurnal dapat ditegaskan sebagai jurnal nasional atau internasional jurnal hanya berdasarkan tingkat sirkulasi dan yang berlangganan.

Syarat Internasional Jurnal

Berikut ketentuan yang harus dimiliki oleh sebuah jurnal internasional yang bisa dijadikan referensi karya ilmiah lain. Tentunya harus disertifikasi dengan memenuhi persyaratan tertentu yang tidak gampang. Jurnal juga harus memiliki terbitan di internet atau secara online agar bisa dibagikan demi penelitian lanjutan yang lebih baik lagi.

1. Karya ilmiah satu ini harus ditulis sesuai dengan kaidah ilmiah serta etika keilmuan yang telah ditetapkan.

2. Memiliki ISSN atau Internasional Standard Serial Number (Nomor seri standar internasional). Nomor ini digunakan untuk identifikasi dan publikasi berkala untuk media cetak dan elektronik seperti jurnal.

3. Menggunakan bahasa resmi PBB yaitu Inggris, Arab, Perancis, Rusia, Spanyol dan Tiongkok.

4. Ada terbitan versi daring atau online.

5. Pengelolaan jurnal dilakukan secara profesional.

6. Editorial board atau dewan editor yang merupakan ahli atau pakar bidang tersebut harus berasal minimal dari 4 negara yang berbeda.

7. Satu terbitan atau issue, jadi artikel ilmiah ini harus ditulis sendiri oleh penulisnya yang berasal dari berbagai negara tersebut.

8. Dalam satu jurnal harus memuat karya ilmiah yang ditulis dari penulis yang berasal dari berbagai negara tersebut, minimal 2 negara saja.

9. Terindeks oleh database kelas internasional yaitu Web of Sience, Microsoft Academic Search, Scopus atau laman yang sesuai dengan pertimbangan Ditjen Dikti.

Syarat Internasional Jurnal Bereputasi

Jurnal satu ini juga memiliki syarat yang sama dengan kriteria internasional jurnal 9 poin di atas. Namun dengan syarat tambahan seperti akan dijelaskan di bawah ini.

1. Terindeks pada Web of Science dan /atau Scopus, selain itu juga memiliki faktor dampak atau impact faktor dari ISI Web of Sience (Thomson Reuters). Atau memiliki impact factor yang berasal dari Scimago Journal Rank (SJR). Jika jurnal sampai tahun 2013 dan nilai faktor dampak di atas 0.100, jika setalah tahun 2013 di nilai dengan yang paling tinggi nilai 40.

Scimago Journal Rank - Jurnal Internasional Seputar Kuliah

2. Jika internasional jurnal tersebut sudah terindeks oleh database kelas internasional yaitu Web of Sience, Microsoft Academic Search dan Scopus. Namun belum memenuhi kriteria pertama maka nilai yang didapatkan paling tinggi adalah nilai 30.

Jurnal Internasional - Web of Science

Struktur Internasional Jurnal

1. Judul internasional jurnal.

2. Nama penulis jurnal.

3. Unit kerja dan alamat lengkap penulis.

4. Abstrak

5. Bab I (Pendahuluan), II (Metode Penelitian), III (Hasil dan Pembahasan) dan IV (Kesimpulan dan Saran).

6. Daftar pustaka.

Cara Membuat Internasional Jurnal

Bagi Anda yang merupakan peneliti atau penulis jurnal baru bisa saja menulis jurnal internasional ini. Agar tulisan bisa bersaing dan lolos seleksi ketat pemilihan internasional jurnal Anda bisa memperhatikan beberapa cara dibawah ini. Siapa tahu jurnal Anda menjadi salah satu internasional jurnal yang terkenal dan banyak yang berlangganan.

1. Tools Modern

Intinya dalam menulis karya ilmiah akademis adalah re-use yaitu Anda harus membangun ide, kata dan bahasa yang sudah pernah ditulis orang lain. Hal ini karena sulit bagi peneliti atau sarjana muda untuk menulis dengan sangat baik tanpa menggunakan literatur yang sudah ada sebelumnya. Untuk mendukung penulisan Anda bisa menggunakan tools Zotero, Mendeley dan EndNote.

Mendeley - Jurnal Internasional Seputar Kuliah

Tools ini bisa menghasilkan referensi secara otomatis dalam pengolahan kata dan juga memungkinkan untuk membangun perpustakaan pribadi. Tentunya yang terkait dengan tulisan ilmiah yang akan dibuat dan catatan agar kutipan jurnal bisa digunakan kembali dengan baik. Anda harus pintar memanfaatkan fungsi tools modern tersebut agar mendapat tulisan yang bagus.

2. Belajar Artikel Penelitian Jurnal Target

Langkah selanjutnya untuk membuat jurnal yang bagus adalah dengan belajar menganalisis bahasa artikel yang diterbitkan di jurnal target Anda. Hal ini sebagai lawan dari konten yang Anda buat. Anda harus memahami konstruksi teks dan tahapan argumen yang dibuat penulis lain. Misal melalui struktur dan format kalimat lain yang nantinya bisa didaur ulang agar digunakan kembali.

Peneliti memang bisa menggunakan jurnal lain sebagai referensi namun tidak boleh menyalin secara langsung karena akan menghasilkan plagiarisme. Anda bisa melihat referensi dan membuat kalimat sendiri yang lebih baru agar tidak terdeteksi plagiat namun tetap mengutip asal referensi. Juga bisa dengan memperhatikan pola makalah sebelumnya untuk diterapkan dalam tulisan ilmiah.

3. Tools Elektronik

Satu lagi yang bisa digunakan untuk membuat tulisan ilmiah yaitu menggunakan tools elektronik untuk meningkatkan pilihan kata dan variasi kalimat. Misalnya mengakses koleksi artikel penelitian elektronik agar membantu memilih kalimat yang tepat. Anda juga bisa melihat artikel ini untuk membuat variasi kalimat agar tersusun dengan baik dan bagus.

Google Scholar adalah salah satu yang bisa digunakan untuk increasing attention, misal Anda mencari Nature. Nantinya akan muncul sekitar 3.160 kalimat yang memiliki salah satu kata Nature tersebut. Anda bisa memilih struktur bahasa dan kalimat yang dianggap sesuai dengan tulisan yang akan dibuat dengan memodifikasikannya.

4. Umpan Balik dari Pembimbing

Mahasiswa yang akan melakukan penelitian akan lebih baik mendapatkan pengawasan dan bimbingan dari ahli. Salah satu yang harus dimiliki adalah guru bahasa agar tata bahasa yang dihasilkan baik dan sesuai kaidah yang ditetapkan. Hal ini karena biasanya sarjana mudah yang potensial kesulitan untuk mengungkapkan idenya dalam bahasa yang baik dan benar.

Anda yang sedang melakukan penelitian dan akan menulis penelitian sebaiknya langsung menemui guru atau pembimbing yang tepat. Pertemuan tatap muka akan lebih efektif agar pembimbing bisa langsung melakukan revisi. Anda bisa menemui guru atau dosen ahli dibandingkan harus membayar jasa pengeditan yang berasal dari korektor anomin.

Keuntungan Memiliki Internasional Jurnal

Baca Juga:

Internasional jurnal juga memiliki manfaat bagi penulisnya selain sebagai referensi ilmiah penulis lain. Bagi Anda peneliti yang berada di Indonesia manfaat memiliki jurnal kelas internasional ini kurang bisa dirasakan. Berbeda dengan diluar negeri yang akan menerima penghargaan finansial jika mencantumkan kampus tempat penelitian dilakukan.

Namun secara umum memiliki internasional jurnal ini bisa sangat menguntungkan penulisnya karena akan menerima royalti yang cukup besar dari penerbitnya. Penerbit ternama ini mendapatkan profit dari kampus yang berlangganan jurnal-jurnal tersebut. Jika Anda mencantumkan nama kampus maka pihak kampus diluar negeri juga akan memberikan bonus cukup besar untuk 1 jurnal saja.

Indonesia sendiri masih kurang mengapresiasi internasional jurnal yang diterbitkan oleh dosen dan peneliti. Namun  Anda tetap bisa berjuang mengikuti seleksi pemilihan internasional jurnal agar memudahkan untuk kenaikan jabatan. Keuntungan lain yang bisa didapatkan peneliti di Indonesia adalah kemudahan mendapatkan hibah /dana penelitian.

Situs Jurnal Internasional Terlengkap

1. E-resources.perpusnas.go.id

e resources perpusnas - Jurnal Internasional Seputar Kuliah

Situs satu ini menyediakan banyak jurnal mulai dari nasional dan internasional yang bisa membantu Anda. Situs Perpustakaan Nasional Indonesia ini menyediakan jurnal yang bisa di download tanpa berbayar atau gratis. Anda hanya perlu melakukan pendaftaran saja terlebih dahulu agar dapat masuk dan menjadi anggota situs tersebut.

2. Googe Scholar

Google Scholar Situs Pencarian Jurnal Internasional

Situs penyedia jurnal satu ini sudah sangat banyak digunakan untuk referensi skripsi mahasiswa. Penyedia jurnal ini adalah situs yang dikembangkan oleh Google untuk mencari jurnal. Cara untuk mendapatkan jurnal juga sangat mudah dengan masuk ke situs tersebut. Lalu Anda tinggal mengetikkan nama jurnal yang akan dicari di kolom pencarian situs.

3. International Journal of Education and Research

International Journal of Education and Research

Situs satu ini juga bisa digunakan untuk mencari internasional jurnal sebagai referensi penulisan ilmiah. Diterbitkan oleh Kontemporer Reseach Center (CRC Publications) situs memuat banyak review jurnal penelitian. Selain itu situs satu ini cukup baik digunakan untuk mencari internasional jurnal yang Anda inginkan karena terakreditasi.

4. Directory of Open Access Journal

DOAJ Jurnal Internasional

Satu lagi situs gratis yang menyediakan banyak jurnal-jurnal terbaik sebagai referensi. Anda cukup masuk ke situs dan menemukan kolom pencarian. Ketikkan jurnal yang diinginkan di kolom pencarian dan akan keluar hasilnya. Jadi Anda bisa mencari dan mendownload banyak jurnal tanpa harus membayar sedikipun karena gratis.

5. ScienceDirect

Jurnal Internasional ScienceDirect

Situs ini menyediakan banyak jurnal dan termasuk yang terlengkap menyediakan banyak jurnal berbagai bidang ilmu. Anda bisa mendapat jurnal gratis dengan mencari pada bagian dengan tulisan open access. Namun perlu diketahui bahwa sebagian jurnal dan buku yang tersedia di situs ini juga harus berbayar agar bisa didownload.

6. Academia

academia journal international

Situs ini juga menyediakan banyak jurnal nasional dan internasional berbagai bidang ilmu pengetahuan. Anda bisa mencari jurnal mulai dari jurnal akuntansi, kimia, biologi, bahasa, matematika dan banyak lagi. Juga jurnal-jurnal internasional yang sangat baik dijadikan sebagai referensi tulisan ilmiah.  Jurnal ini juga tersedia secara gratis di situs Akademia ini.

7. Research Gate

Research Gate

Situs ini sedikit berbeda karena Anda bisa merequest jurnal yang dibutuhkan. Nantinya permintaan ini akan direspon oleh peneliti lain yang memberikan jurnal yang sesuai. Hal ini karena memang situs satu ini adalah komunitas peneliti yang harus mendaftar menggunakan email institusi atau kampus. Anda juga bisa mengupload jurnal tulisan ilmiah yang dimiliki secara gratis.

8. International Journal of Education & the Arts

International Journal of Education & the Arts

Sesuai dengan namanya situs satu ini pastinya memuat banyak internasional jurnal yang bisa di download untuk penelitian. Anda yang membutuhkan internasional jurnal berbagai bidang ilmu bisa membuka situs untuk mencarinya. Situs satu ini sangat direkomendasikan untuk mencari  internasional jurnal karena cukup lengkap.

9. Cambridge Journal

Cambridge Journals

Situs ini berasal dari luar Indonesia atau internasional dan juga menyediakan banyak jurnal.  Internasional jurnal bisa Anda dapatkan dengan mudah di dalam situs tersebut. Cara mendapatkan jurnal juga sangat mudah sama seperti situs lainnya. Anda cukup mengetik jurnal yang diinginkan di mesin pencarian dan hasilnya akan segera muncul dalam hitungan detik.

10. Oxford Journal

Oxford Journal International

Situs ini adalah milik University of Oxford yang merupakan salah satu universitas dunia yang terbaik. Universitas ini membuka akses gratis agar mahasiswa bisa lebih mudah mencari internasional jurnal yang dibutuhkan. Anda juga bisa mendapatkan banyak internasional jurnal kelas dunia secara gratis dan sesuai dengan kebutuhan.

11. Books org

books journal search engine

Bagi Anda yang ingin mencari e-book, situs satu ini adalah salah satu yang direkomendasikan. Karena tidak hanya jurnal namun juga e-book internasional yang disediakan disitus tersebut. Anda bisa mendapat internasional jurnal secara gratis atau tidak berbayar sama sekali. Jurnal yang tersedia juga lumayan lengkap dan juga terdapat artikel-artikel lain di situs ini.

12. FreeFullPdf

Free Full PDF

Jika masih belum menemukan jurnal yang dicari, situs satu ini menyediakan jurnal bahasa Indonesia dan Inggris. Referensi ilmiah bisa didapatkan dari jurnal bahasa Inggris atau internasional jurnal yang tersedia di situs. Anda juga bisa menemukan e-book, skripsi dan tesis disitus satu ini yang mungkin bisa membantu penelitian yang sedang dilakukan.

Bagi Anda yang sedang mengusahakan internasional jurnal bisa menjadi tambahan referensi melalui situs-situs tersebut. Jurnal internasional bisa memakan waktu yang lama untuk bisa tembus seleksi jadi jangan heran jika waktu yang dibutuhkan mencapai bertahun-tahun.

Trik Mudah Mendapatkan Jurnal Internasional

Dengan berkembangnya zaman dan teknologi ternyata semakin memudahkan anda ketika ingin mencari jurnal. Melalui kecanggihan teknologi dan internet anda bisa lebih mudah menemukan jurnal nasional maupun internasional di dunia maya. Untuk jurnal internasional memang sudah diakui secara global sehingga jenis jurnal ini bisa anda jadikan sebagai referensi yang sangat kuat terutama untuk penelitian ilmiah maupun skripsi dan tesis. Namun hingga kini mungkin ada sebagian dari anda yang masih bingung cara mencari jurnal tersebut dengan tepat.

Saat ini di dunia maya terdapat dua jenis jurnal online yaitu jurnal online yang berbayar serta jurnal online yang tidak berbayar atau gratis. Tapi kali ini akan dibahas mengenai trik dapatkan jurnal internet yang bisa anda terapkan nantinya.

1. Cari Layanan Jurnal Partner di Universitas Anda

Biasanya masing-masing universitas mempunyai partner dengan sebuah website jurnal berbayar. Dalam hal ini anda bisa memanfaatkan fasilitas tersebut dengan mendapatkan jurnal online internasional gratis di lingkungan kampus. Bila anda belum tahu cara mengaksesnya maka anda bisa menanyakan pada pihak kampus yang berkaitan dengan masalah jurnal yaitu bagian akademik.

2. Cari Jurnal di IEEE

IEEE Journal

Bila anda mempunyai bduget yang cukup serta kampur tidak memberikan fasilitas jurnal di IEEE maka anda bisa mencoba berlangganan langsung pada website IEEE tersebut. Perlu anda ketahui bahwa IEEE adalah singkatan dari The Institute of Electrical and Electronics Engineers. Dimana IEEE ini adalah website penyedia jurnal yang terbesar. Selain itu jurnal yang masuk ke IEEE adalah jurnal berkualitas sehingga tak heran jika IEEE menjadi favorit bagi para penulis jurnal. Tetapi website ini mengharuskan pemakaian untuk berlangganan dengan biaya yang mahal namun jurnal-jurnalnya dijamin bermanfaat.

3. Cari Jurnal Memakai Mesin Pencari Citeseerx

Citeseerx Journal

Perlu anda ketahui bahwa Citeseerx merupakan mesin pencari khusus untuk pencarian jurnal online. Melalui situs tersebut anda bisa mencari jurnal internasional dengan kata kunci yang anda masukkan. Pemakaian situs ini sangat mudah tapi informasi data di situs ini tidak selalu update seperti IEEE. Dengan layanan gratis dari situs ini maka anda bisa mengunduh filenya sehingga cukup membantu para penulis jurnal.

4. Cari Jurnal di Science Direct

Science Direct merupakan website penyedia jurnal seperti halnya IEEE. Meskipun koleksinya tidak sebanyak IEEE namun Science Direct cukup banyak menyediakan koleksi jurnal. Selain itu situs ini juga menyediakan jurnal gratis dan ada juga yang berbayar. Untuk jurnal berbayar anda bisa membayarnya seperti saat membeli barang online. Selain itu koleksi jurnal situs ini juga cukup up to date.

5. Manfaatkan Google Scholar

Google ternyata mempunyai produk yang bernama Google Scholar yang tak lain adalah mesin pencari khusus artikel, literatur maupun tulisan akademis seperti jurnal. Cara memakainya juga sama seperti pencarian google. Google scholar ini juga sangat disukai oleh para pencari jurnal online.

Search Engine Journal Google Scholar

Demikianlah penjelasan mengenai tips dapatkan jurnal internasional secara online yang bisa menambah wawasan Anda. Tentunya jurnal internasional di atas bisa Anda unduh atau download, cara download jurnal internasional. Dengan menerapkan tips di atas tentu kini anda tak perlu bingung bila harus mencari jurnal. Sebab cukup gunakan gadget dan internet lalu kunjungi situs-situs di atas maka anda bisa dengan mudah mendapatkan jurnal yang anda butuhkan sebagai referensi.

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.

Leave A Reply

Your email address will not be published.