Artikel

Published on November 19th, 2017 | by Saiful Riza

Tips Mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

Seputarkuliah.com – Apakah Kamu ingin mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)? tips ini bisa kamu terapkan. Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada tahun 2001 yang merupakan integrasi dan sekaligus metamorfosis dari berbagai jenis kompetisi mahasiswa bidang penalaran atau karya ilmiah yang ada saat itu. PKM terdiri atas 2 kategori besar yaitu 5 bidang PKM yang berbasis proposal, yaitu PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), dan PKM-Karsa Cipta (PKM-KC). Kategori kedua adalah PKM yang berbasis artikel ilmiah yaitu PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT).

Dengan unsur wirausaha, sosial, teknik, pertanian, jurnalis, dan lain sebagainya, diharapkan mampu diaplikasikan untuk pemecahan masalah yang ada di masyarakat.

Sampai sekarang ini, terdapat puluhan ribu mahasiswa yang mengikuti program PKM tersebut. Sementara itu ada ratusan mahasiswa yang lolos dan di danai oleh dikti.

Berikut kiat khusus agar PKM kamu lolos dan di danai dikti.

Membentuk kelompok dan menentukan jenis PKM

Hal yang bisa kamu lakukan ketika memutuskan untuk mengikuti program kreativitas mahasiswa adalah membentuk kelompok. Kemudian memilih jenis PKM yang sekiranya sesuai dengan kemampuan dan topik yang sudah kelompokmu diskusikan.

Tentukan ide PKM

Carilah ide PKM dari PKM yang sebelumnya sudah lolos PKM kemudian kembangkan. Mengenai ide PKM yang terpenting adalah diterimanya dan dibutuhkannya pelaksanaan ide tersebut oleh masyarakat di waktu yang sama. Sehingga ada manfaat untuk masyarakat dari pelaksanaan tersebut.

Tentukan judul PKM

Judul yang bisa kamu dan teman-teman kelompok mu minimal mengandung keunikan, singkatan unik dan relevansi dengan isi proposal PKM. Misal : Bandeng Presto (Bahan Ajar Dengan Presentasi Video dan Animasi Tutorial. Judul yang unik akan membuat penyeleksi tertarik dan penasaran dengan PKM yang kalian usulkan.

Ikuti rute

Ikutilah rute yang sudah ditetapkan oleh panitia PKM. Kamu bisa membaca buku pedoman PKM yang disediakan oleh dikti. Penuhi seluruh persyaratannya. Karena satu saja tidak terpenuhi maka harapan lolos menjadi berkurang. Misalnya saja surat pernyataan dari dosen pembimbing, surat pernyataan mitra serta aturan-aturan lainnya. Semua aturan harus dipenuhi agar lolos dan di danai dikti.

Menentukan dosen pembimbing yang tepat

Dosen pembimbing penting untuk membenahi hasil kerja rekan-rekan ketika salah. Carilah dosen pembimbing yang sudah berpengalaman, berprestasi dan mudah ketika ingin melakukan komunikasi. Selain itu kamu juga bisa mencari dosen yang sebelumnya telah berpartisipasi dalam kegiatan PKM dan lolos.

Baca Juga : Pilih Akademik atau Organisasi?

Meminta contoh PKM dari teman yang sudah lolos

Mintalah contoh PKM yang lolos dana hibah dikti. Misal meminta ke kenalan dan pelajari lebih dalam poin-poin yang dipaparkan dalam proposal tersebut. Hal tersebut bisa dijadikan referensi untuk rekan-rekan yang akan membuat proposal PKM.

Carilah hal yang bisa memotivasi kamu

Keadaan yang bisa membuat kamu semangat dan berusaha dengan gigih adalah ketika kamu termotivasi. Ada banyak cara agar kamu tetap termotivasi. Misalnya mendengarkan ataupun membaca kisah sukses mahasiswa yang telah lolos PKM dan di danai dikti.

Demikian beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika mengikuti program kreativitas mahasiswa agar hasil yang dicapai memuaskan. Semga bermanfaat

Teruskan informasi ini agar lebih bermanfaat, Bagikan ke media sosial favoritmu di bawah ini:

Tags: , , ,


About the Author



Back to Top ↑

error: Content is protected !!