Tips Sukses saat KKN atau Kuliah Kerja Nyata

Kuliah Kerja Nyata merupakan suatu syarat yang diberikan oleh perguruan tinggi sebelum mahasiswa lulus. KKN mengharuskan para mahasiswa melalui proses untuk pengabdian kepada masyarakat di suatu daerah terpencil maupun daerah tertinggal. Dengan hal tersebut mahasiswa akan mengenal secara langsung dan ikut dalam interaksi sosial dengan lingkungan masyarakat itu sendiri. Serta beradaptasi dengan lingkungan tersebut.

Ketika KKN, mahasiswa akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok terdiri dari program studi yang berbeda. Hal tersebut bertujuan agar di dalam kelompok tersebut saling melengkapi dan saling membantu dalam menangani berbagai masalah yang ada di masyarakat.

Berbicara mengenai KKN, tentu berkaitan dengan program yang akan dilakukan di daerah tersebut dalam rangka mengembangkan potensi daerah serta menghadirkan inovasi-inovasi pada masyarakat. Namun hal yang sangat disayangkan dan kadang terjadi yaitu masyarakat salah mengartikan kedatangan mahasiswa KKN, yaitu meminta sesuatu yang memberatkan mahasiswa dengan keuangan mahasiswa yang terbatas. Maka dari itu tips ini bisa kamu lakukan agar sukses dan dihargai oleh masyarakat ketika KKN

Dekati tokoh-tokoh di daerah tersebut

Tokoh masyarakat memiliki peran sebagai orang yang berpengaruh di daerah tersebut. Maka dari itu hal pertama yang kalian lakukan adalah mendekati tokoh masyarakat tersebut. Kalian bisa berkunjung ke rumahnya, mengobrol serta meminta untuk berpartisipasi dalam sebuah kegiatan. Kalau sudah terjalin keakraban, otomatis kamu akan mudah untuk merangkul masyarakat sekitar untuk berpartisipasi pada program yang kalian jalankan.

Sering-seringlah ‘blusukan’ di daerah tersebut

Kalian bisa jalan-jalan keliling desa sambil bertegur sapa dengan warga sekitar. Kalian bisa melihat aktivitas sehari-hari warga desa di daerah tersebut. Dengan cara ini kamu akan mudah dikenal warga sekitar, sehingga ketika kalian melaksanakan program, akan banyak masyarakat yang berpartisipasi.

Mengajak warga mengembangkan industri dari bahan yang melimpah di daerah tersebut.

Kekayaan hasil bumi di suatu daerah merupakan potensi industri jika dikelola dengan baik. Maka dari itu peran mahasiswa untuk berinisiatif mengembangkan hasil bumi tersebut menjadi barang jadi yang mempunyai nilai ekonomis yang lebih tinggi.

Misalnya mengolah singkong menjadi keripik, jagung menjadi kerupuk, dan lain sebagainya.

Karenanya, kamu perlu melakukan praktik secara langsung di hadapan warga tentang cara membuatnya. Kemudian warga juga diminta ikut serta, sampai warga benar-benar paham bagaimana proses pembuatannya. Dengan kegiatan tersebut masyarakat sekitar akan merasakan kemanfaatan program kalian.

Baca Juga : Tips Sukses tugas kelompok presentasi di Kelas

Buatlah sebuah pelatihan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat

Sasaran kegiatan ini adalah masyarakat memiliki keterampilan untuk mengolah barang kerajinan. Contohnya pelatihan untuk membuat bunga dari plastik bekas, menyusun manik-manik menjadi aksesoris dan lain sebagainya. Berikan pelatihan secara rutin dan bertahap sampai mereka siap untuk melakukannya sendiri. Sehingga ketika kalian sudah tidak melakukan pengabdian di daerah tersebut, mereka tetap bisa melakukannya.

Berpartisipasi dalam acara rutin masyarakat sekitar

Tiap daerah memiliki acara rutin semisal pengajian, perkumpulan remaja, karang taruna desa dan lain sebagainya. Ketika kalian diundang dalam acara tersebut, ikutilah. Dengan begitu akan terjalin hubungan yang baik dengan komunitas dalam kegiatan tersebut, sehingga ketika kalian meminta bantuan untuk persiapan program kegiatan mereka akan dengan senang hati membantu.

Tetap Berperilaku Sopan dan Rendah Hadi di Masyarakat

Jangan menjadi pribadi yang sok pintar di masyarakat. Hendaklah saling bertegur sapa ketika bertemu warga. Kalian harus mampu beradaptasi dengan baik dengan kultur masyarakat di daerah tersebut. Berperilakulah sebagai mana mestinya mengikuti norma sosial yang berlaku di masyarakat. Perlu diingat bahwa kamu membawa nama almamatermu. jangan membuat nama almamater tercemar akibat perilaku yang kurang pantas.

Semoga tips diatas bisa membantu kalian yang akan melakukan kegiatan KKN.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *