Tips Mempersiapkan Akomodasi Bagi Kamu Yang Ingin Melanjutkan Studi Ke Jepang

Akomodasi merupakan hal penting yang mesti dipersiapkan dengan matang jika ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Tak terkecuali di Jepang. Mempersiapkan akomodasi studi dengan benar juga akan memperlancar aktivitasmu selama berkuliah di luar negeri. Berikut beberapa tips menentukan akomodasi untuk kalian yang ingin berkuliah di Jepang.

  1. Cari Informasi Secara Jeli

Informasi tentang akomodasi harus kamu perhatikan baik-baik. Jadi kalian kalau memilih akomodasi di luar negeri salah satunya negara Jepang itu harus sangat  teliti dalam mencari informasi dari berbagai sumber yang benar dan pasti. Adapun beberapa rekomendasi tempat kalian untuk mencari informasi tentang tepat tinggal, antara lain adalah dengan mendatangi bagian Mahasiswa Internasional yang ada di kampus atau universitasmu, mendatangi atau mengkontak agen real estate di daerah yang akan ditinggali, atraupun meminta rekomendasi teman-teman Indonesia yang lain yang sudah lebih dulu tinggal di Jepang.

  1. Pilih Lokasi yang Strategis

Negara Jepang itu padat penduduknya yang dimana penduduknya memiliki produktivitas yang sangat tinggi. Budaya di kota ini adalah budaya kerja yang total, tepat waktu, hingga mengerjakan segala hal dalam waktu yang cepat. Ya, kecepatan dan ketepatan menjadi hal yang sangat diperhitungkan dalam memilih akomodasi bagi kalian yang ingin melanjutkan studi ke jepang. Untuk menghindari ketidaktepatan waktu dalam keperluan apapun, ada baiknya kalian bisa menghargai waktu dengan memilih lokasi tempat tinggal yang strategis. Usahakan, kalian bisa mendapatkan akses yang mudah kemanapun dari tempat tinggalmu. Selain hemat, hal ini juga bisa mendukung kalian untuk bisa melakukan segalanya dengan praktis dan tepat waktu dalam segala hal.

  1. Perhatikan Perjanjian Sewa

Tips memilih akomodasi bagi kalian yang ingin melanjutkan studi ke jepang selanjutnya yaitu ketika kalian ingin menyewa apartemen, rumah, home stay pasti kalian akan melakukan perjanjian sewa terlebih dahulu dengan si pemilik rumah tersebut. Tapi sebelum itu, pastikan kalian benar-benar memperhatikan apa saja yang dibutuhkan untuk perjanjian sewa tersebut, seperti jumlah uang serta dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Jangan sampai, ketika sudah mencapai kesepakatan, kalian justru tidak memiliki budget yang sesuai atau dokumennya tidak lengkap. Setidaknya, kalian harus perhatikan dahulu syarat-syarat penyewaan rumah yang ditentukan oleh pihak pemilik atau pengembang, barulah kalian bisa menyesuaikannya dengan apa yang kalian miliki atau punya untuk memenuhi syarat-syarat tersebut. Biasanya, pembayaran yang dilakukan tidak sebatas hanya biaya sewa saja, melainkan ada juga uang deposit, uang kunci, komisi untuk peranata dan lain-lain. Jumlah biaya yang dibayarkan pun berbeda-beda setiap wilayahnya. Dan yang paling penting adalah menbayar uang muka sewa.

  1. Kamar Kosongan? Beli Perabotan Bekas pun tak apa!

Biasanya kamar ataupun rumah yang disewakan di Jepang itu kosongan, lho alias tidak ada barang apapun. Jadi bagi kalian yang ingin menyewa akomodasi di jepang jangan kaget karena jarang sekali yang sekaligus menyediakan berbagai fasilitas dan perabotan lengkap di dalamnya. Nah, untuk mengantisipasi hal ini, tak ada salahnya kalau kamu hunting barangbarang bekas, baik itu perabotan atau bahkan elektronik, ke pasar-pasar yang ada di Jepang. Eits, tak perlu malu atau gengsi. Karena belanja atau membeli barang bekas dengan kondisi yang masih bagus ini sudah lumrah atau biasa di negara Jepang. Bahkan, tidak memandang kelas sosial tertentu yang berbelanja disini.

  1. Tentukan atau siapkan anggaran kalian

Nah tips memilih akomodasi bagi kamu yang ingin melanjutkan studi ke jepang yang terakhir adalah kalian harus menentukan atau menyiapkan anggaran atau budget kalian nih. Akomodasi di Jepang bervarisai harganya. Sebaiknya menentukan berapa porsi anggaran yang disediakan untuk akomodasi supaya bisa menemukan akomodasi yang cocok dan sesuai dengan anggaran atau budget kalian pastinya.

Tinggalkan komentar