Ingat Hal-hal Penting Berikut Ketika Memilih Program Studi Kuliah

Banyak yang bilang, tahap tergalau ketika akan terjun dalam dunia perkuliahan adalah memilih program studi. Program studi yang dipilih tentunya akan menjadi ‘sahabat’ kita selama beberapa tahun ke depan sampai masa studi berakhir. Tentunya, supaya kalian selalu menemukan kenyamanan pada perkuliahan, kalian harus memilih program studi yang tepat untuk diri kalian, lho! Baik yang kalian ukur dari minat dan kemampuan, intinya program studi tersebut benar-benar kalian pilih dari hati. Nah, pada ulasan kali ini Seputarkuliah.com akan menjelaskan tentang kiat-kita memilih program studi ketika kalian akan berkuliah.

  1. Komunikasi Dengan Diri Sendiri

Langkah awal yang bisa di lakukan sangatlah sederhana. Berkomunikasilah dengan diri sendiri, untuk mencari tahu bagaimana kemauan dari diri dan hatimu untuk memilih jurusan kuliah. Pada momen ini, kalian juga bisa membuat janji serta komitmen dari diri kalian sendiri untuk melaksanakan kuliah sebaik-baiknya. Dengan melakukan komunikasi pada diri sendiri, setidaknya kamu akan belajar memahami emosi dan kemauan diri kamu. Maka kalian bisa mengetahui tentang dimana keinginan kalian, dimana bakat kalian, serta dimana minat yang kalian miliki. Berbekal pemahaman ini, pengambilan keputusan akhir nantinya tentu akan lebih matang dan tidak gegabah dalam menentukan jurusan.

  1. Ukur Kemampuan Diri Kalian

Yup, pada langkah ini, kalian perlu mengukur kemampuan diri kalian dengan mengumpulkan banyak hal yang mendukung kalian di program studi tersebut. Misalnya, ketika kalian ingin mengambil/memilih program studi atau jurusan kedokteran, maka kalian harus mengukur kemampuan diri kalian, apakah nilai biologi sudah bagus, apakah kalian yakin akan kuat mengikuti kurikulumnya, bisa berkomitmen untuk kuliah lebih lama dibandingkan gelar sarjana pada umumnya, dan lain sebagainya.

  1. Buat Skala Prioritas

Dalam memilih program studi, tentu kalian akan dihadapkan pada apa yang kalian minati, dan apa yang kalian inginkan. Jika keduanya sama, maka artinya kalian telah menemukan jurusan yang tepat untuk kalian pilih. Namun, jika berbeda, kalian perlu menyusun skala prioritas jurusan mana yang harus kalian dahulukan untuk diajukan pendaftarannya. Sementara, jurusan yang lainnya bisa dijadikan cadangan ataupun alternatif yang lain. Dengan membuat skala prioritas setidaknya kalian dapat mencari informasi secara pasti dan jelas untuk kemudian disimpulkan keputusannya.

  1. Cari Informasi sebanyak-banyaknya

Cari informasi tentang beberapa program studi yang di inginkan melalui website resmi universitas-universitas yang ingin kalian tuju atau universitas-universitas favorit kalian. Kalau sudah mengetahui jurusan apa yang akan kalian ambil, kalian bisa memilih universitas mana yang paling lengkap serta paling tinggi kapabilitasnya dalam menyelenggarakan program studi yang kalian pilih. Selain itu, kalian juga bisa mencari informasi melalui teman-teman kalian yang sebelumnya sudah berkuliah di universitas tersebut. Kalian juga bisa meminta rekomendasi dari dosen atau guru untuk mengarahkan minat dan bakatmu secara pasti dalam memilih program studi. Eits, jangan lupa juga meminta pendapat dari kedua orang tuamu sebagai bahan pertimbangan yang lebih matang.

  1. Sekali Lagi, Tentukan Cita-citamu dan Mantapkan Niat

Yap, karena memilih program studi erat kaitannya dengan masa depan, dalam arti profesi apa yang akan kalian jalani setelah lulus nanti, maka kalian harus benar-benar mengetahui kemana arahnya cita-citamu akan melangkah. Untuk itu, perlu berulang kali untuk meyakini tentang jurusan yang akan kalian ambil selama berkuliah nanti.

Tinggalkan komentar