Social Science Journey: Proud to be a Part of What You Love

Sebuah kehidupan yang tak diamati dan direnungkan tidaklah berharga bagi seorang manusia- Sokrates. Demikian halnya seseorang yang sedang memutar kembali kenangan-kenangan masa lalu, aku merenung dan membayangkan peristiwa-peristiwa masa lalu yang begitu berharga. Kenapa peristiwa itu berharga? Pasti dari kata berharga itu ada alasan tertentu untuk menyebutnya berharga dan dapat merubah serta menjadikan hidup ini terasa indah.

            Ilmu sosial (bahasa Inggris: social science) atau ilmu pengetahuan sosial (Inggris:social studies) sekelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya. Hal ini lah yang membuatku merasa punya kebanggaan tersendiri bisa sedikit menguasainya. Banyak cerita dan pengalaman tak ternilai yang dapat aku petik saat berusaha terus mengasah kemampuan, mempelajari, dan memahami ilmu sosial ini. Tentunya bukan suatu yang main-main. Setiap hal yang ditekuni dengan sungguh-sungguh pasti akan membawa keberkahan untuk hidup ini, Manjadda Wajadda “ Siapa yang Bersungguh-bersungguh pasti akan berhasil. Dan menurutku ini adalah kenyataan.

            Mulai dari sekolah dasar kita diperkenalkan dengan pelajaran ilmu sosial atau orang umum sering menyebutnya IPS. Pelajaran yang diajarkan juga masih dasar dan bersifat umum maksudnya materi-materi yang disampaikan masih belum mendetail seperti jenjang diatasnya. Dari sinilah aku mengenal ilmu sosial dan perlahan mulai menyukainya. Dengan pengalaman yang bisa dibilang cukup menyedihkan dari sini aku belajar bahwa mencintai juga bisa diawali dari mengenal rasa sakit. Karena sering dibully waktu SD aku semakin dekat dengan IPS dan selalu senang membaca sejarah-sejarah kerajaan hingga hafal setiap alur peristiwanya. Dan perkataan Bang Rhoma sekarang terbukti benar. Tak lama setelah itu aku terpilih menjadi perwakilan sekolah olimpiade setingkat kecamatan dan bisa dibilang inilah batu loncatan untuk keikutsertaanku dalam olimpiade-olimpiade berikutnya.

            Waktu terus berjalan cepat dan manusia tak pernah menyadarinya. Sebutan mahasiswa sudah didapatkan dan perjuangan akan semakin lebih keras. Inilah dunia perkuliahan yang akan menentukan masa depan kita. Universitas Negeri Malang adalah salah satu perguruan tinggi yang ada di kota Malang. Biasanya sering disebut dengan UM. Universitas ini dahulunya adalah IKIP Malang yang berganti namanya menjadi Universitas Negeri Malang.

Baca Juga:

            Hari ini adalah hari pertama PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru) UM 2016. Dalam acara ini banyak sekali informasi-informasi penting yang bisa didapat dari pemateri-pemateri berkualitas. Selain itu kita juga diperkenalkan dengan organisasi pemerintahan universitas seperti DPM dan BEM UM. Yang lebih menyenangkan adalah saat materi pembinaan karakter oleh Mami Umi, kami disuruh ber yel-yel membuat jargon dengan fakultas masing-masing, membuat semangat untuk segera menjadi bagian dari keluarga besar FIS UM semakin menggebu. “FIS………!!!!! SAE…SAE….SAE (3x) FIS………!!!! Viva Sosiale…..!!!” begitu jargon yang kita serukan di tengah megahnya Graha Cakrawala. Perasaan bangga dan bersyukur seperti beradu satu dalam hati dan perjuangan PKKMB masih belum berakhir. Pasti akan ada keseruan-keseruan yang patut ditunggu-tunggu.

            Bicara tentang Fakultas ilmu Sosial UM tahun ini, punya banyak hal seru yang bisa digali. Yap….jika dilihat saja gedung Fakultas Ilmu Sosial tampak baru dan megah berdiri. Siapa coba maba FIS yang tidak bangga?. Selain itu warna bendera Fakultas yang berwarna Ungu itu adalah salah satu warna favoritku.  Fakultas yang berdiri tanggal 17 Agustus 2009 ini memiliki 4 jurusan yaitu jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Geografi, Sosiologi, Sejarah, dan satu lagi yang baru adalah Prodi PIPS. Dan dari empat jurusan tersebut aku termasuk dalam jurusan Geografi prodi pendidikan geografi.

            Ada beberapa alasan kenapa aku ingin mengambil jurusan ini. Pertama, memang mulai dari SMA bahkan kalau boleh dibilang mulai SD yang pernah sekilas aku ceritakan di bait-bait atas sudah senang bahkan mulai mencintai apa itu IPS dan dari situlah muncul cabang ilmu geografi yang menurutku seru untuk dipelajari. Kedua, karena memang referensi untuk kuliah yang terfokus dalam hal pendidikan di Jawa Timur, UM bisa dikatakan yang terbaik. Dan menjadi guru memang menjadi profesi yang ingin sekali bisa aku jalani karena berbagi ilmu dengan anak-anak itu sangat menyenangkan. Ketiga, karena Banyak Alumni UM terutama dari Fakultas Ilmu Sosial jurusan geografi yang memberi inspirasi dan saran untuk mengambil jurusan geografi di UM, karena menurut mereka sudah terakreditasi dan berkualitas. Keempat dan terakhir, karena seringnya mengikuti lomba-lomba atau olimpiade yang diadakan jurusan-jurusan di Fakultas Ilmu Sosial dan pernah satu kali meraih juara dalam lomba ODISEA membuatku semangat untuk bisa mengetahui lebih dalam bagaimana serunya menjadi panitia-panitia lomba seperti itu.

            Suasana dan tempat yang baru semoga bisa terus membuatku nyaman dan semangat untuk menimba ilmu serta mewujudkan cita-cita di masa depan. Dan Fakultas Ilmu Sosial jurusan Geografi prodi Pendidikan Geografi semoga bisa menjadi pengahantar dalam menggapai mimpi-mimpi ini.

 

Penulis Artikel : Desy Suryani

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.

Leave A Reply

Your email address will not be published.