Seperti Inilah Keuntungan Masuk Kuliah di Jurusan Pendidikan

Beberapa anak muda zaman sekarang terkadang enggan untuk masuk ke jurusan pendidikan saat kuliah. Karena mereka merasa bahwa peluang kerjanya sangat sempit. Mereka mengira bila setiap lulusannya nanti hanya bisa menjadi seorang guru saja. Padahal, sebenarnya tidak seperti itu. Bahkan ada banyak kesempatan emas dan peluang kerja lainnya untuk Anda yang lulus dari jurusan pendidikan ini.

Dari sinilah terkadang membuat beberapa orang menjadi penasaran, apakah masih ada anak muda yang mau menjadi seorang guru? Saat mendapatkan pertanyaan seperti ini, beberapa calon mahasiswa kerap memberikan respon yang bermacam-macam. Ada yang mengira bahwa kegiatan mengajar anak-anak di sekolah itu adalah hal yang ribet. Selain itu, soal gaji juga terbilang kecil.

Jadi, apa sih keuntungan masuk di jurusan pendidikan perkuliahan ini? Meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa menjadi seorang guru di Indonesia itu gajinya memang tidak sebesar yang dipikirkannya. Namun, jika mau bersabar, lama-lama gajinya bisa naik karena bisa diangkat menjadi PNS. Bahkan, saat menjadi PNS inilah gaji yang diterima bisa sangat besar. Maka dari itulah, kali ini akan dikupas tentang mata kuliah jurusan pendidikan dan keuntungannya di bawah ini:

Mata Kuliah Jurusan Pendidikan

Contoh mata kuliah yang selalu ada di dalam jurusan keguruan ini adalah penilaian pembelajaran, psikologi pendidikan, dan metode pengajaran di dalam kelas. Sedangkan untuk mata kuliah pilihannya ada banyak, tergantung dari peminatnya. Misalnya saja untuk jurusan pendidikan Bahasa Inggris. Maka, mata kuliah pilihannya bisa berupa Public Speaking 1, Academic Writing 1, Comprehension, Error Analysis, dll.

Jadi, untuk mata kuliah pilihannya ini tergantung dari pilihannya sendiri. Misalnya saja, bila Anda berminat dengan jurusan pendidikan bahasa Inggris, maka ketika kuliah, Anda bisa memilih cara belajar bahasa Inggris yang sesuai dengan standardnya. Kemudian, belajar tentang cara memanage kelas dan caranya berinteraksi dengan murid yang mudah. Yang pasti, ada banyak ilmu seru dan menantang dalam jurusan ini.

Keuntungan menjadi Guru untuk Lulusan Jurusan Pendidikan

Ada banyak keuntungan saat menjadi seoarng guru dari lulusan jurusan pendidikan perkuliahan. Salah satunya adalah Anda bisa memiliki jam kerja yang lebih fleksible. Jadi, bila Anda menginginkan pekerjaan yang jam kerjanya fleksible, maka guru bisa menjadi profesi yang tepat untuk Anda! Selain jam kerjanya tidak sampai seharian, Anda juga tidak akan terikat dengan sekolah. Sehingga, Anda masih bisa mencari peluang usaha lainnya, seperti menjadi tutor atau mengajar private.

Selain itu, dari segi gajinya juga cukup memadahi. Jadi, jika Anda berpikir bahwa gaji guru itu selalu rendah, maka Anda salah besar! Karena gaji guru itu tergantung dari tempat Anda bekerja dan kualifikasinya sendiri. Tak hanya itu saja, keuntungan menjadi guru adalah bisa mendapatkan fringe benefits dari murid dan sekolah. Karena guru umumnya kerap mendapatkan hal-hal yang seru di sekolah. Misalnya saja bisa mengikuti karya wisata dengan murid.

Disamping beberapa hal tersebut, umumnya lulusan jurusan pendidikan dalam perkuliahan yang menjadi seorang guru ini biasanya sering terbawa gaul. Karena mereka selalu mendapatkan informasi yang up to date dari anak muda yang diajarkan, sehingga guru menjadi tidak kuper dan gaya bicaranya seperti anka muda. Selain itu, menjadi guru juga bisa berpeluang besar menjadikan Anda seorang relawan untuk yang membutuhkan. Sehingga, ini bisa membantu pendidikan bangsa.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *