Informasi

Published on October 10th, 2018 | by Saiful Riza

0

Prospek Kerja Jurusan Teknik Sipil

Kali ini seputarkuliah.com akan membahas mengenai prospek kerja jurusan teknik sipil. Sejalan dengan berbagai pembangunan infrastuktur di Indonesia, lulusan teknik sipil memiliki peluang yang besar untuk bergabung pada berbagai proyek tersebut. Namun tidak hanya sebatas itu, berikut ini gambaran beberapa prospek kerja jurusan teknik sipil.

Manajer konstruksi

Sebagai seorang manajer konstruksi, Kamu akan bertanggung jawab mengenai perencanaan proyek, manajemen biaya, waktu, administrasi kontrak, termasuk juga manajemen keselamatan dan praktik profesional.

Surveyor proyek

Kegiatan surveyor proyek meliputi pengumpulan data di lapangan dengan menggunakan metode riset, menganalisa dan mengambil keputusan. Surveyor dituntut untuk mampu untuk menyampaikan hasil kerjanya dalam bentuk data kerja, baik secara tertulis maupun digital. Tugas seorang surveyor antara lain menetapkan batas-batas area proyek, menentukan elevasi kedalaman galian pondasi, marking, dll

Drafter kontraktor

Tugasnya antara lain membuat gambar pelaksanaan/gambar shop drawing, menyesuaikan gambar perencana dengan kondisi real di lapangan, Menjelaskan kepada pelaksana lapangan/surveyor, dan membuat gambar akhir pekerjaan.

Drafter konsultan

Seorang drafter konsultan dituntut untuk memiliki kompetensi membuat gambar sketsa bangunan, membuat gambar autocad, mengoperasikan software arsitektur sebagai pendukung, dan lain sebagainya.

Manajer proyek

Sebagai seorang manajer proyek kamu bertindak sebagai pimpinan dalam suatu proyek dan bertanggung jawab untuk memastikan tim mampu menyelesaikan proyek tersebut.

Konsultasn perencana struktur

Secara umum tugasnya adalah merencanakan dan merancang struktur yang sesuai dengan keinginan pemilik proyek melalui kontraktor utama, baik itu struktur atas maupun bawah. Selain itu juga membuat perhitungan seluruh proyek dengan teknis yang telah ditetapkan sebelumnya, membuat rancangan detail, dan memberikan penjelasan atas permasalahan yang muncul selama kegiatan konstruksi.

Kontraktor konstruksi bangunan

Lulusan teknik sipil bisa bergabung di perusahaan konstruksi dengan pilihan posisi atau jabatan tertentu.

Quality controll proyek bangunan

Tugasnya antara lain membuat permintaan pemeriksaan barang untuk intern kontraktor, melakukan pengecekan terhadap material yang didatangkan, melakukan pengecekan pada pelaksanaan pekerjaan di lapangan sesuai dengan gambar pelaksanaan dan lain sebagainya.

Pelaksana proyek

Merupakan bagian dari kontraktor yang bertugas dan bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tenik di lapangan. Hak dan kewajibannya antara lain melaksanakan pekerjaan sesuai program kerja, melakukan pemeriksaan dan pengukuran hasl kerja lapangan, mengontrol setiap kebutuhan proyek dll.

BUMN

Lulusan teknik sipil bisa bekerja perusahaan BUMN di bidang konstruksi diantaranya PT Waskita Karya, Adhi Karya dal lain-lain.

Pegawai Negeri Sipil

Kamu bisa bekerja di kementerian Pekerjaan Umum, Badan Perecanaan Nasional, Badan Perencanaan Daerah, dan pada berbagi dinas-dinas tata kota & pertamanan.

Demikian beberapa bidang pekerjaan untuk jurusan teknik sipil, semoga bermanfaat

Tags:


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

error: Content is protected !!