Informasi

Published on October 11th, 2018 | by Saiful Riza

0

Prospek Kerja Jurusan Biologi

Peluang kerja Jurusan biologi tidak hanya dalam ruang lingkup laboratorium saja, terdapat banyak bidang pekerjaan yang menjanjikan yang bisa diambil oleh lulusan biologi. Kali ini seputarkuliah.com akan mengulas mengenai prospek kerja jurusan biologi

Ilmuwan

Lulusan biologi bisa bekerja sebagai seorang ilmuwan, baik itu di perusahaan, maupun sebagai ilmuwan medis. Bidang pekerjaan untuk ilmuan dalam ruang lingkup perusahaan bisa dikategorikan menjadi dua, yaitu:

  • Laboratorium yang juga bisa disebut analis laboratoruim tugasnya antara lain (menganalisis mikroba pada makanan, uji produk, uji kandungan bahan pangan, dll).
  • Lapangan yang tugasnya antara lain (melakukan perencanaan AMDAL, analisis kondisi lingkungan, dll).

Sedangkan ilmuwan medis berfokus pada analisis kesehatan terhadap manusia mulai dari level molekuler, patologi, maupun fisiologi.

Dunia ilmuwan sangatlah luas mulai dari bidang biologi sintesis, bioteknologi, taksonomi, rekayasa genetika dan lain sebagainya. Sebagai Ilmuwan kamu bisa bekerja di berbagai institusi baik itu dalam negeri (LIPI, Lembaga nasional dan swasta lainnya) maupun institusi luar negeri.

Teknisi Laboratorium

Pekerjaan ini berkaitan dengan mempersiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan di laboratorium. Tugasnya antara lain menyiapkan alat dan bahan yang berhubungan dengan pekerjaan di laboratorium serta mengecek secara berkala peralatan laboratorium.

Konsultan

Bidang pekerjaan yang bersifat freelance ini contohnya adalah sebagai konsultan konservasi dan lingkungan,maupun konsultan perusahaan yang berhubungan dengan research and development, konsultan rancangan penelitian, dan lain sebagainya.

Dosen dan tenaga pengajar

Lulusan biologi bisa berkarier sebagai dosen, namun perlu diingat persyaratan untuk menjadi dosen merupakan minimal lulusan S2.

Selain dosen, lulusan biologi juga bisa menjadi pengajar di tempat bimbingan belajar atau les. Cukup banyak yang menjadikan profesi mengajar di tempat bimbel sebagai pekerjaan sambilan.

Pegawai Negeri Sipil

Beberapa kementerian seperti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Kesehatan, serta instansi-instansi di tingkat daerah bisa dijadikan alternatif pilihan berkarier untuk lulusan biologi.

Wirausaha

Dengan latar belakang ilmu biologi, kamu bisa mengembangkan produk yang unik dan memliki nilai jual. Sehingga tidak hanya mendapatkan keuntungan dari bisnis, namun juga bisa memberdayakan masyarakat sekitar sebagai karyawan.

Demikian ulasan mengenai prospek kerja jurusan biologi, semoga bermanfaat!

Tags:


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

error: Content is protected !!