Perbedaan TOEFL, IELTS, TOEIC dan Kegunaannya

Sertifikasi kemampuan berbahasa Inggris saat ini sangat dibutuhkan, baik dalam dunia pendidikan dan dunia pekerjaan. Misalnya dibutuhkan saat ingin lulus dari kuliah, ingin kuliah di luar negeri, ingin mendapatkan beasiswa, dan ingin melamar pekerjaan.

Dari semua hal-hal di atas pasti membutuhkan sertifikasi kemampuan berbahasa Inggris, seperti sertifikat TOEFL.

Akan tetapi, tahukah bahwa sertifikasi kemampuan berbahasa Inggris, bukan hanya sertifikat TOEFL. Biasanya orang-orang hanya tahu bahwa untuk mengetahui kemampuan berbahasa Inggrisnya ya, ikut tes TOEFL.

Dalam sertifikasi bahasa Inggris setidaknya terdapat tiga jenis sertifikat, yaitu:

  • TOEFL
  • IELTS
  • TOEIC

Lalu apa perbedaan dari masing-masing sertifikat ini, lalu apa kegunaannya?

Berikut ini adalah penjelasannya:

TOEFL

TOEFL atau Test of English as a Foreign Language adalah sebuah program tes bahasa Inggris untuk mengukur kemampuan seseorang dalam bahasa Inggris.

TOEFL memberikan tiga materi tes, yaitu:

  • Listening
  • Reading, dan
  • Structur

TOEFL Test yang dikeluarkan oleh ETS, ada tiga (bentuk), yaitu:

  1. PBT (Paper Based Test) TOEFL
  2. CBT (Computer Based Test) TOEFL
  3. IBT (Internet Based Test) TOEFL

Yang paling sering digunakan adalah Paper Based Test (PBT). Range skor TOEFL ini adalah berkisar dari 310-677.

Untuk bisa mengajukan beasiswa kuliah di laur negeri, nilai TOEFL Anda minimal harus 550, jika di bawahnya maka tidak bisa untuk Anda gunakan.

IELTS

IELTS atau International English Language Testing System, hampir sama dengan TOEFL, yaitu sebuah program tes untuk menguji kemahiran kita dalam bahasa Inggris.

Tes IELTS terbagi menjadi empat bagian materi, yaitu:

  • Listerning (3o menit)
  • Reading (1 jam)
  • Writing (1 jam)
  • Speaking (12-15 menit)

Secara keseluruhan, untuk mengikuti tes IELTS membutuhkan waktu sekitar tiga jam.

IELTS biasanya digunakan untuk mengurus visa luar negeri, study, pindah kewarganegaraan, dbs. Nilai IELTS dihitung mulai 1-9. Jika digunakan untuk keperluan belajar, maka nilai IELTS yang dibutuhkan adalah 5.5 ke atas.

TOEIC

TOEIC adalah singkatan dari Test of English for International Communication. TOEIC lebih spesifik untuk orientasi pekerjaan, jadi jika Anda ingin bekerja di luar negeri, maka Anda harus memiliki sertifikat TOEIC.

Range nilai TOEIC dihitung mulai 10 sampai 990. Untuk memuluskan rencana Anda bekerja di luar negeri, usahakan nilai TOEIC Anda tidak kurang dari 450.

Sekarang sudah tahu perbedaan dari TOEFL, IELTS, dan TOEIC kan? Terserah kepada Anda mau pilih jenis sertifikat yang mana. Akan tetapi, hal yang paling penting, sertifikaasi ini pasti selalu dibutuhkan, bukan hanya untuk kuliah atau bekerja di luar negeri, di dalam negeri pun sebagian instansi mewajibkan pegawainya untuk memiliki sertifikat ini.

Nah, buat kamu sobat mahasiswa, mumpung masih kuliah, silahkan belajar lagi untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris karena ini merupakan modal utama juga dalam dunia pekerjaan nantinya.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *