Cara Meningkatkan Pendidikan yang Berkualitas

Bangsa besar pasti memiliki kemampuan hebat dan harus diimbangi dengan pendidikan yang berkualitas pula. Hal tersebut merupakan pondasi dari sebuah pembangunan karakter serta intelektual masyarakatnya. Selanjutnya, diharapkan akan tercipta kemajuan bersama.

Bagaimana Upaya Menyiapkan Pendidikan yang Berkualitas?

Dalam menaikkan kualitas sebuah pendidikan, diperlukan adanya pengelolaan kemampuan belajar. Selebihnya, pemanfaatan lingkungan, keberadaan sarana dan prasarana mumpuni dan terdapat evaluasi. Selain itu, monitoring juga menciptakan hubungan baik antara sekolah dengan masyarakat.

Dalam era global ini, fungsi pembelajaran lebih penting dalam menigkatkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dibandingkan dengan hasil pibadi. Untuk itu, dibutuhkan suasana kegiatan belajar mengajar yang professional dalam bidangnya.

Peningkatan dan pengembangan kemampuan profesional meliputi berbagai aspek antara lain, menggunakan metode dalam proses belajar mengajar secara tepat, melaksanakan penilaian proses dan hasil, memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar, disiplin serta komitmen terhadap tugas.

Apa Saja Usaha Meningkatkan Kemampuan Belajar?

Dalam rangka mencapai pendidikan yang berkualitas, harus ada setiap hal untuk ditingkatkan dan membutuhkan usaha masing-masing. Lantas, apa sajakah itu? Mari simak penjelasan berikut ini:

1. Mengimplementasikan Kurikulum dengan Baik

kurikulum adalah bentuk dasar serta susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh para siswa dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatanya dituangkan dalam setiap kompetensi tertentu. Oleh karena itu, menerapkan hal ini dengan baik merupakan pondasi untuk meningkatkan kualitas belajar.

2. Menggunakan Metode Belajar yang Pas

Metode pembelajaran merupakan bagian dari strategi instruksional. Itu berfungsi sebagai cara untuk  menyajikan, menguraikan, memberi contoh dan latihan kepada siswa agar mencapai tujuan tertentu. Guru haruslah menggunakan cara pengajaran dengan tepat sesuai karakter murid.

Baca Juga:

3. Perlu Adanya Program Perbaikan dan Pengayaan

Perbaikan program dapat dilakukan dengan memberikan penjelasan kembali mengenai materi yang belum dikuasai dan pengadaan tugas tambahan, baik di dalam maupun di luar jam efektif. Selanjutnya, pengayaan disajikan kepada peserta didik karena mereka telah menguasai bahan pelajaran.

4. Melaksanakan Kegiatan Ekstrakurikuler

Dalam melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

  • Meningkatkan aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan.
  • Mendorong penyaluran bakat dan minat peserta didik.
  • Menetapkan waktu, objek kegiatan sesuai dengan kondisi lingkungan.
  • Kegiatan ekstra kurikuler dapat disalurkan dalam berbagai bentuk kegiatan. Antara lain bidang olahraga, kesenian, kerohanian, study club, keamanan, koperasi dan bakat minat.

5. Mengadakan Layanan Bimbingan dan Konseling

Dalam kegiatan ini, pembelajaran harus:

  • Membimbing dan membantu peserta didik yang berbakat khusus, mengalami kesulitan belajar, mengalami hambatan dalam keluarga, lingkungan sekolah maupun sesama
  • Memahami dan melaksanakan petunjuk pelaksanaan kurikulum mengenai kegiatan BK.
  • Memahami dan menguasai buku pedoman bimbingan karir dan mengatur kegiatan.
  • Menjembatani hubungan antara sekolah, siswa, orang tua serta tokoh masyarakat.

6. Memasukkan Muatan Lokal pada Pembelajaran

Di antara komponen-komponen dalam kurikulum yaitu berupa tujuan, material pembelajaran dan evaluasi. Isi atau materi menempati posisi yang sangat penting dan turut menentukan kualitas pendidikan. Hal itu harus disisipi muatan lokal supaya karakter pelajar semakin terbentuk.

Namun, semua hal itu tidaklah instan. Perlu melakukan secara perlahan-lahan agar menjadi suatu kebiasaan yang baik, tertata dan terencana.

Itulah ulasan singkat mengenai pendidikan yang berkualitas. Semoga artikel ini dapat membawa manfaat dalam dunia pengajaran. Selain itu, juga bisa meningkatkan kualitasnya melalui kesadaran masyarakat stake holder sebagai pemegang kendali. Jangan lelah untuk belajar.

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.

Leave A Reply

Your email address will not be published.