Prospek Kerja Lulusan Pendidikan Perkuliahan Jurusan Teknik Arsitektur

Umumnya, arsitektur merupakan seni dan ilmu yang digunakan untuk mendesain bangunan dan merancang bangunan. Karena setiap bangunan itu harus mempunyai nilai estetika tersendiri, selain kekuatan dan fungsi yang harus diperhatikan. Maka dari itulah, disinilah peran jurusan Teknik Arsitektur begitu penting sekali dalam dunia bangunan. Karena selain merancang, mereka nantinya yang akan mendesain bangunan agar terlihat lebih enak dilihat.

Peluang Kerja Jurusan Arsitektur

Jurusan arsitektur umumnya mampu menghasilkan lulusan yang profesional dan ahli dibidang arsitektur. Namun, untuk bisa menjadi seorang arsitek yang profesional, lulusan jurusan arsitektur ini nanti harus menempuh program pendidikan keprofesian selama 1 tahun. Jika mahasiswa tidak mengambil program pendidikan ini, maka lulusan teknik arsitektur hanya akan menjadi asisten arsitek saja di sebuah perusahaan konsultan arsitektur. Belum bisa menjadi arsitektur.

Namun meskipun begitu, seorang arsitek ini nanti bisa memasarkan hasil karyanya secara online. Jadi, bisa dibilang bahwa peluang kerjanya sangat besar sekali! Mengingat kebutuhan bangunan semakin meningkat, seperti jumlah manusia yang meningkat terus. Maka dari itulah, prospek lapangan kerja yang dipilih juga semakin besar. Berikut ini adalah peluang kerja untuk pendidikan perkuliahan jurusan Teknik Arsitektur, antara lain:

Konsultan Arsitek Mandiri

Lulusan konsultan arsitek mandiri bisa bekerja secara mandiri dan freelance. Hasil karyanya bisa berupa rancangan, namun juga bisa berbentuk tahapan pembangunan rancangan. Arsitek perancang dan pembangungan memiliki tanggung jawab dalam perizinan bangunan. Namun terkadang mereka juga bekerjasama dengan pihak pemilik modal. Umumnya seorang arsitektur mempekerjakan mandor dan berkaitan dengan pemasok bahan bangunan.

Arsitek di sebuah Biro Konsultan

Lulusan Teknik Arsitektur juga bisa menjadi seorang pegawai kontrak dan pegawai tetap. Mereka ini nanti bisa menjadi bagian tim sekaligus menangani rangkaian desain secara keseluruhan. Ada beberapa peran yang bisa diambil oleh arsitek yang bergerak dibidang biro konsultan arsitek. Yaitu, menjadi project architect, designer architect, computer specialist, spesification writter, construction documenter, building controller, dan cost estimator.

Arsitek di Perusahaan Developer

Lulusan dari Jurusan Teknik Arsitek juga bisa bekerja menjadi perancang bangunan disebuah perusahaan developer perumahan. Jadi, mereka nanti bertugas untuk merancang bangunan yang mau dibuat oleh pengembang. Sehingga, arsitek ini nanti juga ikut serta bertanggung jawab mengawasi proses pembangunan rancangan di lapangan kerja yang telah dibuatnya sebelumnya.

Arsitek di Perusahaan Kontraktor

Lulusan pendidikan perkuliahan Teknik Arsitek juga dapat bekerja di sebuah perusahaan kontraktor. Mereka ini nanti bisa menjadi seorang perancang dan pelaksana pembangunan rancangan arsitek yang lain berdasarkan permintaan klien. Tugas mereka nanti di sebuah perusahaan kontraktor bisa bervariasi. Bahkan, tugasnya terkadang bisa diluar dari arsitektur.

Yaitu, pembelian lahan, mengurusi marketing, sampai dengan mengurus administrasi, seperti membuat kontrak. Tak hanya itu saja, lulusan Teknik Arsitektur ini nanti juga bisa bekerja di dalam instansi pemerintahan. Misalnya saja, bekerja di kementrian pekerjaan umum, prasarana dan pemukiman wilayah. Kemudian, bisa juga bekerja di dinas pemerintahan daerah layaknya di sebuah dinas tata kota.

Nah, itu tadi adalah gambaran sedikit tentang jurusan perkuliahan Teknik Arsitektur dan prospeknya di lapangan kerja. Jadi, jangan takut untuk masuk ke jurusan ini. Karena peluang kerjanya kini semakin berkembang. Anda tidak hanya bisa bekerja di kantor saja. Namun, Anda juga bisa bekerja secara mandiri dan menjual karya Anda secara online. Sehingga, penghasilan semakin bertambah.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *