Beasiswa

Published on October 12th, 2017 | by Admin Seputar Kuliah

Mahasiswa Wajib Tau, Jenis-jenis Beasiswa ini

Sebelum berburu beasiswa, kamu perlu memahami berbagai jenis beasiswa yang ditawarkan baik dari instansi pemerintah maupun dari universitas yang bersangkutan. Selanjutnya adalah pertimbangan mengenai biaya yang ditanggung oleh beasiswa tersebut, seluruh biaya perkuliahan sampai lulus atau hanya sebagian saja.

Kategori beasiswa dari segi pendanaan terdiri dari beasiswa penuh dan beasiswa sebagian

Beasiswa Sebagian

Sesuai dengan namanya beasiswa ini hanya menanggung biaya tertentu selama kamu mengikuti perkuliahan. Contohnya pihak pemberi beasiswa hanya menanggung biaya perkuliahan, sementara kamu masih perlu menyediakan dana untuk biaya hidup. Beasiswa ini biasanya ditawarkan pihak universitas atau untuk program (short/summer course)

Beasiswa Penuh

Jenis beasiswa ini menanggung seluruh biaya mahasiswa mulai dari biaya perkuliahan, biaya hidup, akomodasi, asuransi serta penelitian.  Contoh program beasiswa penuh yaitu Chevening, Australian Development Scholarship (ADS), dan Ford Foundation.

Beasiswa dari pemerintah

Beasiswa ini ditawarkan oleh departemen atau lembaga pemerintahan. Di Indonesia, beberapa kementerian memiliki program tersebut. Contoh, Beasiswa Unggulan Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan sebagainya.

Baca Juga : Tips Sukses Berburu Beasiswa

Beasiswa pihak swasta

Merupakan program CSR perusahaan swasta yang memberikan bantuan biaya pendidikan di Indonesia. Banyak perusahaan-perusahaan besar yang menawarkan beasiswa tersebut antara lain program dari Toyota Astra, BCA finance, beasiswa data print, djarum beasiswa plus dan lain sebagainya.

Beasiswa dari negara maju

Beberapa contoh beasiswa hasil kerja sama Indonesia dengan negara lain, yaitu beasiswa ADS dari pemerintah Australia yang dikelola oleh Ausaid, beasiswa Chevening dari pemerintah Inggris yang dikelola British Council, beasiswa Fullbright pemerintah AS yang dikelola America Indonesia Exchange Foundation (Aminef), pemerintah Belanda melalui beasiswa yang dikelola Nuffic Neso (NEC), dan beasiswa Monbukagakusho dari pemerintah Jepang.

Beasiswa komunitas, organisasi atau yayasan

Program beasiswa ini ditawarkan oleh komunitas, organisasi atau yayasan tertentu yang memiliki latar belakang yang beragam baik itu sosial, akademik, maupun keagamaan. Contohnya ada beasiswa dari Tanoto Foundation, The Habiebie Center dan lain sebagainya.

Mengetahui dan mengenal berbagai jenis beasiswa yang akan kamu ajukan merupakan hal yang penting. Hal tersebut menjadi bahan pertimbangan kamu dalam memilih beasiswa yang sesuai dengan kebutuhanmu. Selain itu kamu dapat memahami dengan baik hak-hak dan kewajiban yang ada dengan pemberi beasiswa.

Teruskan informasi ini agar lebih bermanfaat, Bagikan ke media sosial favoritmu di bawah ini:


About the Author



Back to Top ↑

error: Content is protected !!