Apakah itu Kuliah Online? Kampus yang Menyediakan Kuliah Online

 

Kuliah online yaitu kegiatan perkuliahan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Dalam kegiatan perkuliahan ini hanya dibutuhkan laptop dan koneksi internet. Karena berbasis online, maka mahasiswa tidak dituntut untuk bertatap muka dan tidak perlu datang ke kampus secara rutin. Dosen dan mahasiswa bisa berkomunikasi dengan memanfaatkan media internet.

Dosen dapat memberikan materi kuliah dengan bentuk file, teks (tulisan) ataupun video. Dengan adanya program perkuliahan secara online, maka seorang dosen dapat mengajar di beberapa kampus dalam waktu bersamaan. Mahasiswa akan mendapatkan materi perkuliahan dari dosen berupa file atau bacaan dan melakukan ujian pada waktu yang sudah ditetapkan.

Keuntungan Kuliah Online

Kuliah secara online menawarkan beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh kuliah reguler. Berikut ini beberapa kelebihan kuliah yang dilakukan secara online.

  1. Fleksibilitas

Dengan memanfaatkan jaringan internet, maka metode e-Learning atau kuliah secara online memberikan kesempatan kepada para mahasiwa untuk mengakses materi perkuliahan dimana saja dan kapan saja. Para mahasiswa tidak terikat dengan jadwal seperti pada kuliah tatap muka (reguler).

Hal ini sangat membantu mereka yang memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikannya, namun mereka tetap bisa sambil bekerja karena tidak perlu khawatir akan terbentur dengan jadwal pekerjaan. Kuliah dengan sistem online dapat menyesuaikan jadwal belajar sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu sehingga lebih fleksible.

  1. Pembelajaran Secara Personal

Mahasiswa bisa belajar dengan menyesuaikan kemampuannya masing-masing. Mereka yang belum paham bisa mengulang materi hingga berapa kali sampai benar-benar memahami. Hal seperti ini tidak akan ditemukan pada kuliah tatap muka (reguler) karena terbatasnya waktu belajar.

Beberapa fitur yang disediakan dari pembelajaran secara personal yaitu waktu belajar yang bisa disesuaikan dengan kecepatan berbicara dosen, baik dipercepat maupun diperlambat. Selain itu, materi-materi tambahan, jumlah pertanyaan atau kuis dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap mahasiswa.

  1. Kualitas Pembelajaran Lebih Konsisten

Pada kuliah regular, satu mata kuliah bisa di ajarkan oleh satu dosen atau lebih dengan latar belakang dan pengalaman yang berbeda. Hal ini bisa menyebabkan kualitas pembelajaran menjadi kurang efektif.

Sedangkan pada kuliah  dengan sistem online, proses pembelajaran dan semua materi digital sengaja dibuat oleh dosen terbaik dan sudah terpilih dengan mengikuti standar kualitas yang baik. Dengan demikian, setiap mahasiswa akan mendapatkan materi pembelajaran yang berkualitas. Hal ini juga dilakukan secara konsisten dan berdasarkan proses pembelajaran yang sama.

  1. Daya Serap Lebih Maksimal

Waktu kuliah yang lebih fleksible, maka dapat memungkinkan untuk bisa belajar ketika mereka benar-benar siap dengan kondisi yang fit. Dengan begitu maka akan menghasilkan daya serap dan juga prestasi belajar dengan lebih baik.

  1. Akses Pengajar Berkualitas

Dosen-dosen yang mengajar online yaitu dosen yang berkualitas dan ternama, baik dari segi akademis maupun pengalaman dalam mengajar. Sehingga dapat mengajar sesuai dengan jadwal yang sudah disiapkan secara maksimal.

Hal ini juga meberikan manfaat bagi mahasiswa yang berdomisili di luar kota besar untuk memperoleh kesempatan menempuh pendidikan yang berkualitas dan di ajar oleh seorang pengajar yang professional.

  1. Hasil Belajar Lebih Terukur

Perkuliahan online di dukung dengan berbagai macam teknologi informasi, salah satunya yaitu Learning management System (LMS) yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan dosen ataupun teman sekelas. Semua proses pembelajaran yang berlangsung tercatat pada LMS.

Baca Juga:

Sehingga data yang terkumpul akan dianalisa dan dilaporkan kepada dosen dan juga mahasiwa yang bersangkutan, untuk menentukan keberhasilan dalam proses pembelajaran dan untuk memperbaiki nilai-nilai yang masih kurang memuaskan.

LMS ini juga memberikan referensi materi-materi yang harus dipelajari ulang oleh mahasiswa agar dapat menguasai mata kuliah tersebut dengan lebih maksimal.

  1. Hemat Waktu dan Biaya

Perkuliahan online tidak mengharuskan mahasiswa untuk menghabiskan waktu di perjalanan karena harus datang ke kampus. Dengan adanya kuliah menggunakan sistem online, maka dapat mengatasi permasalahan transportasi dan aktivitas perkuliahan menjadi lancar, hemat waktu dan juga biaya.

Mahasiswa yang berdomisili di luar kota juga tidak perlu pindah dan mengeluarkan biaya tambahan untuk menyewa tempat tinggal dan kebutuhan hidup yang lainnya.

  1. Mengurangi Carbon Footprint

Dengan dukungan teknologi yang canggih, maka berbagai aktivitas perkuliahan dapat dilakukan tanpa harus membuang-buang kertas karena segala aktivitasnya dapat dilakukan secara online, misalnya pendaftaran online, sistem kuliah online, ujian online bahkan materi-materi yang diberikan juga berbentuk file, video maupun jenis teks lainnya.

Selain itu, dengan tidak adanya mobilitas yang mengharuskan untuk datang ke kampus, maka akan mengurangi konsumsi bahan bakar yang memberikan dampak positif, karena dapat mengurangi polusi udara dan turut menjaga kelestarian hidup agar lebih sehat.

  Universitas yang Menyediakan Program Kuliah Online

  1. Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang memiliki peredikat terbaik di Indonesia. Mengingat dengan kecanggihan teknologi saat ini, maka universitas ini membuat sebuah program inovasi terbaru yaitu kuliah dengan sistem online atau disebut juga e-Learning.

Tujuannya agar dapat dijangkau para mahasiswa di seluruh Indonesia tanpa adanya batasan waktu dan tempat. Program kuliah ini juga untuk meningkatkan kualitas dalam belajar mengajar.

  1. Universitas Indonesia

Seperti sudah kita ketahui, bahwa Universitas Indonesia merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia. Dari universitas tersebut, sudah banyak lahir para tokoh-tokoh bangsa yang mampu membangun bangsa dengan ilmu yang dikantonginya. Oleh karena itu, UI menawarkan perkuliahan secara online bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Hal itu, karena menyadari bahwa kapasitas terbatas, sehingga dengan memanfaatkan teknologi, UI membuka program Pendidikan Jarak Jauh (PPJ) yang sudah di mulai dari tahu 2002 lalu.

Program kuliah ini tentunya menggunakan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajarannya.

Apabila mahasiswa telah selesai menempuh pendidikan, maka mereka berhak mendapatkan transkrip nilai yang biasanya digunakan sebagai bukti bahwa mahasiswa tersebut lulus dalam mata kuliah yang diikuti secara online.

  1. Insititut Teknologi Bandung

Selain Universitas Mercu Buana dan Universitas Indonesia, Universitas lainpun mulai menerapkan program kuliah dengan sistem online, salah satunya yaitu Institut Teknologi Bandung atau dikenal ITB.

Sesuai dengan namanya, Universitas ini menyajikan pembelajaran dengan berbasis teknologi. Maka dari itu, ITB akhirnya membuka program kuliah dengan sistem online agar mahasiswa-mahasiswa di seluruh Indonesia bahkan di luar negeri bisa mengikuti program tersebut, untuk bisa mendapatkan pembelajaran di salah satu Universitas bergengsi.

Mahasiswa lulusan ITB sendiri sudah banyak sekali melahirkan lulusan-lulusan terbaik yang mampu membangun bangsa ini. Bagi Anda yang ingin mengikuti program kuliah dengan sistem online di Universitas Indonesia, maka dapat mengakses website resminya.

Beberapa informasi mengenai kuliah program kuliah online di Indonesia dan beberapa Universitas ternama yang menyediakan program tersebut. Dengan adanya program kuliah berbasis online, semoga anak-anak bangsa ini bisa mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan bermanfaat untuk masa depan.

Comments