Jurusan PGSD

Kali ini seputarkuliah.com akan mengulas jurusan PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar). Jurusan ini merupakan salah satu jurusan favorit pada beberapa perguruan tinggi negeri. Seperti namanya, jurusan ini akan mendidik mahasiswa untuk menjadi guru sekolah dasar.

Apa saja yang dipelajari di jurusan PGSD?

Pada jurusan ini mahasiswa akan belajar tentang konsep yang mendasar serta bagaimana memahami sifat, sikap dan perilaku anak usia sekolah dasar baik itu pada ruang lingkup di dalam kelas maupun diluar kelas.

Seorang guru SD merupakan salah satu pembentuk kepribadian mendasar seorang anak, maka dari itu pada jurusan ini tidak hanya akan belajar mengenai materi pelajaran SD secara teknis (IPA, IPS, matematika, Bahasa Indonesia dan lain sebagainya) namun juga tentang kepribadian anak. Dalam proses perkuliahan mahasiswa akan mengikuti berbagai macam kegiatan untuk membentuk karakternya (pramuka, rohis, dll)

Pada semester yang telah ditentukan, mahasiswa jurusan PGSD diwajibkan untuk melakukan praktik kerja lapangan (magang). Mahasiswa akan disebar dan ditempatkan ke berbagai sekolah dasar dan akan mempelajari berbagai aspek dalam sekolah tersebut, mulai dari admnistrasi, sistem belajar mengajar, tenaga pendidik, kegiatan ekstrakulikuler dan lain sebagainya.

Mata kuliah yang akan dipelajari di jurusan PGSD secara umum antara lan : pengantar pendidikan, pendidikan kewarganegaraan, psikologi pendidikan, ilmu sosial budaya dasar, ilmu alamiah dasar, profesi keguruan, penjaskes, pengelolaan pembelajaran ekstrakulikuler, pendidikan nilai budi pekerti, pengantar bimbingan konseling dan masih banyak lainnya.

Perguruan Tinggi di Indonesia yang memiliki jurusan PGSD terbaik dengan akreditasi A dari BAN PT

  • Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Universitas Negeri Jakarta
  • Universitas Negeri Semarang
  • Universitas Pendidikan Indonesia
  • Universitas Sebelas Maret

Demikian ulasan singkat mengenai jurusan PGSD, semoga bermanfaat

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *