Jurusan Arkeologi

Pada kesempatan kali ini seputarkuliah.com akan mengulas jurusan arkeologi. Arkeologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang peradaban masa lampau manusia dalam ruang lingkup peninggalan-peninggalan kuno yang masih bisa ditemukan atau dalam hal ini artefak yang memiliki nilai sejarah. Dengan tujuan untuk mengetahui sejarah budaya manusia, bagaimana prosesnya hingga mampu merekonstruksi bagaimana cara hidup di perasaban masa lalu.

Apa saja yang dipelajari di jurusan arkeologi?

Berbeda dengan jurusan sejarah yang menggunakan pendekatan naskah, arkeologi menggunakan pendekatan berupa peninggalan fisik (artefak kuno). Pada jurusan ini selain kuliah di kelas juga terdapat kuliah dilapangan yaitu dengan mengamati secara langsung pada objek peninggalan (candi, museum, benteng, situs purbakala dan lain sebagainya).

Jurusan arkeologi seperti yang terdapat di UGM terdapat penjurusan yaitu arkeologi murni dan arkeologi museum. Dalam arkeologi murni terdiri dari beberapa konsentrasi, diantaranya arkeologi lingkungan, arkeologi prasejarah, arkeologi klasik, arkeologi maritim, arkeologi arsitektur dan arkeologi kolonial. Konsentrasi tersebut akan memudahkan mahasiswa untuk penulisan skripsi nantinya.

Mata kuliah yang dipelajari di jurusan arkeologi secara umum antara lain ; pengantar arkeologi, prinsip-prinsip penelitian arkeologi, arkeologi kolonial, metode ekskavasi, ikonografi, konservasi arkeologi, arkeologi lingkungan, arkeologi arsitektur, arkeologi sosial, epigrafi, museum dan publik, metode arkeologi, pengantar museologi dan masih banyak lagi.

Perguruan Tinggi di Indonesia yang memiliki jurusan ini terglong langka, saat ini baru terdapat 6 PTN yang membuka jurusan arkeologi yaitu:

  • Universitas Jambi
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Hasanuddin
  • Universitas Halu Oleo, Sulawesi Teenggara
  • Universitas Udayana, Bali
  • Universitas Indonesia

Indonesia membutuhkan banyak peneliti untuk mengungkap lebih banyak mengenai kekayaan sejarah Nusantara. Jadi apabila kamu suka dengan pelajaran sejarah terutama dalam hal memecahkan misteri tentang benda-benda peninggalan masa lampau, jurusan ini cocok untuk kamu.

Untuk prospek jurusan arkeologi bisa dilihat disini

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *