Informasi

Published on October 7th, 2018 | by Saiful Riza

0

Jurusan Kriminologi

Kali ini seputarkuliah.com akan mengulas mengenai jursan kriminologi. Jurusan ini umumnya bernaung dibawah fakultas ilmu sosial dan politik. Salah satu jurusan yang termasuk langka di Indonesia ini merupakan intergrasi antar berbagai disiplin ilmu diantaranya psikologi, sosiologi, hukum dengan tujuan untuk mempelajari tentang tindak kriminal /  perilaku menyimpang dan mencari metode terbaik untuk mengatasi dan menjawab permasalahan atas tindakan kriminalitas tersebut. Lulusan dari jurusan kriminologi diharapkan mampu menguasai kompetensi dasar-dasar ilmiah dan pengetahuan metodologi kriminologi dalam rangka merumuskan kebijakan pencegahan maupun penanggulangan tindak kejahatan.

Apa saja yang dipelajari di jurusan kriminologi?

Karena ruang lingkupnya cukup luas, di jurusan kriminologi secara umum terdapat beberapa konsentrasi diantaranya: kriminologi jurnalistik, kejahatan siber, Kejahatan Transnasional, kepenjaraan, kriminologi teoretis hingga penegakan hukum.

Mahasiswa akan belajar mengenai perilaku manusia, bagaimana pola perilaku menyimpang / kejahatan tersebut terbentuk, termasuk mempelajari mengenai pelaku serta respon suatu masyarakat terhadap kasus kejahatan.

Selain itu kalian juga akan belajar analisa berbagai macam tindak kejahatan yang memiliki ruang lingkup yang sangat luas (mulai dari pencurian, kenakalan remaja, kejahatan siber, hingga terorisme)

Mata kuliah yang dipelajari di jurusan kriminologi secara umum meliputi: etnografi kejahatan di Indonesia, psikologi criminal, sosiologi perilaku menyimpang, hak asasi manusia, strategi pencegahan kejahatan, viktimologi, kejahatan kerah putih, jurnalistik investigasi, intelijen dan investigasi kejahatan, terror dan terorisme, hukum dan pembangunan, dan masih banyak lainnya.

Perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki jurusan kriminologi

  • Universitas Indonesia (S1 hingga S3)
  • Universitas Budi Luhur
  • Universitas Islam Riau

Untuk prospek kerja jurusan kriminologi bisa dilihat disini

Tags:


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

error: Content is protected !!