Informasi

Published on October 8th, 2018 | by Saiful Riza

0

Jurusan Ilmu Gizi

Kali ini seputarkuliah.com akan mengulas mengenai jurusan ilmu gizi. Jurusan yang bernaung dibawah fakultas kedokteran ini merupakan cabang ilmu yang mempelajari mengenai hubungan antara makanan yang dikonsumsi dengan kesehatan tubuh, bagaimana dampaknya serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Lulusan ilmu gizi diharapkan memiliki pola piker kritis, memiliki kompetensi untuk memahai dan mampu menjelaskan mengenai berbagai zat gizi, kebutuhan zat-zat gizi, penilaian mengenai status gizi individu maupun pengaruh pengolahan bahan makanan tertentu terhadap nilai gizi dan keamanan pangan.

Apa saja yang dipelajari di jurusan ilmu gizi?

Mahasiswa akan banyak belajar tentang penelitian mengenai nilai gizi dari berbagai jenis makanan. Pada  jurusan ini juga akan belajar mengenai praktikum pengenalan bahan makanan, praktikum memasak, hingga praktikum membuat menu untuk pasien klinik. Selain itu mahasiswa juaga akan mempelajari mengenai gizi yang berkaitan dengan kesehatan, produktivitas dan tumbuh kembang manusia. Gizi yang berkaitan dengan berbagai aspek (ekonomi, budaya, kesehatan) terhadap kualitas manusia. Dan juga belajar untuk mampu memberikan jasa konsultasi dan perbakan gizi.

Mata kuliah yang secara umum dipelajari pada jurusan ini antara lain: Ilmu bahan pangan, mikrobiologi pangan, kimia organic, biokimia gizi, patofisiologi gizi, prinsip-prinsip ilmu gizi, gizi masyarakat, penilaian status gizi, evaluasi gizi, perencanaan pangan dan gizi, gizi kuliner, metode penelitian gizi, konseling gizi dan masih banyak lainnya.

Perguruan Tinggi di Indonesia yang memiliki jurusan ilmu gizi dengan akreditasi A dari BAN PT

  • Institut Pertanian Bogor
  • Universitas Diponegoro, Semarang
  • Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
  • Universitas Hasanuddin, Makassar
  • Universitas Indonesia

Untuk prospek kerja jurusan ilmu gizi bisa dilihat disini


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

error: Content is protected !!