IAIN SMH Banten Resmi Berubah Status Menjadi UIN

SERANG, Seputarkuliah.com – Saat ini, sesuai Perpres no 39 tahun 2017, IAIN Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten resmi berubah status menjadi UIN Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten. Perubahan ini ditandatangani langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, tepatnya pada Selasa (3/4) kemarin.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Ilzamudin Ma’mur merasa sangat bersyukur dan mengapresiasi dengan adanya perubahan IAIN menjadi UIN ini. Pasalnya, proses IAIN menjadi UIN SMH Banten ini melalui proses perjalanan panjang.

Kendati sudah ditandatangani secara langsung oleh presiden Jokowi, Ilzamudin Ma’mur mengaku proses resmi secara keseluruhan harus tercatat di kemenkumham pusat. Oleh karenanya masih ada satu tahap lagi yang harus dilalui agar kampus UIN SMH Banten resmi secara keseluruhan.

Ilzamudin pun merasa sangat optimis jika akhir April ini semua persoalan administrasi dari Kemenkumham selesai. Kedepannya, UIN Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten juga akan merencakan penambahan fakultas baru yaitu fakultas saintek. Dalam peraturannya ke depan kampus ini menyediakan 60 persen pendidikan di bidang keagamaan dan 40 persen di bidang umum, paparnya seperti yang dilasir Radar Banten.

Di ketahui sebelumnya, selain UIN SMH Banten ini juga ada lima kampus lain yang berubah status menjadi UIN di antaranya:

– UIN Mataram,
– UIN Imam Bonjol Padang,
– UIN Antasari BanjarMasin,
– UIN Thaha Syaifuddin Jambi,
– UIN Raden Intan Lampung.

Baca juga : Pentingnya Pengalaman Sebelum Lulus Kuliah.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *