Tips

Published on November 1st, 2017 | by Andi Suhandi

Cara untuk Mencegah Kantuk Saat Kuliah

Seputar Kuliah – Tidur atau mengantuk di kelas sudah sering dialami ketika masih bersekolah. Namun bila mengantuk atau tidur bisa terbawa hingga di ruang kuliah, kebiasaan tersebut harus dihilangkan. Karena kebanyakan materi penting justru disampaikan langsung oleh mulut dosen, tidak dituliskan di slide persentasi. Sehingga kalau mengantuk atau tertidur mahasiswa akan tertinggal beberapa materi penting.

Selain itu, beberapa dosen tidak menyukai mahasiswa yang tertidur di kelas yang beliau ajarkan. Meskipun ada dosen yang tidak keberatan bila ada mahasiswa yang tidur, alangkah baiknya bila kita mencegahnya dan mulai memperbaiki diri menghilangkan kebiasaan tidur di dalam kelas.

Supaya tidak mengantuk hingga bablas tertidur di kelas, berikut cara-cara yang dapat diterapkan untuk mencegah kantuk ketika kuliah.

Berdoa

Sebelum memasuki ruang kuliah, kuatkan niat untuk kuliah dengan serius dan ikhlas. Biasanya kelas akan memulai kuliah dengan berdoa terlebih dahulu. Berdoalah dengan khusyuk, agar bisa mengikuti kuliah dengan lancar tanpa hambatan.

Tidur Lebih Awal

Malam sebelumnya sebaiknya tidur lebih awal supaya jam tidur cukup, keesokan harinya kamu dapat bangun tepat waktu dan tubuh lebih segar, sehingga di kelas tidak akan mengantuk. Hindari begadang karena mengerjakan tugas atau sekedar bermain game. Tugas atau belajar dapat dicicil di hari sebelumnya, serta tidak perlu memaksakan diri begadang hanya untuk main game.

Duduk di Barisan Depan

Ketika tiba di ruang kuliah, alangkah baiknya memilih duduk di barisan depan. Dengan duduk di barisan depan kita akan lebih fokus mempelajari materi dan fokus mendengarkan karena kita duduk berdekatan dengan dosen yang sedang menjelaskan, dengan demikian kita tidak akan mengantuk.

Baca juga: Langkah-langkah Mengatasi Kecemasan (Anxiety).

Bawa Permen

Sediakan selalu permen di tas, dengan menyesap permen akan menunda kantuk. Tetapi usahakan tidak terlalu mencolok dalam mengambil dan memakan permen, karena ada beberapa dosen yang kurang suka bila mahasiswa membawa makanan meski hanya berupa permen. Ada universitas yang menerapkan peraturan tidak membawa makanan dan minuman di dalam kelas, serta dikhawatirkan akan menambah sampah, tips membawa permen ini dapat dilakukan sesekali saja.

Mencuci Muka

Apabila rasa kantuk menyerang tidak tertahankan, kamu bisa meminta izin untuk cuci muka di toilet. Pastikan dosen yang mengajar mengizinkan mahasiswa ke toilet, karena ada beberapa dosen yang tidak mengizinkan mahasiswa ke toilet apalagi di jam kuliah yang hanya sebentar.

Fokus untuk Mendengarkan Materi

Usahakan selalu fokus mendengarkan penjelasan dosen. Otak akan bekerja lebih keras ketika fokus memikirkan dan mengolah materi, dengan demikian kita tidak akan mengantuk dan tertidur. Niatkan hati untuk kuliah supaya fokus dan terhindar dari melamun.

Catat Materi dari Dosen

 

Ketika dosen menerangkan sebaiknya catat juga materi tersebut. Selain otak lebih fokus pada materi, dengan mencatat berarti menggerakkan anggota tubuh juga, sehingga kita tidak akan mengantuk. Selain itu, dengan memcatat kita akan mendapat materi penting langsung dari perkataan dosen di luar materi yang ditampilkan di slide persentasi.

Bawa Minyak Angin atau Minyak Kayu Putih

Bawalah minyakkayu putih atau minyak angin untuk dioleskan ke pelipis supaya sensasi hangatnya di kulit membuat mata tetap terjaga, atau untuk dihirup wanginya. Baiknya membawa minyak angin karena lebih hangat dan aromanya lebih kuat dibanding minyak kayu putih.

Makan Secukupnya

Sebelum masuk kuliah mahasiswa terkadang makan dahulu, makanlah secukupnya jangan terlalu banyak. Jika terlalu banyak pencernaan bekerja lebih keras dan membuat mengantuk. Dan jangan makan terlalu sedikit apalagi bila tidak makan sama sekali, perut akan mudah lapar, otak akan kekurangan asupan nutrisi sehingga membuat kita lemas, tidak fokus, dan berakhir dengan mengantuk.

Minta Dibangunkan

Sebelum kuliah, mintalah pada teman sebelah untuk membangunkan apabila terlanjur tertidur. Bila dibangunkan orang lain, refleks terbangun lebih cepat, akibat refleks tersebut juga kantuk akan berkurang karena ketika terbangun ada sedikit terkejut yang membuat otak kembali fokus.

Baca juga: Arti di balik kata “Kuliah”

Ingat Tujuan Kuliah

Kembali ke niat semula, ingat lagi apa tujuan kita meluangkan waktu untuk kuliah. Untuk menuntut ilmu serta membahagiakan orang tua. Jangan lupa orangtua yang membiayai supaya bisa menikmati bangku kuliah, ingat pula orangatua yang menanti anaknya di rumah berhasil menyelesaikan kuliah supaya kita berhasil ke depannya.

Itulah beberapa cara untuk mencegah kantuk di kelas kuliah. Bila setiap hari perlahan-lahan menerapkan cara untuk mencegah kantuk, lama-kelamaan kebiasaan mengantuk di kelas akan hilang secara perlahan juga. Yang paling penting adalah niat dari diri sendiri, bertekad tidak akan tertidur dan kuliah dengan serius.

Artikel berjudul “Cara untuk Mencegah Kantuk Saat Kuliah” ini adalah artikel lomba yang di adakan oleh Redaksi Seputar Kuliah (www.seputarkuliah.com)

Ditulis oleh: Nuzula Ramadian
(Bisa disapa lewat facebook: Nuzula Ramadian)

#SeputarKuliah #SeputarKuliahCom

Teruskan informasi ini agar lebih bermanfaat, Bagikan ke media sosial favoritmu di bawah ini:

Tags: , ,


About the Author



Back to Top ↑

error: Content is protected !!