Bahasa Asing? Penting Lho

Dalam dunia modern seperti sekarang, dunia global menjadikan bahasa asing menjadi salah satu hal yang penting dalam hal berkomunikasi. Dengan menguasai bahasa asing, maka kamu juga bisa dikatakan menguasai dunia. Mengapa demikian? Karena, kamu dapat berkomunikasi dengan siapa saja tanpa adanya hambatan bahasa. Nah, ini dia beberapa manfaat belajar bahasa asing:

  1. Meningkatkan pengetahuan akan ruang lingkup global
    Dengan menguasai bahasa asing, kamu lebih mudah mengetahui apa yang terjadi di dunia global. Di luar sana, jutaan hal terjadi tanpa kita sadari atau ketahui. Menguasai bahasa asing membuat kamu mampu berkomunikasi dan mengerti berita yang datang dari setiap penjuru dunia.
  2. Memperdalam pemahaman dan pengertian akan dunia luar
    Dengan menguasai bahasa asing, membuat kamu memiliki rasa torelansi yang tinggi. Dengan belajar bahasa asing, kamu juga mempelajari budaya negara asing tersebut sehingga kamu dapat memahami dan mengerti tentang apa yang terjadi di luar sana.
  3. Membantu meningkatkan kapasitas diri kamu
    Mempelajari bahasa asing membuat kamu terampil dan kreatif. Kamu juga dapat beradaptasi dan memecahkan masalah dalam situasi yang asing. Selain itu, kamu bisa dipuji sama kerabat, teman-teman, dan pihak lainnya, karena kemampuan mu dalam berbahasa asing.
  4. Menambah nilai positif bagi diri Anda
    Dengan menguasai bahasa asing, kamu bisa memiliki peluang lebih besar untuk bekerja di perusahaan asing atau multinasional. Selain itu, kamu juga dapat memiliki peluang untuk menerima beasiswa studi di luar negeri sehingga menambah nilai-nilai positif dalam hidup kamu yang memberi semangat dalam bekerja maupun belajar.
  5. Liburan kamu menjadi lebih menyenangkan
    Kamu bisa berlibur dengan tenang ke negara asing dimana kamu menguasai bahasa negara tersebut. Kamu tidak perlu takut tersesat dalam perjalanan dan tidak perlu repot-repot menyewa seorang tour guide maupun translator untuk liburan kamu. Selain itu, uang jajan kamu untuk jajan disana pasti lebih banyak, karena tidak menyewa jasa tour guide maupun translator. Jika kamu menguasai bahasa Korea dan kamu berlibur ke negara Korea, maka liburan kamu akan menjadi lebih menyenangkan, karena kamu dapat berkomunikasi dengan penduduk asli di sana menggunakan bahasa asli mereka.
  6. Menambah pilihan bagi kamu
    Menguasai bahasa asing menjadikan kamu memiliki banyak pilihan untuk melanjutkan kehidupan di negera asing. Kamu dapat bekerja atau melanjutkan studi di universitas ternama di negara lain yang kamu kuasai bahasanya. Disamping itu, kamu juga bisa mendapatkan berbagai macam tawaran pekerjaan maupun beasiswa, sehingga kamu tinggal memilih mana yang terbaik untuk dirimu.
  7. Membantu kamu memahami budaya Anda lebih baik
    Dengan memahami bahasa asing dan budaya luar, kamu juga dapat melihat budaya kamu sendiri dalam perspektif yang berbeda, sehingga membantu kamu lebih memahami budayamu.
  8. Membantu kamu menemukan teman-teman yang asik
    Teman-teman yang asik dan menarik bisa saja datang dari berbagai suku bangsa dan budaya yang berbeda-beda. Dengan menguasai bahasa asing, kamu mampu berkomunikasi dengan mereka dan menjaga hubungan pertemanan kamu.
  9. Semakin percaya diri
    Dengan menguasai Bahasa Asing, pede dong pasti kalau kamu bertemu orang dari negara lain? Mau ngobrolin tentang apa juga tidak masalah bagi mu.
  1. Membahagiakan semua orang
    Bayangin suatu hari kamu menjadi translator dari sekelompok orang dari negara asing yang datang berkunjung ke Indonesia. Mereka tidak dapat berbicara Bahasa Indonesia sama sekali. Tentu akan repot bukan bagi orang-orang tersebut? Nah, disini kamu sangat penting. Kamu ibaratnya adalah mulut bagi mereka. Mereka sangat mengandalkan kemampuan berbahasa asingmu. Kamu yang akan menyampaikan maksud mereka ke dalam Bahasa Indonesia. Tentunya hal tersebut akan membahagiakan bagi mereka yang berkunjung ke Indonesia. Selain itu, yang paling penting adalah tentu orangtua kamu akan bangga memiliki anak yang berkemampuan bahasa asing. Iya tidak?

Nah, tunggu apa lagi? Jika ada waktu, kamu harus banyak belajar bahasa asing ya

This Article by : Tarumanegara English Club (TEC)

Baca Juga:

Leave A Reply

Your email address will not be published.