Application Letter yang Baik Untuk Dapatkan Pekerjaan yang Keren

Dengan semakin berkembangnya zaman menjadikan berbagai jenis pekerjaan semakin bermunculan. Dimana untuk bisa bekerja dalam bidang pekerjaan tersebut anda harus melamar pekerjaan dengan membuat application letter atau cover letter. Bagi anda yang pernah melamar pekerjaan tentu  sudah tidak asing dengan istilah cover letter tersebut. Sebab dokumen ini merupakan yang sering dipakai untuk melamar kerja dan disertai resume yang memberikan informasi tambahan mengenai kemampuan serta pengalaman kerja di pelamar. Pembuatan cover letter yang bagus akan semakin memperbesar peluang anda diterima di tempat kerja yang anda inginkan.

Ciri-Ciri Application Letter yang Baik

Bagi anda yang belum pernah membuat application letter pasti merasa penasaran dengan cara pembuatan dokumen ini dan kriteria yang bagus agar diterima kerja. Ketika anda akan membuat cover letter untuk melamar kerja sebaiknya berikan penjelasan yang detail mengenai alasan kenapa anda layak menjadi kandidat pada pekerjaan yang anda lamar. Selain itu sebaiknya juga terdapat alasan di balik minat kerja anda dan kemampuan maupun pengalaman kerja yang relevan dengan pekerjaan yang anda lamar.

Pembuatan application letter ini memang tidak boleh asal karena harus memakai format penulisan bisnis formal. Adapun ciri-ciri format penulisan tersebut antara lain gaya bahasanya profesional, tidak ada kesalahan dalam penulisan, cantumkan juga informasi kontak anda dan orang yang anda tuju. Pastikan dokumen yang anda tulis tersebut bisa menjual diri anda yang artinya anda harus fokus pada kelebihan yang anda miliki sehingga meyakinkan pihak perekrut untuk menerima anda. Jelaskan juga pengalaman kerja yang pernah anda alami dan sesuai dengan lowongan pekerjaan yang anda lamar tersebut.

Supaya anda bisa membuat cover letter sesuai dengan memenuhi ciri-ciri yang baik maka sebaiknya bacalah informasi lowongan pekerjaan secara seksama lalu sebutkan kemampuan anda di dalam deskripsinya. Hindari membuat tulisan yang bertele-tele karena lebih baik isinya singkat, padat dan jelas. Sehingga perekrut akan memilih membaca surat yang hanya satu halaman daripada berlembar-lembar.

Tahap Pembuatan Application Letter

Agar anda bisa menerapkan pembuatan cover letter yang baik maka berikut ini akan dijelaskan beberapa tahapan pembuatannya yang perlu anda ketahui.

  1. Heading

    Di bagian ini anda harus mencantumkan nama anda, alamat, kota, provinsi serta kode pos. Selanjutnya ikuti dengan nomor telepon dan email lalu jangan lupa tuliskan juga tanggal surat di baris berikutnya. Tuliskan nama perekrut, jabatan dan alamatnya.

  2. Subject Dalam Email

    Jika anda mengirimkan application tersebut pada email maka pastikan anda menulis pekerjaan yang dilamar dan nama anda di bagian kolom subject. Tujuannya supaya perekrut memperoleh informasi yang jelas mengenai posisi yang anda lamar beserta identitas anda.

  3. Greeting

    Mulailah dengan sapaan Dr, Mr, Ms lalu nama belakang jika anda tidak tahu nama dari perekrut maka silakan tuliskan “Dear Hiring Manager”. Anda juga bisa tidak menuliskan sama sekali melainkan langsung ke paragraf pertama.

  4. Body of Letter

    Pada bagian ini terdiri dari beberapa paragraf yaitu untuk paragraf pertama berisi alasan anda membuat surat tersebut lalu tulis juga pekerjaan yang anda lamar dan dimana anda menemukan informasi lowongan tersebut. Di paragraf kedua tuliskan apa saja yang anda tawarkan pada perekrut termasuk pengalaman dan kemampuan anda. Pada paragraf ketiga silakan tulis ucapan terima kasih untuk perekrut atas perhatiannya.

  5. Signature

    Akhiri application tersebut dengan penutup dan tanda tangan anda serta nama jelas. Bila dalam email silakan tambahkan informasi kontak anda.

Demikianlah penjelasan mengenai application letter yang keren supaya anda cepat mendapat kerja. Ternyata menulis apliication memang tidaklah sulit sehingga anda bisa berlatih mulai dari sekarang. Pastikan anda menuliskan application tersebut dengan memenuhi kriteria di atas agar lamaran anda segera memperoleh jawaban dari pihak perekrut.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *