Contoh Kata Pengantar yang Baik Dibuat Melalui Langkah Berikut Ini

Bagi anda mahasiswa maupun civitas akademika yang sering membuat karya tulis, pasti sudah tidak asing lagi dengan kata pengantar. Dalam sebuah karya tulis memang harus ada kata pengantar karena ini merupakan bagian yang penting dari sebuah karya tulis. Selain karya tulis ilmiah, kata pengantar juga harus ada pada kata pengantar non ilmiah maupun karya tulis populer. Bahkan sebuah karya tulis dianggap baik jika memiliki kata pengantar di dalamnya. Tentunya agar bisa membuat kata pengantar yang baik maka anda membutuhkan contoh kata pengantar dan langkah-langkah pembuatannya.

Mengenal Kata Pengantar dan Langkah Pembuatannya

Sebelum anda menyusun kata pengantar maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa itu kata pengantar. Berdasarkan informasi dari Wikipedia Indonesia diketahui bahwa kata pengantar merupakan halaman yang menguraikan ucapan penulis atas terselesaikannya penulisan sebuah karya tulis. Selain itu pada contoh kata pengantar yang pernah anda baca pasti akan memuat tentang ucapan syukur, ucapan terima kasih, manfaat dan tujuan dari penulisan. Selain itu terdapat juga saran dan kritik yang membangun untuk tulisan karya tulis tersebut.

Adanya kata pengantar dalam suatu karya tulis memang memiliki peran yang begitu penting. Sebab kata pengantar tersebut bisa mendukung kredibilitas serta profesionalitas karya tulis tersebut. Tidak hanya itu, kata pengantar juga menjadi perwujudan rasa hormat penulis untuk pembaca setianya. Saat merangkai kata pengantar sebaiknya pakailah kalimat efektif serta bahasa yang baku sehingga lebih mudah dipahami pembaca. Dari berbagai contoh kata pengantar karya tulis pasti kebanyakan menggunakan bahasa baku.

Pemakaian kata-kata yang tepat dalam kata pengantar juga perlu dilakukan untuk proses penyusunan kata pengantar. Pemakaian kata-kata yang baik serta benar baik berupa kalimat pembuka, kalimat isi maupun kalimat penutup tentu menjadi hal yang penting untuk diperhatikan dalam pembuatan kata pengantar. Supaya lebih jelas, berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah pembuatan kata pengantar yang tepat dan bisa anda terapkan.

  1. Ucapan Terima Kasih Kepada Tuhan YME

    Cara pembuatan kata pengantar yang pertama yaitu diawali dengan uraian ucapan terima kasih pada Tuhan Yang Maha Esa serta paragraf pertama. Pembuatan ucapan terima kasih bisa anda sampaikan disertai judul karya tulis atau makalah pada paragraf pertama.

  2. Uraikan Tujuan Penulisan Karya Tulis di Paragraf Kedua

    Untuk bagian paragraf kedua anda harus menuliskan tujuan penulisan. Bila anda masih bingung dengan isi paragraf kedua maka bisa melihat contoh kata pengantar dari berbagai karya tulis.

  3.  Ucapkan Terima Kasih Pendukung

    Di bagian paragraf ketiga kata pengantar berisi ucapan terima kasih untuk pihak yang sudah membantu proses penyusunan karya tulis ataupun makalah.

  4. Kritik dan Saran

    Untuk paragraf keempat berisi kritik dan saran untuk isi karya tulis. Melalui kritik dan saran ini penulis menyadari bahwa karya tulis tersebut masih mempunyai banyak kekurangan sehingga penulis terbuka untuk menerika kritik maupun saran dari pembaca.

  5. Penutup

    Pada paragraf kelima kata pengantar berisi penutup. Dimana pada bagian ini harus disertai dengan nama terang penyusun maupun tanda tangan.

Demikianlah penjelasan mengenai kata pengantar dan langkah-langkah membuat kata pengantar yang bisa menambah wawasan anda. Melalui penjelasan di atas kini anda bisa belajar membuat kata pengantar secara lebih mudah dan tentunya memenuhi kriteria kata pengantar yang baik. Bila anda masih merasa kurang jelas maka silakan mencari referensi contoh kata pengantar baik melalui karya tulis cetak maupun di media online.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *