Ingin Lebih Pintar? Gunakan Aplikasi Pendidikan Online Berikut ini

Tahukah Kamu, di era digital dengan bermodalkan smartphone dan jaringan internet dimanfaatkan untuk mempermudah berbagai aktivitas. Salah satunya yaitu, banyak diciptakan aplikasi pendidikan online agar proses pembelajaran yang dulunya membosankan menjadi menyenangkan.

Belajar Menyenangkan dengan Aplikasi Pendidikan Online

Bagi sebagian besar orang, stigma tentang belajar itu adalah kegiatan yang membosankan. Ini dimanfaatkan oleh para developer untuk menciptakan startup dalam bidang pendidikan berupa website maupun aplikasi.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk membuat pembelajaran agar menyenangkan, karena proses penyampaian dan penjelasan materi dikemas dalam bentuk video atau animasi. Sehingga, lebih menarik perhatian serta tidak membosankan.

Aplikasi pendidikan ini merupakan metode pembelajaran baru yang dapat menunjang pemahaman materi, dimana dapat dengan mudah Kamu nikmati menggunakan smartphone kapanpun dan dimanapun.

Rekomendasi 5 Aplikasi Pendidikan Online

Apakah Kamu berminat menggunakan aplikasi pendidikan online untuk mempermudah proses pembelajaran? Di sini akan diulas mengenai rekomendasi portal yang bisa dimanfaatkan. Seperti:

Ruang Guru

Ruang Guru merupakan aplikasi pendidikan online berbayar yang banyak direkomendasikan. Hebatnya, saat ini telah digunakan lebih dari 5 juta pengguna. Untuk menikmati fiturnya, Kamu perlu mengeluarkan sejumlah biaya, namun nominalnya bervariasi tergantung jenis paket pilihan.

Aplikasi Ruang Guru menawarkan banyak fitur menarik yang menfasilitasi penggunanya untuk belajar berbagai materi menggunakan media video, juga dilengkapi soal-soal kuis. Selain itu, Kamu juga dapat berdiskusi langsung dengan tentor melalui audio call.

Rumah Belajar

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah meluncurkan aplikasi sebagai media pembelajaran yaitu Rumah belajar. Portal ini menyediakan berbagai konten menarik berbasis video, audio, gambar serta animasi interaktif.

Aplikasi besutan Kemendikbud ini dapat diinstal pada ponsel Android. Bahkan, kini telah digunakan lebih dari 100 ribu pengguna. Portal ini banyak diminati karena menawarkan berbagai fitur menarik, seperti

Baca Juga:

labotarium maya, peta budaya, sumber belajar, kelas dan lainnya.

KelasKita

Aplikasi pendidikan KelasKita memiliki tentor dan instruktur dari berbagai lembaga pendidikan berkualitas dan terpercaya. Portal ini banyak menarik minat, karena memiliki fitur sosial dimana Kamu dapat berinteraksi dengan pengguna lainnya. Sehingga proses belajar menjadi lebih menyenangkan.

KelasKita juga menawarkan banyak fitur menarik lainnya, seperti menu “kampus yang memungkinkan pengunanya untuk membuat kelompok belajar. Selain itu Kamu juga dapat mendapat penghasilan tambahan dengan membuat kelas berbayar. Aplikasi ini telah digunakan lebih dari 10.000 pengguna.

Quipper

Aplikasi Quipper merupakan media pembelajaran yang bisa dinikmati secara online menggunakan smartphone Android. Namun, untuk menikmati berbagai fiturnya Kamu perlu membayar sejumlah uang mulai dari Rp.90.000,- per bulannya.

Quipper kini telah digunakan lebih dari satu juta orang, aplikasi ini menyuguhkan fitur yang terbilang lengkap. Materi pembelajaran juga disesuaikan dengan kurikulum dari pemerintah. Menariknya lagi, pengguna juga dapat membuat jadwal agar proses pembelajaran lebih teratur.

Bimbel SMARRT

Bimbel SMARRT sedikit berbeda dengan aplikasi pendidikan lainnya, dimana hanya menyediakan tiga materi pembelajaran saja yaitu matematika, kima serta fisika. Portal ini mengemas semua penjelasan berbasis video.

Dalam video tersebut, dijelaskan mengenai tips dan trik cara menyelesaikan persoalan secara sederhana. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai soal kuis untuk menguji serta melatih pemahaman penggunanya. Portal bimble SMARRT kini telah diinstal lebih dari 50 ribu orang.

Demikianlah ulasan mengenai 5 aplikasi pendidikan online yang bisa Kamu jadikan referensi, terutama untuk meningkatkan proses pembelajaran menjadi lebih mudah serta menyenangkan. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat.

Comments