Artikel

Published on February 11th, 2018 | by Admin Seputar Kuliah

3

9 Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi & Disenangi Dosen

Menjadi mahasiswa berprestasi di kampus tentu suatu hal yang membanggakan. Meski demikian, untuk mewujudkannya diperlukan kerja keras sehingga tidak mudah.

Jika kamu ingin menjadi mahasiswa berprestasi tapi tak tahu caranya, berikut ini beberapa tipsnya:

1. Review materi kuliah

Tugas mahasiswa bukan sekadar datang untuk kuliah. Tapi, kamu juga harus memahami materi yang diberikan dosen. Supaya kamu memperoleh nilai yang bagus saat ujian, tentu yang dilakukan adalah belajar. Review kembali materi kuliah yang diajarkan secara rutin sehingga kamu enggak sistem kebut semalam saat ujian tiba.

2. Dekat dengan dosen

Mahasiswa berprestasi identik dekat dengan dosen. Sebab, dosen akan memercayakan beberapa tugas atau tanggung jawab kepadanya. Dekat dengan dosen memang banyak manfaatnya. Salah satunya, kamu akan mendapat berbagai informasi dan mudah mendapat rekomendasi jika dibutuhkan.

3. Asah skill

Mahasiswa berprestasi enggak cuma pintar di kelas. Kamu harus mengombinasikan hard skill dan soft skill. Ikutlah kursus atau pelatihan yang kamu sukai untuk menunjang karier di masa mendatang.

4. Jalin jaringan yang luas

Berprestasi tapi enggak punya banyak teman tentu percuma. Bangun jaringan dengan memperluas pergaulan. Jangan jadi mahasiswa kuper atau antisosial.

5. Berorganisasi

Menyeimbangkan kuliah dan berorganisasi memang tak mudah. Jika tak cerdik membagi waktu, alhasil nilai jadi jeblok. Oleh karena itu, pilih organisasi atau UKM yang sesuai hobi dan passion. Sebab, berorganiasi akan memberikan banyak pengalaman yang enggak kamu dapat saat berada dalam kelas kuliah.

Baca Juga : Kosa Kata Yang Sering Digunakan Oleh Mahasiswa Berprestasi

6. Menerima masukan

Jangan merasa benar sendiri karena berprestasi. Manusia tak luput dengan salah. Lagi pula, kamu hidup dalam lingkungan masyarakat, sehingga harus mau menerima masukan dari orang lain. Jadikan kritik sebagai bahan introspeksi diri supaya bisa lebih baik lagi ke depan.

7. Cobalah bersikap ramah pada siapa saja. Kamu tidak tahu siapa yang akan membalasnya dengan keramahan yang sama

Ramah kepada teman? Sudah pasti. Ramah kepada senior? Ini juga harus. Ramah kepada dosen? Apalagi! Tapi yang ada di kampus nggak hanya mereka aja, lho. Masih ada pegawai akademik, petugas kebersihan, dan juga petugas keamanan. Bersikap ramah kepada mereka dapat memberikan kemudahan pada kita. Saat kita ada kesulitan dengan urusan administrasi kampus, pegawai akademik akan dengan senang hati membantu kita jika kita bersikap ramah kepada mereka.

Begitu juga dengan petugas kebersihan dan keamanan. Saat kita kehilangan barang di kampus, pasti mereka akan dengan senang hati membantu mencari barang tersebut. Nggak ada salahnya ramah kepada seluruh orang di kampus karena dengan adanya mereka, kehidupan kampus kita akan berjalan dengan lancar.

8. Atur waktumu dengan membuat jadwal khusus.

Jadwal kuliah yang padat, latihan di UKM, rapat organisasi, main dengan teman-teman, dan sederet kegiatan lainnya lambat laun akan membuat kamu kewalahan. Nggak menutup kemungkinan, jadwal padat itu bisa memberikan efek kurang baik pada nilaimu.

Jadi sedari awal kamu sudah harus tahu mana yang menjadi prioritas utama. Kamu harus tahu kegiatan mana yang wajib dan segera kamu lakukan terlebih dahulu. Atur waktu sebaik mungkin supaya kegiatanmu seimbang, dan tidak ada tugas atau kewajiban akademik yang keteteran. Tidak ada salahnya untuk membeli buku agenda untuk mencatat seluruh kegiatanmu setiap harinya.

9. Temukan Cara Belajar Yang Paling Ideal

Ini juga merupakan kunci kesuksesan buat kamu di dunia kampus. setiap orang memang memiliki banyak cara belajar efektif yang berbeda beda. ada yang suka belajar di malam hari, ada juga yang suka belajar di malam hari bahkan di saat subuh subuh sebelum pagi. eksplorasilah terus cara belajar kamu, coba semua gaya belajar yang kamu tau, sampai kamu menemukan cara belajar yang paling baik buat kamu. jika sudah, gunakan terus gaya belajar itu, dan sukseslah menjadi mahasiswa.


About the Author



3 Responses to 9 Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi & Disenangi Dosen

  1. Pingback: Kosa kata yang sering digunakan oleh Mahasiswa Pintar di Kampus

  2. Iqbal says:

    Yang penting tu, jaga sikap dan etika. Baik itu sama dosen, atau sama siapa saja.
    Adab lebih tinggi dari ilmu

  3. Pingback: Sebelum Terlambat, Lakukan Hal-hal Ini di Masa Muda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

error: Content is protected !!