8 Tips Untuk Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik

Dalam menjalani hidup ini, manusia sangat terikat dengan yang namanya kesalahan. Setiap hari bahkan setiap jam manusia cenderung berbuat kesalahan. Tetapi, jika direalisasikan, maka akan selalu ada ruang untuk perbaikan. Semua orang pasti punya keinginan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan hidupnya bermanfaat bagi orang lain. Ada beberapa dari mereka yang beranggapan bahwa berubah menjadi lebih baik itu susah dan butuh perjuangan melewati proses yang panjang. Sebenarnya perubahan itu tidak selalu harus besar, perubahan yang baik itu kecil namun konstan dan akhirnya bisa berdampak. Nah, disini ada 8 tips untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Penasaran apa saja 8 tips tersebut, yuk simak bersama-sama!

1. Mengenali tujuan untuk berubah

Tujuan perubahan yang kamu akan capai itu hal yang paling utama sebelum kamu memulai proses berubah. Kenali dulu tujuanmu apa dan untuk siapa. Apakah itu hanya untuk harga diri agar tidak diremehkan orang, kepuasan sesaat, untuk orang yang kamu cintai, apa untuk menjadi berguna bagi orang-orang disekitarmu? Seharusnya perubahan ini tujuannya bukan untuk hal yang negative melainkan positif. Jangan sampai tujuanmu salah atau perubahanmu ini tidak punya tujuan. Jika itu yang terjadi, kamu akan semakin mudah menyerah dan akhirnya putus asa. Jika tujuanmu jelas, semua akan terasa lebih sempurna dan bermakna.

2. Sadarilah bahwa tujuan itu perlu usaha

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, berubah itu butuh perjuangan melewati proses yang tidak sebentar, masa tidak perlu usaha? Usahamu sangat diperlukan disini! Jangan hanya berdoa untuk menjadikan ini nyata, melainkan berusaha juga dong! Think and do something to achieve it!

3. Jangan bersandar pada diri sendiri, cari teman bicara atau panutan

Terkadang dalam hidup tidak selamanya kamu bisa menyimpan dan memecahkan segala masalah sendirian, kita juga butuh teman bicara loh! Teman bicara seharusnya datang dari orang-orang terdekatmu, contohnya orang tua, keluarga, atau sahabat di sekolah maupun tempat ibadah. Jangan terlalu mudah juga untuk mempercayai orang karena bisa saja mereka hanya ingin Kepo.. pastikan pendengar yang baik adalah dia yang tidak hanya mendengar harus memberi masukan, memberitahu jika kita berbuat kesalahan dan memberikan solusi yang positif.

4. Tetap konsisten

Jangan anggap poin ini remeh, karena ini sebenarnya yang tersulit! Konsisten dalam artian selalu ada perubahan walaupun sedikit. Tidak perlu perubahan yang signifikan, kamu tidak perlu pujian orang loh! Contohnya berjanji mau belajar setiap hari. Yang kamu lakukan adalah belajar setiap hari 30 menit itu saja sudah merupakan suatu perubahan yang bagus, daripada 2 hari sekali cuman 1 jam. Kelihatannya sangat susah tetapi konsisten adalah salah satu tantangan awal karena kamu akan konsisten untuk bangun dan mengejar tujuanmu walaupun kamu harus jatuh bangun untuk hal itu.

5. Berani mengakui kesalahan pada dirimu sendiri

Baca Juga:

Mengakui kesalahan itu bukan suatu hal yang mudah untuk kita lakukan. Terutama bagi orang-orang yang memiliki ego tinggi atau keras kepala. Mengakui kesalahan bukan berarti kamu kalah dan semua sia-sia, namun disitulah kamu akan lebih menghargai perjuanganmu dan lebih sadar betapa pentingnya usaha yang kamu lakukan untuk tujuanmu itu. Jangan membohongi dirimu sendiri jika kamu tadi sempat mengambil makanan walaupun belum jam buka puasa. Sadarilah bahwa kejujuran adalah awal dari perubahan yang baik.

Simak juga: Pendidikan Pondasi Bangsa.

6. Berani keluar dari zona nyaman

Kamu ingin berubah dan berdampak namun tidak berani keluar dari zona nyamanmu? Wah.. kesalahan besar tuh! Ubah mindsetmu bahwa jika mau ada perubahan dalam hidup harus keluar dari zona nyamanmu saat ini. Jika kamu mau turun berat 5kg, hal yang kamu harus lakukan adalah berolahraga rutin dan mengontrol makan alias diet, nah coba perlahan kurangi hal-hal yang membuatmu nyaman, seperti bangun jam 5 pagi untuk jogging lalu dalam waktu senggang kurangi bermain social media namun isi dengan olahrga kecil seperti sepedaan di kompleks perumahanmu. Lama kelamaan kamu akan terbiasan dan pasti bisa keluar dari zona nyamanmu itu, dicoba deh!

7. Mengenali kesalahan yang pernah dibuat

Jika kamu ingin menjadi orang yang lebih baik, maka kamu harus belajar akan kesalahan yang pernah kamu perbuat untuk mengidentifikasi kesalahan itu. Bukan bermaksud untuk mencari kesalahan dan berusaha mengingat – ingat masa lalu, loh! Tetapi coba berpikir kenapa teman-teman menjauhi aku setelah aku berpacaran, oh mungkin aku kurang bisa membagi waktu atau pacarku bukan orang yang baik dimata mereka. Belajar analisa kesalahan dan coba untuk menjauhi itu perlahan-lahan. Jika benar itu kesalahannya, berarti kamu harus lebih bisa mengatur waktumu. Tetapi jika bukan, coba ingat-ingat hal lain yang pernah kamu perbuat. Proses pencarian ini sangat panjang, maka dari itu dibutuhkan kesabaran dan keberanian pada diri sendiri.

8. Mendekatkan diri kepada Tuhan

Tips yang terakhir ini sebenarnya yang paling penting, kawan! Inti tips untuk mengubah hidup menjadi pribadi yang lebih baik adalah jangan bersandar kepada pengertianmu sendiri. Terdengar simpel di telinga, tetapi mungkin tidak di hati dan ucapanmu. Selalu ingat bahwa kita butuh penopang dalam hidup, yaitu Tuhan. Atas semua usaha dan proses yang kamu lalui, jangan lupa bahwa Tuhan yang akan membuat itu semua menjadi berhasil pada akhirnya. Kamu boleh sangat-sangat berjuang tetapi usahamu akan sia-sia jika kamu tidak mengandalkan Tuhan dalam itu. Ora et labora, kawan!

Nah itu dia 8 tips menarik untuk bisa merubah diri menjadi lebi baik lagi! Mungkin jika dibaca saja simpel, tetapi tidak se- simpel itu jika kalian melakukannya. Tapi bisa juga akan menjadi proses yang menyenangkan jika kalian menjalani proses itu dengan hati bukan karena suatu keterpaksaan orang lain atau lingkunganmu. Dan yang terakhir, berusaha keras itu penting, tetapi lebih penting lagi jika kamu mengandalkan Tuhan tidak dirimu sendiri. Selamat berproses, readers!

Artikel berjudul “8 TIPS UNTUK MENJADI PRIBADI YANG LEBIH BAIK ” ini adalah artikel lomba yang di adakan oleh Redaksi Seputar Kuliah (www.seputarkuliah.com)
Ditulis oleh: Jocelyn Clarisa Liando
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
3 Comments
  1. […] Baca juga: 8 Tips Untuk Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik. […]

  2. SEPUCUK IMPIAN

    […] Baca juga: 8 Tips Untuk Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik. […]

  3. […] Baca juga: 8 Tips Untuk Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik. […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.