Tips dan Trik

Published on October 25th, 2017 | by Admin Seputar Kuliah

Tips Sukses tugas kelompok presentasi di Kelas

Kerja kelompok merupakan aktivitas di dalam kelas yang tidak dapat dihindari. Sebagian besar mata kuliah terdapat tugas kelompok dan mengharuskan melakukan presentasi. Biasanya beberapa dosen akan membebaskan mahasiswanya untuk menyusun anggota kelompok itu sendiri. Terkadang ada pula kelompok yang sudah di tentukan oleh dosen. Belajar kelompok memiliki perbedaan dengan belajar sendiri. Tidak sedikit kelompok yang kurang maksimal dalam melakukan presentasi akibat anggotanya kurang kompak.

Ada beberapa tips agar presentasi kelompok mu berjalan dengan maksimal

Hilangkan ego sejenak

Karakter mahasiswa pasti berbeda-beda terutama ketika menghadapi situasi bekerja sama dalam kelompok belajar. Ada yang cuek dengan yang namanya tugas, sok pintar, rajin dan bersemangat, ataupun malah pemalu dalam menyampaikan pendapatnya. Cobalah belajar untuk bersikap profesional. Hilangkan rasa ragu dan kesal terhadap teman sekelompok mu. Dan cobalah untuk bekerja sama demi keberhasilan kelompok.

Kenali karakter teman-teman kelompokmu

Di dalam suatu kelompok pasti akan terdapat si pintar, si tukang ngatur, si pemalas, si rajin, dan berbagai karakter lainnya. Ketika kamu melihat situasi tersebut, dengan kepala dingin kenali masing-masing karakter teman mu. Kamu harus mempelajari cara menghadapi mereka. Kamu bisa men support si pemalas, si pemalu yang harus didekati dan sering diajak bercanda, menghindari debat panjang lebar dengan si sok pintar, serta cara-cara lain sesuai keadaan.

Pembagian tugas sesuai kemampuan

Setelah kamu mengetahui karakter tiap anggota kelompok mu tadi, maka kalian bisa membagi tugas sesuai dengan kemampuan, jangan membebani tugas yang berat kepada si pemalas. Hal yang perlu diingat adalah bagian yang adil bukanlah dari kuantitas pekerjaan, melainkan pekerjaan apa yang mampu mereka lakukan.

Baca Juga : Mengejar Mimpi Hingga Ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

Atur jadwal untuk berkumpul bersama

Meskipun di tengah kesibukan mahasiswa dengan kegiatannya baik di kampus ataupun diluar kampus, kalian perlu berkumpul bersama. Tentu dengan waktu yang telah disepakati sehingga semua bisa hadir untuk ketemu dan berdiskusi. Atur waktu seefektif mungkin agar tugas bsa selesai tepat waktu.

Saling Cek tugas masing-masing

Walaupun sudah ada pembagian tugas, kalian tetap harus tetap saling kroscek tugas masing-masing. Hal ini untuk menghindari adanya kesalahan ataupun kelalaian masing-masing. Pastikan temanmu selesai mengerjakan bagiannya sesuai deadline. Apabila temanmu merasa kesulitan mengerjakan tugas bagiannya, anggota kelompok lain bisa membantu. Agar tugas kelompok selesai dengan hasil maksimal, saling lakukan cek dan kroscek guna meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

Persiapkan Presentasi

Luangkan waktu untuk berkumpul untuk membahas presentasi yang akan kalian lakukan. Mulai dari pembagian materi dalam slide presentasi, peralatan yang akan digunakan dan lain sebagainya. Selain itu diskusikan mengenai pertanyaan apa saja yang sekiranya akan ditanyakan. Tips sukses ketika sesi pertanyaan, sebelum hari presentasi siapkan pertanyaan beserta jawaban yang kemudian berikan kepada teman satu kelas yang sudah kamu tunjuk untuk bertanya pada saat hari presentasi. Kemudian ketika sesi tanya jawab saat dari H presentasi kalian bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan lancar. Pastikan setiap anggota kelompok paham dengan materi yang disampaikan, jangan sampai ada anggota kelompok yang tidak aktif ketika kegiatan presentasi.

Demikian cara-cara yang bisa kamu lakukan ketika menghadapi tugas kelompok presentasi di kelas. Maksimalkan tugas tersebut, karena tugas merupakan komponen penting untuk mendongkrak nilai mata kuliah ketika nilai ujian rendah.


About the Author



Back to Top ↑

error: Content is protected !!