Tips

Published on November 4th, 2017 | by Andi Suhandi

Tips Menguasai Grammar Bahasa Inggris dengan 7 Cara Cerdas dan Cepat

Seputarkuliah.com – Bicara soal bahasa inggris merupakan satu poin plus yang harus dikuasai dan dipahami pada era saat ini. Bayangkan, menengok ke belakang disaat kunjungan salah satu Ulama kenamaan asal India, yaitu Dr. Zakir Naik ke Indonesia. Beliau yang merupakan ulama kharismatik melakukan safari dakwahnya dengan menggunakan kemampuan bahasa inggrisnya. Namun sayangnya, walau tingginya animo masyarakat Indonesia kala itu yang ingin mendengarkan ceramahnya, ada banyak dari masyarakat kita yang kurang memahami penjelasan beliau lantaran berbahasa inggris. Jadi disinilah tantangan kita sebagai warganegara indonesia, terutama para anak muda semisal para mahasiswa yang harus mampu menguasai bahasa internasional tersebut.

Grammar dalam bahasa inggris dapat diartikan tata bahasa atau sistem bahasa. English Grammar memiliki tingkatan yaitu basic, intermediate dan advanced. Menurut wikipedia, Tata bahasa Inggris sendiri adalah sebuah aturan yang menggambarkan struktur ungkapan dalam bahasa Inggris, termasuk di dalamnya struktur kata, frasa, klausa dan kalimat. Nah, berikut dibawah ini cara menguasai Grammar Bahasa Inggris dengan cepat dan cerdas seperti yang di lansir laman idntimes. Penasaran? yuk, langsung saja simak!

Seputarkuliah.com – Belajar Grammar Bahasa Inggris

1. Perbanyaklah praktik dan usahakan jangan takut salah.

Kebanyakan orang biasanya tak mau mencoba lantaran takut gagal ataupun salah. Padahal, dari kegagalan/kesalahan itulah kita bisa mulai untuk memperbaiknya. Belajarlah dari kesalahan.

2. Mengingat 3 dasar tenses.

Ada 3 dasar tenses yang wajib kamu ingat, yaitu past tense, present tense dan future tense. Cobalah untuk memahami pola dalam penggunaan susunan dasar tenses tersebut. Jika sudah paham mengenai dasar tersebut, silahkan tingkatkan dalam bentuk tenses lain.

Baca juga: Usaha-Usaha yang Layak Kamu Lakukan Sekeras Mungkin Demi Skor TOEFL yang Memuaskan.

3. Memahami pola kalimat.

Untuk memahami pola kalimat, silahkan anda tempatkan subjek di awal kalimat. Setelah itu posisi kedua untuk kata kerja, kemudian untuk posisi selanjutnya ditempati oleh objek ataupun keterangan lain, baik itu waktu maupun tempat.

4. Memperbanyak bacaan (kalimat dalam bahasa Inggris).

Baca, baca, dan baca!
Usahakanlah untuk meluangkan waktu setiap harinya untuk membaca buku-buku berbahasa inggris. Pahami kosakata dan kalimat-kalimat dalam buku tersebut. Apabila ada kosakata yang tidak kamu pahami, langsung cari dalam kamus.

5. Mulailah untuk latihan menulis cerita.

Cobalah mulai untuk menuliskan sebuah cerita dalam bahasa inggris. Hal ini akan membuatmu terbiasa untuk memahami sebuah kata dan juga kalimat, sekaligus melatih dan memperkuat daya ingatanmu.

6. Mencari sahabat yang mahir berbahasa Inggris (mintalah untuk diajarkan).

Jadikan dia  (sahabatmu) sebagai mentormu dan tak usah malu, apalagi ragu.

Sebagaimana diketahui, sahabat merupakan salah satu yang paling asik, apalagi jika kita sedang curhat (tak ingat batas waktu). Namun, alangkah baiknya jika memang sahabatmu punya poin plus soal grammar/ bahasa inggris, mintaah dia untuk mentransfer ilmunya.

7. Pakailah aplikasi (alat bantu untuk mempermudah)

Pada era kemajuan teknologi saat ini, seharusnya anda bisa lebih cepat menguasai grammar bahasa inggris. Anda bisa lebih terbantu dengan banyaknya aplikasi yang bisa anda instal di laptop maupun via mobile. Dengan aplikasi itu, nantinya anda bisa belajar, mencari tahu, bahkan anda bisa memahami makna kalimat dengan mudah.

Baca juga: UII Sabet Juara Kompetisi Bahasa Arab dan Inggris Tingkat ASEAN.

Nah, itulah 7 Cara Cerdas dan Cepat menguasai Grammar Bahasa Inggris. Berani untuk mulai mencobanya?

Selamat mencoba!

Teruskan informasi ini agar lebih bermanfaat, Bagikan ke media sosial favoritmu di bawah ini:

Tags: , , , , , , , ,


About the Author



Back to Top ↑

error: Content is protected !!