Apa itu SIAKAD?

SIAKAD adalah sistem baru yang digunakan untuk berbagai kampus dan menjadi aplikasi wajib kampus saat ini. Kegiatan dalam perguruan tinggi yang sangat banyak dan kompleks membutuhkan sebuah sistem yang tepat. Sistem ini diharapkan dapat membantu manajemen kegiatan kampus dan civitas kampus sehingga lebih mudah di kelola.

Pengelolaan informasi kampus ini meliputi banyak kegiatan secara menyeluruh dan diperuntukkan bagi semua civitas akademika. Mulai dari dosen, mahasiswa dan urusan apapun atau unsur lain yang termasuk dalam sistem lembaga pendidikan tersebut. Saat ini lebih banyak yang menggunakan sistem yang lebih canggih yaitu berbasis internet dan secara online.

SIAKAD Online

Sistem Informasi Akademik online adalah salah satu sistem yang dibuat untuk Sistem Informasi Akademik untuk memudahkan aktivitas administrasi. Jadi administrasi akademik kehidupan kampus bisa dengan mudah dilakukan secara online. Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan melalui sistem yang memang berfungsi untuk memudahkan kerja ini.

Kegiatan seperti proses Penerimaan Mahasiswa Baru /PMB akan lebih mudah. Jadwal kuliah dan KRS juga termasuk didalamnya. Mengisi nilai hasil akademik, proses perwalian, pengolahan data dosen dan mahasiswa juga bisa dilakukan dengan sistem online. Selain itu sistem online ini juga digunakan sebagai wadah untuk mendukung analisis data guna mengambil keputusan kampus.

Tujuan Sistem Informasi Akademik

Tujuan Sistem Informasi Akademik atau siakad

Tujuan sistem ini adalah untuk menata pengelolaan data akademik agar lebih cepat dan lebih simple dalam menyampaikan informasi. Pengelolaan ini memang bertujuan untuk mempercepat informasi di olah mulai dari registrasi mahasiswa. Juga menyampaikan informasi penting, mengisi KRS, update jadwal perkuliahan hingga jadwal dan persiapan wisuda.

Sistem dibuat berkesinambungan jadi bisa dimanfaatkan baik oleh dosen maupun mahasiswa yang berkepentingan. Dosen misalnya menggunakan sistem untuk mengisi data nilai dan mahasiswa mengisi KRS. Namun banyak lagi kegiatan lain yang bisa dilakukan dengan sistem online yang lebih canggih karena dilengkapi berbagai fitur tertentu.

Alasan Muncul Sistem Informasi Akademik Online

Ada beberapa hal yang mendasari munculnya Sistem Informasi Akademik online, sebagai berikut :

1. Efektivitas

Alasan Muncul Sistem Informasi Akademik Online - efektivitas

Semua hal saat ini berjalan sangat cepat dan membutuhkan sistem yang bisa membuat waktu lebih efisien saat digunakan. Kebutuhan sistem yang memadai untuk mempercepat dan mempermudah olah data akademik juga termasuk salah satunya. Selain itu efektivitas ini juga harus didukung dengan kualitas informasi yang akan dihasilkan.

2. Data Berkualitas

Alasan Muncul Sistem Informasi Akademik Online - Data berkualitas

Data yang dihasilkan tentu bisa lebih berkualitas karena menggunakan sistem komputer yang baru. Secara otomatis juga akan membuat efektif pengolahan data, terutama untuk beberapa tempat yang berbeda. Anda bisa memasukkan data dengan cepat dari berbagai tempat tempat. Data yang dihasilkan juga sangat berkualitas dan adil karena sudah terprogram di dalam sistem.

3. Transfer Data Cepat

Alasan Muncul Sistem Informasi Akademik Online - transfer data cepat

Jaringan komuper yang dilakukan secara online bisa membuat proses pemindahan data menjadi lebih cepat. Anda yang berada di dua tempat berbeda menjadi lebih mudah melihat dan melakukan transfer data. Aktivitas transfer data menggunakan email juga bisa memudahkan pertukaran data antara dosen, mahasiswa dan karyawan di kampus yang terlibat.

4. Perlindungan Data Online

Alasan Muncul Sistem Informasi Akademik Online atau siakad online - perlindungan data onnline

Sistem ini dibuat dengan perlindungan tertentu seperti hanya bisa di akses bagi Anda yang memiliki akses. Akses yang dimaksud seperti email dan password tertentu dan bersifat personal. Jadi tidak sembarang orang juga bisa masuk dan melihat informasi di dalam sistem. Namun untuk yang mempunyai akses password bisa membuka informasi dimana saja dan kapan saja dibutuhkan.

5. Sharing File Hemat

Alasan Muncul Sistem Informasi Akademik Online atau siakad online - sharing file hemat

Jaringan komputer ini bukan hanya memudahkan untuk berbagi informasi namun juga sangat hemat. Anda bisa berbagi data dengan gratis dan tidak memerlukan biaya pengiriman tambahan. Setiap pengguna yang memiliki akses ke sistem juga bisa melakukan pertukaran data dengan waktu yang efisien dan hemat biaya.

6. Unduh & Download Data Gratis

Alasan Muncul Sistem Informasi Akademik Online atau siakad online - bisa download dan upload gratis

Sistem SIAKAD juga memungkinkan semua yang terlibat untuk mengunduh data atau mendownload file secara gratis. Namun tetap saja disesuaikan dengan otorisasi yang diberikan. Setiap pengguna seperti dosen, mahasiswa atau karyawan kampus memiliki porsi yang berbeda-beda. Misal mahasiswa yang bisa mendownload file KRS yang dibutuhkan untuk tahap semester selanjutnya.

Fungsi Sistem Informasi Akademik Online

1. Integrasi Data

Fungsi sistem informasi akademik online atau siakad - integrasi data

Fungsi pertama adalah sebagai semua integrasi data yang ada dikampus. Semua data ini terintegrasi agar bisa diolah dengan baik. Hal ini akan sangat menguntungkan karena tidak akan terjadi duplikasi data yang menyebabkan sistem error. Atau juga bisa menyebabkan kebingungan bagi penerima data karena banyaknya data yang tidak sesuai.

Data yang tidak sesuai ini sangat merepotkan karena pengguna tidak tahu mana data yang sebenarnya. Akhirnya diperlukan pekerjaan tambahan yang bisa memakan banyak waktu lagi. Tentu juga melibatkan banyak orang yang terkait. Anda juga harus menunggu lagi sampai sistem bisa menampilkan data yang benar dan sesuai.

2. Pusat Informasi

Fungsi sistem informasi akademik online atau siakad - pusat informasi

Pusat informasi adalah salah satu fungsi sistem sehingga lebih mudah dalam mengakses informasi. Anda juga akan lebih mudah memberikan informasi melalui sistem sehingga tidak perlu datang ke kampus. Semua informasi bisa didapatkan melalui sistem tersebut dengan cepat dan realtime, jadi informasi yang didapatkan adalah yang terbaru atau terupdate.

Beranda sistem juga memuat berbagai informasi terbaru seperti berita beasiswa dan berita lain selain kemahasiswaan kampus. Pengumuman tentang jadwal pembayaran SPP, pengisian data mata kuliah, jadwal masuk kuliah dan lainnya. Anda sebagai dosen dan mahasiswa bisa berlibur dengan tenang karena semua informasi akan di updata pada sistem tersebut.

3. Rekam Kegiatan Kampus

Fungsi sistem informasi akademik online atau siakad - rekam kegiatan kampus

 

Sistem ini selalu memantau kegiatan kampus seperti jadwal perkuliahan dan informasi berita-berita kampus. Perkembangan kegiatan kemahasiswaan seperti PMB, KRS hingga rekapitulasi nilai akan dengan mudah dilihat pada sistem. Selain itu Anda juga bisa melihat data-data lama yang bersifat pribadi seperti nilai semester sebelumnya sebagai perbandingan.

Anda juga bisa melihat informasi lain yang lebih publik seperti daftar mahasiswa dari tahun ke tahun berdasarkan angkatannya. Jumlah dosen yang mengajar dan mata kuliah juga bisa dengan mudah dilihat dalam sistem. Juga berbagai kegiatan mahasiswa kampus seperti wisuda, lomba-lomba, jadwal penerimaan beasiswa dan lainnya.

4. Media Komunikasi

Fungsi sistem informasi akademik online atau siakad - media komunikasi

Aplikasi berbasis web ini juga merupakan salah satu media komunikasi global dalam kampus. Namun tentu komunikasi yang bisa dilakukan adalah pemilik akun atau pengguna yang terdaftar di kampus. Karena memang fungsi awal sebagai media untuk berbagai informasi agar memudahkan komunikasi yang dilakukan dalam kampus yang berkaitan.

Fungsi sistem ini hanya bisa digunakan untuk sistem informasi yang berbasis online karena berbagi data secara online adalah yang tercepat saat ini. Selain itu banyak lagi fungsi lain dari sistem ini yang lebih detail lagi. Namun umumnya memang hanya 4 fungsi umum diatas yang diperlukan untuk satu sistem online kemahasiswaan.

Kelebihan Sistem Informasi Akademik Online

1. Minim Modal atau Gratis

Kelebihan Sistem Informasi Akademik Online - gratis

Layanan SIAKAD online ini tersedia dalam beragam pilihan seperti aplikasi yang gratis. Sistem yang terpasang lokal ini bisa mengoprasikan berbagai layanan yang memudahkan. Dosen dan mahasiswa bisa melakukan akses gratis saat berada di kampus. Hal ini karena sistem menggunakan satu login multi layanan yang memberikan kebutuhan akademik.

2. Nyaman dan Sesuai Kebutuhan Pengguna

Kelebihan Sistem Informasi Akademik Online - nyaman

Baca Juga:

Setiap pengguna memiliki otoritas masing-masing namun sudah disesuaikan dengan layanan yang tepat. Dosen dan mahasiswa tentunya memiliki kebutuhan yang berbeda dalam menggunakan layanan. Oleh sebab itu dibutuhkan username dan passowrd yang berbeda-beda untuk setiap pengguna agar layanan yang didapatkan sesuai.

3. Aman, Handal & Cepat

Kelebihan Sistem Informasi Akademik Online - aman

Aplikasi ini sangat aman, handal, cepat dan mudah untuk digunakan. Oleh sebab itu banyak digunakan untuk keperluan akademik kampus. Kegiatan tersebut juga aman karena hanya bisa di akses menggunakan user yang telah ditetapkan. Juga sangat handal meski digunakan ratusan hingga ribuan pengguna tetap lancar dan cepat.

4. Operasional Mudah

Kelebihan Sistem Informasi Akademik Online - pengoperasian mudah

Sistem ini bisa digunakan dengan sangat mudah jadi Anda tidak akan mengalami kerumitan pengelolaan sistem. Semua hal terkait dengan pengembangan, pengorganisasian dan pemeliharaan sistem menjadi tanggung jawab penyedia layanan. Data yang ada juga disimpan dan dicadangkan atau backup secara berkala sehingga lebih aman.

5. Satu Login Multi Layanan

Kelebihan Sistem Informasi Akademik Online - multi layanan

Satu login bisa digunakan untuk banyak layanan karena memang sistem dibuat dengan fungsi yang demikian. Otentifikasi, otorisasi dan identifikasi user dirancang agar bisa menggunakan berbagai layanan untuk setiap penggunanya. Otoritas pengguna ini diatur oleh admin kampus secara mandiri sehingga bisa berbeda antara dosen, mahasiswa dan karyawan kampus.

6. Fleksibel & Update

Kelebihan Sistem Informasi Akademik Online - flexible

Sistem juga dibuat selalu update jadi tidak hanya berbatas pada aplikasi perangkat lunak atau sistem dibelakang / backend. Anda bisa melakukan modifikasi agar sesuai dengan kebutuhan setiap kampus yang berbeda-beda. Jangan ragu untuk melakukan modifikasi bagi admin agar bisa mendapatkan fitur yang sesuai kebutuhan kampus.

7. Jembatan Dosen dan Mahasiswa

Kelebihan Sistem Informasi Akademik Online - alat intermediasi dosen dan mahasiswa

Siakad  sebagai suatu sistem perantara yang menghubungkan antara dosen dan mahasiswa dalam hal akademik kampus, seperti nilai, tugas, dan lain lain.

Manfaat SIAKAD

Manfaat Siakad

Ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan secara langsung dari sistem SIAKAD online ini yaitu sebagai jembatan dosen dan mahasiswa. Berikut beberapa manfaat sistem informasi online bagi dosen dan mahasiswa.

1. Pengajuan KRS

Pengajuan KRS atau KRS online yang merupakan fasilitas bagi mahasiswa yang akan mengentry data mata kuliah yang akan di ambil dalam satu semester. Biasanya mahasiswa baru bisa mengajukan KRS dengan syarat tertentu. Seperti telah melakukan pembayaran SPP, PRKS, perpustakaan, internet dan iuran wajib lainnya.

Namun perlu diketahui jika KRS ini hanya bisa diajukan pada masa tertentu saja. Misal pada awal semester dalam jangka waktu satu hingga dua minggu saja.

2. Informasi Akademik

Sistem juga bisa digunakan untuk meningkatkan informasi akademik baik bagi dosen dan mahasiswanya. Dosen bisa mengetahui jadwal mengajar dan mahasiswa yang akan mengikuti kuliahnya. Cara ini bisa dilakukan dengan membuat pengumuman langsung yaitu Hot Messager. Nantinya dosen bisa memberikan pengumuman kepada mahasiswa melalui sistem tersebut.

3. Daftar Hadir Dosen

Sistem ini juga berisi kritik dan saran yang bisa dilakukan melalui Hot Messager tadi. Bagi dosen yang presensi atau kehadirannya buruk bisa langsung diperingatkan. Namun tentu jika tidak memiliki alasan jelas atau bolos. Keluhan mahasiswa jika dosen sering tidak mengajar juga sangat penting untuk membuat kinerja dosen menjadi lebih baik lagi.

4. Ploting Mata Kuliah

Sistem ini memungkinkan untuk membantu dalam ploting mata kuliah. Jadi mata kuliah tersebut bisa di atur dengan berdasarkan mata kuliah yang terkait. Dengan sistem ini mahasiswa bisa diuntungkan karena bisa memilih kelas yang diinginkan. Jika Anda mahasiswa maka akan lebih mudah menyesuaikan jadwal kegiatan lain dengan kegiatan kuliah.

5. Melihat Data Akademik

Mahasiswa dan dosen yang termasuk pengguna sistem akan lebih mudah mengamati data akademik yang masuk. Tidak peduli dimana saja berada akan lebih mudah mengakses sistem selama memiliki koneksi internet. Anda yang sedang liburan bisa dengan mudah mengecek apakah data sudah masuk atau belum dari rumah atau tempat liburan tanpa harus datang ke kampus.

6. Melihat Nilai Online

Biasanya nilai akan keluar dimasa mahasiswa masih liburan sehingga tidak memungkinkan untuk datang ke kampus. Apalagi jika jarak antara rumah dan kampus cukup jauh, bisa antar kota bahkan antar pulau dan provinsi. Untuk melihat perkembangan IPK tidak sulit dilakukan karena sistem yang berbasis internet bisa diakses dimana saja.

Fitur Sistem Informasi Akademik

fitur siakad

1. Manajemen Sistem

Fitur manajemen sistem yang harus dimiliki seperti Data Badan Hukum dan PT, manajemen pengguna serta untuk backup database secara berkala.

2. Master Data

Master data ini terdiri dari beberapa fitur lain seperti fakultas, program study, kurikulum, tahun angkatan, kelas per jurusan dan ruang kelas mahasiswa.

3. Data Mahasiswa

Fitur data ini terdiri dari mahasiswa, pembagian kelas, nilai semester, transkrip mahasiswa dan skripsi.

4. Data Dosen

Fitur ini berisi berbagai data mengenai dosen yang terlibat mengajar dalam kampus. Mulai dari nama dosen, riwayat pendidikan, pengelolaan publikasi, jadwal dan transaksi dosen.

5. Kurikulum

Fitur terbagi seperti data master mata kuliah, penjadwalan mata kuliah, KRS online dan pengambilan mata kuliah, bahan dan tugas kuliah serta mata kuliah prasyarat.

6. Data Nilai

Fitur ini meliputi data nilai mahasiswa, transkrip nilai dan kartu hasil studi (KHS) setiap mahasiswa aktif dalam perkuliahan.

7. Cetak Kartu

Beberapa kartu butuh di cetak sehingga sistem harus memiliki fitur untuk mencetak kartu. Misal untuk mencetak kartu KRS, kartu ujian, absensi harian dan absensi ujian mahasiswa yang bersangkutan. Kartu KRS biasanya dapat dicetak setelah dilakukan pengisian sehingga dapat ditandatangani dosen pembimbing.

8. Master Biaya

Sistem harus memiliki dua fitur master akun biaya dan pembiayaan mahasiswa yang terintegrasi dengan bank yang bekerjasama. Sehingga jika mahasiswa sudah melakukan pembayaran akan langsung terverifikasi dalam sistem. Selain itu banyak lagi fitur SIAKAD lain yang bisa ditambahkan, Anda bisa menyesuaikan saja dengan kebutuhan kampus.

Sistem Informasi Akademik Gratis

Sistem yang berbasis internet juga tersedia yang gratis dan bisa di download dengan mudah. Sistem Informasi Akademik Gratis gratis ini bisa digunakan untuk semua kampus yang ada di Indonesia. Anda bisa mendownload aplikasi gratis ini karena sudah banyak yang menggunakan aplikasi gratis yang tersedia di google.

Anda bisa mendownload aplikasi lalu memasangnya hanya dengan waktu 5 menit saja. Biasanya website penyedia juga memberikan cara penginstalan hingga tuntas. Anda bisa melakukan aktivitas akademik sama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Hal ini karena aplikasi telah didesain sesuai dengan kebutuhan kampus pada umumnya.

SIAKAD sebagai sistem yang mempermudah kegiatan administrasi kampus sangat penting untuk dimiliki. Anda bisa memilih sistem yang sesuai baik yang gratis maupun yang berbayar agar lebih lengkap. Pastikan sesuai dengan kebutuhan dan kebijakan masing-masing kampus yang akan menggunakan sistem tersebut.

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.

Leave A Reply

Your email address will not be published.