Semua Hal Tentang Kuliah dan Perguruan Tinggi Terbaik yang Ada di Indonesia

 

Perbedaan apa sih antara kuliah dengan waktu sekolah SMA? Bukankah keduanya sama-sama mengikuti pelajaran di dalam kelas, mengerjakan tugas yang diberikan dan mengikuti ujian semester ataupun akhir semester? Bagi Anda yang masih bingung dengan pertanyaan-pertanyaan tersebut, mari kita bahas ulasan mengenai perkuliahan dan jenis- jenis kampus yang ada di Indonesia.

Jawaban singkatnya yaitu bahwa menempuh pendidikan di universitas banyak menuntut kemandirian. Hanya dengan mengikuti pembelajaran di kelas, belum tentu menjamin Anda bisa mengerjakan tugas atau mendapatkan nilai bagus saat mengikuti ujian semester. Jika saat ini Anda sekolah di SMA, maka lebih sering mengikuti pembelajaran di dalam kelas, sedangkan pembelajaran di kampus lebih bervariasi.

Pengertian Kuliah

Kuliah merupakan suatu proses pembelajaran tingkat lanjut di bidang formal dan di dalam perkuliahan tersebut terdapat pilihan jurusan. Dalam memilih jurusan perkuliahan membutuhkan beberapa pertimbangan, salah satunya yaitu minat dan bakat dari orang tersebut sehingga tidak merasa salah memilih jurusan.

Baca Juga:

Untuk memulai masa perkuliahan, membutuhkan pengorbanan yang tidak sedikit. Mulai dari menghabiskan banyak biaya, waktu, tenaga, pikiran dan lain-lain. Karena melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi  menjadi impian semua orang. Meskipun tidak semuanya berfikiran seperti itu, namun sudah menjadi mayoritas.

Karena pendidikan yang semakin tinggi sudah pasti di dalam masyarakat umum dipandang lebih baik. Apalagi bagi orang tua yang memiliki anak kuliahan dan menyandang status sarjana menjadi idaman semua orang tua sekaligus menjadi suatu kebanggaan yang tidak ternilai harganya. Begitupun bagi mereka calon mahasiswa, memiliki ketertarikan tersendiri untuk menjadi anak kuliahan.

Bukan hanya dalam kegiatan belajarnya ataupun menerima banyak tugas dari dosen, namun lebih dari itu, karena menjadi anak kuliahan memiliki nilai lebih. Anda akan menemukan hal-hal baru dalam di dinamika kampus, baik secara akademis mapun non akademis.

Ketertarikan untuk menjadi anak kuliahan memang bukan hanya semata-mata untuk mengejar cita-cita saja, namun terdapat banyak alasan kenapa seseorang ingin kuliah. Mulai dari untuk mencari pekerjaan yang lebih baik, meningkatkan SDM, status sosial, berorganisasi, mencari relasi dan sebagainya.

Perguruan Tinggi Negeri Terbaik di Indonesia

Saat memutuskan ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi, tentu kalian semua tertarik untuk melanjutkan di universitas dengan status perguruan tinggi negeri (PTN). Karena memang PTN terkenal dengan kualitas pelayananyanya dan memiliki mutu pendidikan yang cukup baik.

Namun untuk masuk di perguruan tinggi, maka Anda harus menyiapkan mental untuk mengikuti tes masuknya. Jika Anda masih bingung memilih universitas negeri mana yang akan dipilih, berikut kami hadirkan beberapa perguruan tinggi negeri terbaik yang dapat Anda jadikan referensi.

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik yang ada di kota Yogyakarta. Kampus ini sudah berdiri sejak 19 Desember tahun 1949 dan memiliki 18 fakultas, 1 sekolah vokasi dan 1 sekolah untuk pasca sarjana. Jumlah program studi yang ditawarkan oleh kampus ini mencapai 251 program.

Mahasiswa UGM sudah sering mencetak prestasi-prestasi yang cukup terkenal hingga manca negara. Dua mahasiswa UGM yaitu Arief Faqihudin dari Fakultas Teknik dan Silva Eliana dari fakultas kedokteran Gigi berhasil menyabet sebagai pemenang kontes di Asia Social Innovatian Award 2016.

Selain itu, sekelompok mahasiswa UGM juga berhasil membuat sebuah robot terbang yang tidak menggunakan awak dan digunakan sebagai pemetaan dan pemantauan untuk suatu pemetakan potensi terjadinya bencana alam. Kampus ini cukup keren bukan?

Tentunya prestasi mahasiswa UGM merupakan hasil dari visi universitasnya yaitu pelopor perguruan tinggi nasional dengan kelas dunia yang unggul dan inovatif. Mengabdi untuk kepentingan bangsa dan kemanusiaan yang dijiwai dengan nilai-nilai budaya bangsa dan berdasarkan dengan Pancasila.

Jika Anda ingin menjadi mahasiswa yang berprestasi internasional dengan lingkungan belajar yang cukup nyaman, maka UGM dapat Anda jadikan pilihan terbaik.

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Jika Anda ingin menjadi pribadi yang unggul dalam bidang ilmu teknologi, maka Institut Teknologi Bandung bisa menjadi pilihan untuk kuliah. Perguruan Tinggi Negeri ini didirikan pada tanggal 2 Maret 1959 dan merupakan salah satu PTN ternama di Indonesia.

Berbicara mengenai prestasi, PTN ini memiliki segudang prestasi. GS World University Rangking TAHUN 2017, menempatkan ITP DI peringkat 51 kelas dunia dan di peringkat 8 di Asia sebagai salah satu PTN dalam bidang Art and Design terbaik. Selain itu, mahasiswa ITB pernah menjuari dalam Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) tahun 2014 untuk kategori robot terbang sayap tetap (fix wing).

Untuk mengetahui prestasi-prestasi mahasiswa ITB lainnya, maka Anda dapat mengunjungi web resmi ITB. Berbagai jenis prestasi yang sudah diraih dengan landasan visi yang cukup bagus. Karena ITB memiliki visi Perguruan Tinggi yaung unggul, bermartabat, mandiri dan juga diakui oleh dunia dalam memandu perubahan untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia dan dunia.

  1. Universitas Indonesia (UI)

Siapa yang tidak kenal dengan Universitas Indonesia (UI)? Salah satu PTN ternama yang sudah berdiri sejak tanggal 2 Februari 1950 dan merupakan salah satu perguruan tinggi tertua di Indonesia. Mengenai prestasi yang sudah diraih, tidak perlu ditanyakan lagi. Sejak kampus ini berdiri hingga saat ini, UI telah menggapai banyak sekali prestasi, Anda dapat mengecek langsung di web resminya UI.

Tidak hanya itu saja, tokoh-tokoh nasional yang sudah pernah menuntut ilmu di kampus perjuangan ini mulai dari Sri Mulyani (Menteri Keuangan Kabinet Kerja dan merupakan mantan Direktur World Bank),  Fahri Hamzah (Wakil KETUA dpr ri), Yuslil Ihya Mahendra (ahli tata usaha hukum dan tata negara) dan merupakan seorang politikus senior di Indonesai dan masih banyak tokoh-tokh penting yang lainnya.

Perguruan Swasta Terbaik di Indonesia

Perguruan Tinggi Swasta (PTS) saat ini sama-sama ingin meningkatkan kualitas mutu pendidikannya agar tidak ketinggalan dengan Perguruan Tinggi negeri (PTN) atau bahkan kualitasnya bisa melebihi Peguruan Tinggi Negeri. Berikut ini beberapa Perguruan Tinggi Swasta Terbaik yang dapat Anda jadikan referensi jika Anda ingin kuliah di Perguruan Tinggi Swasta.

  1. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Universita Katolik Indonesia Atma Jaya (Unika Atma Jaya) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Jakarta dan dirikan pada tanggal 1 Juli 1960 oleh Yayasan Atma  Jaya. Kampus ini memiliki beberapa Fakultas antara lain, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Psikologi, Fakultas Teknobiologi dan Fakultas Ilmu Administrasi.

  1. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

Universitas Islam Indonesia atau disingkat UII merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta nasional yang tertua di Indonesia dan terletak di Kota Yogyakarta. UII menduduki posisi no.10 universitas terbaik swasta nasional pada tahun 2017. UII ini dulunya bernama Sekolah Tinggi Islam (STI) yang didirikan di Jakarta pada tanggal 8 Juli 1945.

  1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang terkenal di Kota Yogyakarta. Kampus ini terdiri dari beberapa Fakultas antara lain. Fakultas Ekonomi, Fakultas Agama Islam, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Pendidikan Bahasa, Fakultas Ilmu Sosial dan Fakultas Teknik.

UMY menduduki peringkat no.4 universitas swasta terbaik nasional pada tahun 2017 dan peringkat no.22 Universitas terbaik se Indonesia.

Beberapa informasi mengenai pengertian kuliah, beberapa Perguruan Tinggi Negeri terbaik dan Perguruan Tinggi Swasta terbaik di atas, semoga dapat Anda jadikan referensi jika saat ini Anda sedang mencari Perguruan Tinggi untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.