Tak Mampu Bimbingan Belajar, Ini Tips dan Tahapan Menuju SBMPTN

Masuk ke universitas ternama menjadi salah satu impian bagi setiap murid di jenjang Sekolah Menengah Atas atau sederajat. Anda pun pasti pernah atau bahkan sedang merasakan fase tersebut. Pasti Anda akan memaksimalkan usaha agar lolos SBMPTN tersebut bukan? Jika ya, les atau bimbingan dalam belajar pasti jadi salah satu jalan yang ditempuh.

Tak harus belajar bersama lembaga bimbingan belajar, Anda bisa melakukan beberapa kiat di bawah ini walau tak gabung debgan yang lainnya. Anda juga bisa maksimal dengan melakukan beberapa cara di bawah ini agar lolos SBMPTN dan bisa belajar di universitas ternama impian Anda. Tentunya bisa Anda lakukan dengan mudah dan tak harus ribet.

Lolos SBMPTN Tanpa Bimbingan Belajar

1. Pelajari website resmi SBMPTN

pelajari website resmi sbmptn

Dalam menyukseskan kuliah di luar negeri, Anda harus mengetahui bagaimana detail syarat mengikuti seleksi ini. Mulai dari dasarnya, Anda bisa membaca lebih lanjut soal website resmi dan ketentuan lainnya. Hal ini menjadi dasar Anda membulatkan tekad memilih jurusan yang tepat untuk masa depan Anda.

Sebelumnya, Anda perlu masuk atau log in ke website resmi SBMPTN. Kemudian, pelajari syarat-syarat dari pendaftaran seleksi yang satu ini. Anda pun harus mengecek apakah Perguruan Tinggi Negeri yang Anda inginkan ada di dalam daftar kampus yang menerima mahasiswa melalui jalur seleksi yang satu ini.

Anda perlu mengetahui dengan baik karena menjadi penting tahu soal dimana Anda ingin bertempur dengan pesaing lainnya. Saat Anda membuka website tersebut, maka Anda akan tahu seperti apa penerimaan mahasiswa melalui jalur yang satu ini. Mulai dari passing grade dan jumlah murid yang diminta, Anda bisa membuat strategi khusus untuk melewati tes ini.

2. Persiapkan jauh-jauh hari

persiapkan sbmptn jauh-jauh hari

Saat berada di bimbingan belajar, mungkin akan mendapatkan asupan tips lebih banyak, namun Anda juga bisa mencari kiat dan tips sendiri jauh-jauh hari. Anda pun harus bisa mencuri waktu terlebih dahulu dengan belajar mulai dari jauh-jauh hari. Bukan tanpa sebab, hal ini agar Anda bisa lebih mantap serta bisa lebih memahami soal pelajaran.

Nilai lebih soal belajar jauh-jauh hari juga bisa Anda lakukan dengan baik agar bisa lebih terlatih dan faham dengan pelajaran. Anda bisa lebih bisa terbiasa membaca soal dan menjawabnya dengan baik dan benar. Latihan dan pelajaran yang sudah terlalu sering akan membuat Anda mudah menjawab soal.

3. Perbanyak latihan soal

perbanyak latihan soal-soal sbmptn

Saat ini sudah banyak soal online yang beredar di internet. Anda bisa cari prediksi soal SBMPTN yang akan datang. Dimulai dari soal yang dasar sampai dengan yang sulit, Anda terus bisa mengulangi dan menjawabnya sampai bisa diterapkan di soal yang lainnya. Cara belajar yang satu ini dapat Anda lakukan jauh-jauh hari.

Persiapkan dengan baik dan latihan sebanyak mungkin. Hal ini agar Anda bisa bersaing dengan peserta lainnya. Walau Anda tak mengikuti bimbingan belajar, Anda bisa mencari soal tahun sebelum-sebelumnya dan mengerjakan dengan baik. Jangan lupa koreksi atau tanya kepada guru perihal bab yang tak diketahui atau pertanyaan yang tak bisa dijawab.

4. Belajar kelompok

belajar kelompok

Tak hanya belajar sendiri, Anda bisa mengajak teman untuk lebih giat dalam belajar kelompok. Kegiatan yang satu ini pun akan menambah wawasan atau mungkin tips lebih. Diskusi baik soal pelajaran, pengertian hingga menjawab soal menjadi salah satu hal yang menarik di bahas waktu sela tersebut.

Anda pun bisa bersama-sama mempelajari konsep dasar dari pelajaran tersebut, kemudian pahami soal rumus-rumus, kata kunci hingga yang lainnya. Hal ini agar Anda dengan mudah teringat saat menjawab soal SBMPTN. Adanya batasan waktu menjadi sesuatu yang perlu diperhitungkan dengan baik juga.

5. Kuasai dasar materi pelajarannya

Baca Juga:

kuasai dasar materi pelajaran sbmptn

Jangan hanya hafal pelajarannya saja, namun perhatikan juga konsep dasar yang akan dipelajari menjadi salah satu yang juga penting. Kemudian, tak hanya sibuk hafal materi saja, namun Anda juga harus mengerti bagaimana awal mula alias konsep dasar dari mata pelajaran atau bagian yang kini sedang Anda pelajari.

Hal ini karena, apabila Anda mampu paham konsep dasar, maka Anda akan mudah mengingat hal tersebut saat menjawab berbagai pertanyaan yang rumit. \

Tak bisa dipungkiri, ada banyak murid pintar yang justru gagal saat ujian masuk. Hal ini bisa saja karena belajar dengan menghafal. Padahal, soal yang diajukan saat SBMPTN sudah dirancang untuk menguji bagaimana kritisnya nalar serta pemahaman kontekstual soal berbagai ilmu, baik sains maupun sosial.

Maka, Anda pun perlu bersiap-siap jika mengalami kegagalan. Anda pun bisa juga menghilangkan cara lama dengan menghafal teori. Namun yang Anda lakukan tersebut bisa dibilang tanpa lihat garis besar dan perspektif ilmu itu sendiri. Jadi, sebelum Anda terlambat, maka lebih baik ubah metode belajar saat ini juga.

6. Sadar diri dan tidak memaksakan diri

sadar diri dan tidak memaksakan

Jangan malu untuk bertanya tentang soal yang tidak diketahui. Namun, jika Anda benar-benar tak tahu saat sedang mengerjakan tes SBMPTN ini, maka lebih baik dikosongi. Hal ini karena saat menjawab soal dengan asal tak akan mempengaruhi soal nilai tersebut. Nah, apabila Anda sudah menemukan soal ini, lebih baik tak dijawab karena bisa berkurang poinnya.

Tahapan yang Harus Diperhatikan

1. Akses pendaftaran

tahapan sbmptn - akses pendaftaran sbmptn

Yang pertama, Anda perlu memerhatikan saat pendaftaran seleksi. Adapun tahap pendaftaran SBMPTN 2019 yang Anda harus dilakukan pertama kali yakni akses ke //pendaftaran-sbmptn.ltmpt.ac.id. Pastikan Anda tak lupa dengan password log in. Hal ini karena ada beberapa yang lupa password dan tak bisa kembali mengaksesnya, pupus sudah harapan untuk melewati seleksi yang satu ini.

2. Isi biodata

tahapan sbmptn - isi biodata

Sebagai peserta, Anda bisa mengisi biodata dengan jelas dan harus tepat. Hal ini karena saat seleksi akan dicocokkan dengan kartu identitas Anda. Maka dari itu, ulangi dan perhatikan dengan baik mana data yang sesuai aslinya.

3. Pilih jurusan

tahapan sbmptn - pilih jurusan

Yang kedua, jangan sampai Anda pilih jurusan di tahapan yang selanjutnya. Sebagai peserta, Anda harus memilih Perguruan Tinggi Negeri dan program studi yang memiliki ketentuan tertentu. Salah satunya yaitu, Anda bisa pilih paling banyak dua Perguruan Tinggi Negeri. Untuk jurusan, Anda bisa memilih paling banyak dua program studi dalam satu atau dua Perguruan Tinggi Negeri.

4. Unggah formulir

tahapan sbmptn - unggah formulir

Setelah Anda memutuskan untuk memilih jurusan yang sesuai dengan keinginan, maka Anda harus mengikuti syarat-syarat yang dibutuhkan. Salah satunya yaitu harus mengunggah formulir portofolio. Nah, untuk Anda yang pilih program studi tertentu seperti bidang seni dan olahraga wajib menyertakannya.

Sebelum Anda mendaftar, ada beberapa tahapan hingga tips dari seleksi ini yang perlu diperhatikan dengan baik. Bukan tanpa sebab, hal ini karena pintu gerbang utama sebelum Anda bertempur melawan saingan dalam seleksi perguruan tinggi negeri. Anda harus rajin-rajin mencari tahu soal syarat, ketentuan, tahapan seleksi.

Comments